KAMPUNG AGUSTUSAN PRAKERJA: PELATIHAN GRATIS DARI GETI UNTUK PROGRAM PRAKERJA

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia (HUT ke-76 RI), panitia Kartu Prakerja menggelar pelatihan gratis untuk umum. Program ini diberikan tidak hanya bagi para anggota Kartu Prakerja gelombang 18 saja, tetapi bagi yang belum memiliki Kartu Prakerja bisa bergabung.

Ada banyak pelatihan yang bisa kamu ikuti berdasarkan minat. Sementara untuk Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) GeTI Incubator akan memberikan pelatihan Membuat Konten Promosi untuk Profesi Penulis di Era Digital, yang dimulai pukul 13.00 – 14.30 WIB. Pelatihan ini cocok bagi kamu yang ingin meningkatkan daya kreatif penulisanmu untuk melakukan promosi.

Program pelatihan ini digelar tanpa dipungut biaya apa pun alias gratis. Pelatihan gratis ini akan dilaksanakan pada Rabu, 18 Agustus 2021, mulai dari pukul 10.00-16.30 WIB.

Cara Mengikuti Pelatihan

Kamu berminat dan ingin mendaftar program pelatihan gratis ini? Baca syarat-syaratnya di bawah ini:

– Pelatihan terbuka untuk umum.

– Peserta wajib mengisi formulir online di link yang telah disediakan di: bit.ly/daftar18agustus.

– Peserta boleh mengikuti lebih dari satu pelatihan.

– Peserta terpilih akan mendapatkan email konfirmasi dari akun Lembaga Pelatihan.

Tentang Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja melalui bantuan ekonomi, khususnya bagi korban PHK atau yang terkena imbas pandemi covid-19.

Bantuan tersebut berupa subsidi pelatihan nontunai sebesar Rp1 juta yang dapat digunakan untuk mengikuti pelatihan online. Setelah menyelesaikan pelatihan, penerima Kartu Prakerja juga akan memperoleh insentif langsung sebesar Rp600 ribu/bulan selama empat bulan dan Rp150 ribu untuk pengisian survei.

Baru-baru ini juga, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, mengonfirmasi sebanyak Rp6,53 triliun insentif sudah disalurkan pada penerima program Kartu Prakerja pada semester pertama tahun 2021.

Semester I tahun 2021, terdapat 2,7 juta penerima Kartu Prakerja yang tersebar dari gelombang ke-12 hingga ke-17.

“Sebanyak 98 persen penerima sudah menyelesaikan pelatihan serta sebanyak Rp 6,53 triliun insentif sudah disalurkan,” papar Denni di Webinar Kampung Agustusan Program Kartu Prakerja,  Minggu (15/8/2021).

Denni menambahkan, sepanjang tahun 2020 terdapat 66 juta pendaftar Program Kartu Prakerja dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia.

“Dari jumlah tersebut, 5,5 juta ditetapkan sebagai penerima yang tersebar dalam batch pertama hingga batch kesebelas,” katanya.

Denni menegaskan bahwa kesuksesan penerima pelatihan program kartu Prakerja untuk diterima pasar kerja itu tergantung pula pada kemauan dan keinginan anggota untuk memanfaatkan sertifikat yang diterima setelah mengikuti program kartu prakerja.

Ia juga membenarkan jika program Kartu Prakerja bukan hanya bagi mereka yang menganggur, namun juga diperuntukan bagi masyarakat yang sudah bekerja maupun wirausaha yang ingin meningkatkan kompetensi.

Ia mengatakan tantangan di dunia kerja selalu bergerak, dan masyarakat tidak boleh berpuas diri serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Sebagai pengingat, Kartu Prakerja gelombang 18 akan segera dibuka, dan ini persyaratan penerima program bantuan tersebut, yakni:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Ayo ikut pelatihannya dan siap menjadi #GlobalEcommerceExpert.

CATAT! ADA 8 KATