INI DIA CARA JUALAN LARIS MANIS!

Siapa sih yang jualannya enggak mau laris manis di pasaran? Setiap penjual pasti mau dagangannya banyak dibeli oleh konsumen. Namun, kamu udah tahu belum sih cara supaya jualan laris manis?

Kuncinnya, pahami pembeli jika mau jualan laris manis! Memang masih banyak faktor lain yang bisa membuat jualan kamu sukses, tapi faktor yang kadang terlupakan adalah kemampuan untuk menyediakan layanan terbaik kepada pelanggan.

PAHAMI KEBIASAAN PEMBELI

Apa sih maksud dari pahami kebiasaan pembeli? Nah, ternyata sebelum transaksi terjadi sampai pelanggan sudah membeli ada prosesnya loh. Untuk itu, kamu harus paham setiap tahapan-tahapannya.

  1. Dreaming

Dalam tahapan pertama ini pembeli terinspirasi dan membayangkan barang yang akan mereka beli. 

2. Exploring

Tahap ketika pembeli mencari barang yang mereka inginkan seperti di media sosial atau marketplace. Nah dalam ‘exploring’ ini calon pembeli akan mencari kata kunci secara general sampai spesifik loh! Jadi, kamu harus menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produk yang dijual agar mereka menemukan produk kamu. 

Bahkan, calon pembeli membandingkan barang lain antar toko online seperti foto, nama produk, harga, dan rating. Keempat aspek tersebut harus kamu perhatikan ya Getters!

3. Locating

Dalam proses ‘locating’ pembeli memutuskan ingin membeli barang tertentu sehingga mereka mencari informasi yang lebih komplit seperti membaca deskripsi produk, membaca ulasan, dan mungkin mengirim pesan kepada seller. Walaupun kamu merasa sudah memberikan informasi secara rinci di deskripsi, ada beberapa karakteristik pembeli yang lebih senang bertanya ketimbang membaca loh. Jadi, kamu jangan slow respon ya.

4. Experiencing

Ini nih tahapan akhir, ketika pembeli menunggu pengiriman hingga mencoba barangnya. Biasanya sih, pembeli chat seller untuk menanyakan posisi barang yang mereka beli atau melihat halaman transaksi untuk melihat realtime tracking pesanan. Nah, kalau paket sudah diterima, pembeli akan unboxing untuk mengecek produk yang dibeli sesuai dengan ekspetasi dan deskripsi atau tidak. Setelahnya, pembeli akan memberikan feedback dengan memberi rating dan ulasan. Jadi, kamu harus menjual produk yang sesuai dengan deskripsi ya Getters agar pembeli bisa memberikan feedback baik untuk toko online kamu! 

JADI SELLER BERKUALITAS!

Jika memiliki bisnis online ya kamu harus jadi seller yang berkulitas dong! Memang gak mudah sih, tapi hal tersebut merupakan tuntutan agar bisnis kamu sukses dan bisa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan sehingga bisa memahami pembeli. Selain itu, ya agar jualan kamu laris manis! Ini dia beberapa caranya!

  1. ATUR BARANG 

Buatlah kata kunci yang banyak dicari oleh pembeli secara spesifik, menggunakan foto produk menarik, serta menentukan harga yang masuk di pasaran. Apakah ketiganya sudah kamu terapkan? 

2. BUAT DESKRIPSI BARANG SESUAI KEBUTUHAN PEMBELI

Di era digital seperti sekarang, pembeli lebih jeli ketika belanja online loh! Mereka akan membandingkan produk dari berbagai sisi, salah satunya yaitu melalui deskripsi produk. Deskripsi yang lebih lengkap pastinya akan membuat pembeli lebih tertarik, lengkap yang dimaksud yakni sesuai kebutuhan pembeli ya. 

SIAP SIAGA! TIDAK MENUNDA DAN LANGSUNG BALAS CHAT PEMBELI

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, ada beberapa pembeli yang malas untuk baca, mereka cenderung lebih suka bertanya. Jadi, kamu tidak bisa menyamaratakan pembeli ya. Oleh karena itu, kamu harus siap siaga dalam membalas chat ketika calon pembeli bertanya! Jangan menundanya, mengapa? Mereka bisa dengan cepat beralih ke toko lain ketika tidak mendapat jawaban atas pertanyaan yang diajukan. 

Itu dia beberapa tips dan trik agar jualan online kamu laris manis! Masih ada beberapa trik lainnya, mau tau lebih lanjut? Yuk, beli kelas “Pahami Pembeli Bikin Laris Manis”  untuk tau lebih dalam seputar digital marketing skills untuk meningkatkan penjualan kamu! 

MAU DAPAT KREDIT USAHA RAKYAT PRAKERJA? INI SYARATNYA!

Ada kabar gembira nih bagi kamu alumni kartu prakerja! Pemerintah akan memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) prakerja bagi mereka yang sudah menyelesaikan program pelatihan, tapi ada syaratnya ya Getters! Apa aja sih? 

APA SIH PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT PRAKERJA?

Program KUR apa sih? Jadi, program ini merupakan kredit/pembiayaan modal kerja/investasi kepada dibitur individu melalui badan usaha/kelompok usaha yang produktif dan layak, tapi belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup. Langkah ini diambil untuk memulihkan perekonomian dengan menyediakan skema pembiayaan yang mudah dan murah. Selain itu, guna mengembangkan kewiraushaan di Indonesia.

AJUKAN KREDIT USAHA RAKYAT PRAKERJA KE PEMERINTAH

Ajukan permintaan KUR ke pemerintah terlebih dahulu ya. Pemerintah menyediakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat Super Mikro untuk kamu alumni kartu prakerja. Nah, tenang aja ini beneran kok karena langsung disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin. Jadi, memang fasilitas ini merupakan langkah lanjutan dari pengembangan program kartu prakerja.

TIDAK MEMILIKI PEKERJAAN TETAP DAN TERKENA DAMPAK PHK

Syarat pertama yakni alumni kartu prakerja yang menjadi wirausaha tidak bekerja di pekerjaan lain yang sudah tetap.

Kedua, jika kamu wirausaha yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) di masa pandemi kamu bisa mengajukan program ini! Nah, untuk syarat dan prosedur lainnya memang belum dijelasakan lebih lengkap oleh pemerintah. Namun, ada beberapa syarat umum lainnya. Apa saja?

SYARAT UMUM KUR 

Jadi, jika kamu mau mendapatkan fasilitas ini ada beberapa syarat umum pada program KUR Super Mikro juga loh! 

Pertama, usaha yang dijalankan alumni berskala mikr. 

Kedua, usaha boleh berdurasi singkat,

Ketiga, belum pernah menerima Kredit Usaha Rakyat. 

SUDAH MEMENUHI SYARAT? 

Jika kamu merasa memenuhi syarat-syarat di atas, maka alumni kartu prakerja bisa mengajukan KUR ke bank yang menyediakan layanan KUR.  Pembiayaan yang akan diberikan pun mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 10 juta. Jadi, untuk kamu yang berwirausaha dan membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan usaha yang dirintis jangan lewatkan kesempatan ini ya Getters! 

Sumber: CNN Indonesia

SERTIFIKASI KOMPETENSI DIGITAL MARKETING BISA BUAT KARIERMU MELESAT! INI BUKTINYA!

Saat ini pekerjaan sebagai digital marketer semakin diminati di Indonesia. Pasalnya, hampir seluruh perusahaan sudah memerlukan jasa digital marketing guna membuat produk atau jasanya laku di pasaran. Ketika persaingan karier sebagai digital marketer semakin ketat, apa yang bisa membuat kariermu lebih menonjol dibandingkan orang lain? Sertifikasi kompetensi digital marketing jawabannya!

TANGGUNG JAWAB DIGITAL MARKETER DALAM DIGITAL MARKETING

Mengapa perlu sertifikasi kompetensi? Poin pertama adalah untuk membuat kamu lebih dipercaya dengan adanya sertifikasi ini. Bagaimana tidak, sebuah perusahaan tidak mungkin menggunakan jasa digital marketer ecek-ecek karena tugas dan tanggung jawabnya begitu besar untuk perusahaan.

Seorang digital marketer bertanggung jawab atas segala proses digital marketing guna menguatkan proses branding sebuah perusahaan. Bahkan tak jarang seroang digital marketer juga memiliki target pada penjualan barang atau jasa dalam proses digital marketing yang dilakukan.

Seorang digital marketer bertanggung jawab mulai dari Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing, Social Media, Content Marketing, Email Marketing, dan Video Marketing.

PROFESIONALITAS DALAM BEKERJA SEBAGAI DIGITAL MARKETER

Poin selanjutnya mengapa kamu perlu sertifikasi kompetensi digital marketing adalah kamu terlihat jauh lebih profesional. Apabila kamu telah lolos dan memiliki sertifikasi kompetensi, itu artinya kamu telah melewati serangkaian proses dari Lembaga Sertifikasi Profesi terkait. Sehingga kompetensi kamu telah diuji sedemikian rupa.

Mulai dari kompetensi ilmu dasar hingga praktik dari digital marketing itu sendiri. Dengan mendapatkan sertifikasi, perusahaan akan melihat bahwa level kamu ada di atas orang lain karena ilmu yang kamu miliki sudah teruji.

Sederhananya seperti ini, apabila kamu ingin pergi ke dokter untuk pemeriksaan penyakit yang cukup serius, kamu memilih datang ke dokter umum atau dokter spesialis? Sertifikasi profesi inilah yang akan membuat kamu menjadi sosok ‘spesialis’ di bidang tertentu.

MENINGKATKAN  KARIER

Poin lainnya adalah kamu punya kesempatan karier yang lebih besar. Ketika kamu melamar ke perusahaan, dengan adanya sertifikasi kompetensi maka pihak perusahaan akan melihat sertifikasi sebagai nilai plus yang kamu miliki.

Oleh karena itu, peluang kamu untuk diterima oleh perusahaan menjadi lebih besar. Jadi, sertifikasi profesi itu sangat penting, lho!

LPK GETI SUDAH TERSERTIFKASI BNSP!

Kamu gak perlu bingung apalagi ragu untuk daftar di GeTI! Pemberian sertifikat di GeTI sudah melalui uji kompetensi kerja yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

LPK GETI yang udah berdiri sejak 2018 ini memastikan kompetensi setiap lulusannya agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mendukung. Jadi, semuanya udah satu paket tuh! Bahkan, GETI mendukung SDM-nya agar dapat bersaing di era perdagangan pasar digital dan global.

Di GeTI ada lima skema sertifikasi kompetensi. Apa aja sih? Ada Sertifikasi Penjualan Daring, Sertifikasi Spesialis Pemasaran Daring, Sertifikasi Spesialis Periklanan daring, Sertifikasi Speasialis Perdagangan Ekspor (Digital B2B Global Speacialist), dan Sertifikasi Administrator Logistik Ekspor. Jangan tunggu lagi, buruan daftar di GeTI dan dapatkan sertifkasi kamu!

PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL (SERTIFIKASI BNSP – SKKNI) UNTUK WANITA TERDAMPAK PHK DI KOTA TANGERANG

Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) GETI telah menggelar Pelatihan Pemasaran Digital (Sertifikasi BNSP – SKKNI) untuk wanita terdampak PHK di Kota Tangerang pada 17 – 22 Desember 2020.  Program ini merupakan hasil kerja sama antara LPK GETI, Disnaker Kota Tangerang, Yayasan Daya Unggul Tunas Bangsa serta disponsori oleh Telkom Indonesia.

PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK PEMBERDAYAAN

Pelatihan pemasaran digital ini diadakan guna memberdayakan seluruh perempuan – terlebih yang terkena PHK karena wabah COVID-19. Tidak hanya membuat para perempuan ini berdaya, tapi juga membangun kompetensi baru (digital) yang tentu akan sangat dibutuhkan di tahun-tahun mendatang.

Selama periode pelatihan, 29 peserta diberi kompetensi mulai dari menentukan model bisnis daring (e-buseiness), menentukan aplikasi perdagangan daring (e-commerce), menambah pelanggan ritel daring, memberdayakan media sosial untuk menarik pelanggan ritel, hingga melakukan aktivitas pemasaran digital untuk bisnis ritel.

TESTIMONI PELATIHAN

Sindi Febriani, selaku salah satu peserta pelatihan ini mengaku sangat senang dan besyukur bisa mengikuti pelatihan ini. Pasalnya, ia mengaku jadi bisa banyak belajar mulai dari mengerti lebih jauh tentang marketplace hingga bagaimana cara menjadi seller online.

“Harapan saya Geti bisa mengadakan pelatihan lagi, terutama mereka yang terkena PHK. Semoga seluruh Ibu-Ibu yang terkena PHK juga semakin terbantu dalam mengembangkan bisnisnya,” Ujar Sindi.

Selain itu, komentar positif juga dilontarkan oleh Halimatusa’diyah yang mengatakan bahwa pelatihan ini sangat terstruktur dan memberikan banyak ilmu baru.

“Terima kasih untuk Geti, berkat pelatihan ini aku bisa dapat ilmu baru, teman baru, dan guru baru. Semoga setelah ini aku bisa terus menjalankan bisnis. Saya juga berharap Geti terus mengadakan acara ini agar lebih banyak wanita yang terkena PHK bisa terbantu,” tutup Halima.

Dengan diselenggarakannya acara ini, Geti berharap seluruh perempuan yang terdampak PHK bisa kembali berjuang dengan cara yang berbeda. Tidak hanya itu, tapi juga bisa bersaing di tengah era digital saat ini.

KATA SIAPA GAJI UMR SULIT MENABUNG?

Jangan tunggu besok untuk menabung! “Ah, susah banget nabung, gaji aku UMR! Pas banget buat sehari-hari”. Eits, kata siapa gaji UMR gak bisa investasi melalui tabungan? Mumpung masih awal tahun, buruan nabung! Yuk, simak artikel singkat ini dan video di GeTI TV mengenai “Tips Menabung dengan Gaji UMR”!

ADA MOTIVASI UNTUK MENABUNG 

Mengatur keuangan penting banget Getters agar finansial kamu stabil! Jangan sampai uang gajian sebulan habis dalam satu hari! Nah, penghasilan bukan alasan untuk kamu malas menabung. Kalau kamu aja gak termotivasi kapan mulainya? Jadi, jangan mengurungkan niat jika memiliki gaji UMR ya, kamu bisa kok menabung. Tanamkan motivasi dan keyakinan dulu dalam diri.

KONSISTEN MEMBUAHKAN HASIL

Sekecil apapun kamu menabung, lama kelamaan pasti akan bertambah dan banyak, asalkan konsisten! Walau praktiknya kadang cukup sulit dilakukan, tapi menabung harus dilakukan mulai dari sekarang ya. Jadikan menabung sebagai pengeluaran rutin setiap bulan. Biar sedikit asal konsisten, tidak perlu menunggu berpenghasilan besar baru menabung karena semakin besar penghasilan pasti pengeluarannya pun semakin banyak. 

BUAT PERENCANAAN ANGGARAN 

Pastikan rencana anggaran yang dibuat tidak melebihi pemasukan yang kamu peroleh. Langkah ini efektif banget untuk diterapkan. Kamu bisa mengontrol pengeluaran kamu dengan mengurutkan skala prioritas. Jadi, pengeluaran kamu pun bisa terkontrol. Sisihkan pengeluaran untuk tempat tinggal, biaya makan, transportasi, tabungan, dan dana darurat. 

IKUTI TIPS MENABUNG

Tips menabung dengan gaji UMR

Kalau bingung harus mulai dari mana, GeTI TV punya beberapa pilihan menabung untuk kamu dengan gaji UMR. Jadi, nominalnya sudah ditentukan sejak awal. Nah, misalnya menabung 4 juta dalam setahun, 10 juta dalam setahun, 12 juta setahun, bahkan 5 juta dalam 4 bulan! Menarik kan? Buruan saksikan tipsnya sekarang juga! Bagaimana, sudah termotivasi untuk  menabung demi masa depan?

TAMPILAN AGAR TERLIHAT PROFESIONAL SAAT KERJA DARI RUMAH!

Kamu harus tetap memerhatikan penampilan agar terlihat profesional walau sedang kerja dari rumah! Tidak perlu terlalu formal kok, hanya rapi! Apalagi ketika kamu harus melakukan video call seperti meeting. Yuk, simak artikel ini agar kamu tau tips untuk jaga penampilan walau sedang kerja dari rumah.

KERJA DARI RUMAH? BANGUN PAGI! MANDI!

Kerja dari rumah bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan! Lakukan rutinitas seperti biasanya ya. Jangan bangun siang karena semakin siang kamu mulai bekerja maka kegiatan yang dijalankan semakin tidak efektif. Bangun pagi akan membuat pikiranmu lebih fresh. Kamu juga harus tetap mandi pagi, kalau bisa dengan air dingin Getters agar tubuh segar dan siap untuk bekerja! Mandi pun akan membuat penampilan kamu gak kucel. 

TENTUKAN PENAMPILAN!

Nah, hal ini juga gak boleh diabaikan loh Getters! Walau KDR, kamu tetap harus memerhatikan penampilan! Bisa aja kamu mendapat video call mendadak. Gak perlu formal, kamu bisa mengenakan pakaian yang nyaman. Kamu pun bisa mengenakan baju yang biasa digunakan saat ke kantor sehingga rutinitasmu tetap terjaga dan fokus. Penampilan yang baik akan meningkatkan produktivitasmu. 

JANGAN TINGGALKAN SARAPAN!

Kamu wajib isi tenaga sebelum mulai bekerja. Ketika kerja dari rumah kamu juga memerlukan tenaga untuk berpikir loh! Jadi, sebisa mungkin mengkonsumsi sarapan yang bergizi. Makan secukupnya dan jangan sampai kekenyangan! Bisa-bisa kalau kelebihan makan membuat kamu cepat mengantuk. 

JAGA PIKIRAN SELAMA KERJA DARI RUMAH

Selain penampilan, kamu harus tetap menjaga kesegaran pikiran. Jadi, kamu bisa menjaga mood supaya semangat sampai pekerjaan selesai! Gimana sih caranya? Kamu bisa memutar lagu favorit atau musik instrumen sehingga pikiran lebih tenang dan rileks. Manage stress pun penting ya karena bisa saja kamu menemukan banyak distraction selama KDR. 

POSISI KERJA YANG NYAMAN 

Mungkin tidak semua orang memiliki ruang kerja khusus di rumah, tapi kamu bisa saja menentukan area kerja di rumah yang cocok untuk bekerja kok! Intinya, cari posisi yang nyaman agar kamu lebih fokus. Nah, ketika KDR gak melulu harus duduk seharian depan komputer atau laptop kok, jika sudah merasa bosan dan suntuk kamu bisa keliling rumah atau keluar ruangan untuk menghirup udara segar. 

Jadi Apakah kamu sudah memperhatikan penampilan diri kamu hari ini? Atau kamu ingin mengetahui lebih kiat-kiat tentang penampilan diri? Kamu bisa mengikuti kelas Kiat Meningkatkan penampilan diri (Self Grooming) di Geti. Yuk beli kelasnya sekarang juga di online.geti.id atau klik disini!

MAU BELI PELATIHAN PRAKERJA GELOMBANG 12? INI TIGA KELAS TERBAIK UNTUKMU!

Bingung cari pelatihan prakerja gelombang 12? Kamu bisa pilih 3 TOP kelas prakerja di GeTI yang dapat meningkatkan skill kamu loh! Jangan salah pilih lembaga pelatihan dan kelas ya. GeTI selalu memberikan pilihan terbaik untuk kamu! Apa aja sih kelas prakerja nya?

JANGAN ASAL PILIH PELATIHAN PRAKERJA

Pertama-tama, selamat buat kamu yang sudah lolos prakerja gelombang 12. Nah, kini saatnya kamu memilih pelatihan yang cocok untuk meningkatkan skill-mu.

Karena untuk lolos jadi peserta kartu prakerja itu cukup sulit, maka kamu jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan ini ya! Pilih pelatihan prakerja yang memang benar-benar bermanfaat!

RAHASIA JADI PENGUSAHA ONLINE SUKSES

Siapa sih di sini yang enggak mau jadi pengusaha online sukses? Apalagi di era digital ini semua orang mau jadi pengusaha online. Nah, untuk memahami semua trik sukses dalam membangun bisnis online, Geti telah menyediakan pelatihannya untukmu.

Pokoknya untuk kamu yang ingin memulai bisnis online atau yang sudah membuka bisnis tapi merasa kurang optimal wajib banget ikut pelatihan prakerja yang satu ini.

Masih banyak lagi ilmu yang bisa kamu dapat seperti cara mendapatkan pengunjung online, membangun komunitas online untuk kemajuan bisnis kamu, dan belajar untuk memahami teknik closing untuk meningkatkan penjualan. 

RAHASIA LARIS BERJUALAN DI INSTAGRAM

Instagram bukan sekadar tempat untuk membagikan momen keseharian kamu loh. Gunakan media sosial yang sedang hits ini untuk mendorong bisnis kamu! Sebagai tempat berjualan, Instagram memang memiliki potensi besar. Sangat disayangkan, saat ini masih banyak pelaku bisnis yang salah dalam menggunakan media sosial yang satu ini. Itulah yang mengakibatkan hasil-hasil yang diharapkan tidak didapatkan. 

Lalu, gimana sih cara bisa laris jualan di Instagram dengan persaingan yang begitu ketat? Kamu harus tau siapa target audiens, membuat konten menarik, dan melakukan teknik marketing yang tepat seperti endorse. Gak cuma itu, kamu juga bisa memilih Instagram Business dan memanfaatkan Instagram Insight untuk tau karaketer pelangganmu sehingga bisa memahami mereka. 

SUKSES USAHA LEWAT MEDIA SOSIAL

Perkembangan dunia digital membuat pengguna media sosial juga terus meningkat. Bahkan, media sosial sudah menjadi candu bagi sebagian orang loh, tapi kamu tau gak sih manfaat media sosial itu apa aja? Gak cuma untuk mengunggah keseharian dan momen kamu aja, tapi media sosial pun bisa menjadi alat untuk pemilik bisnis dalam mempromosikan barang yang dijual dan melakukan transaksi jual beli. 

Namun, dalam menggunakan media sosial untuk jualan kamu juga harus paham tips dan triknya! Di kelas “Sukses Usaha Lewat Media Sosial” kamu akan belajar mengenai optimalisasi saluran media sosial khususnya Facebook dan Instagram yang banyak digunakan orang dan bisa menggunakan media sosial secara optimal agar usaha kamu sukses! Segera beli kelasnya untuk belajar bersama dan kamu bisa rasakan efeknya pada bisnis kamu!  

DI MANA BELI PELATIHAN PRAKERJA GETI?

Kamu bisa beli pelatihan GeTI di Maubelajarapa.comSekolah.muBukalapakPijar Mahir, dan Pintaria. Tunggu apalagi?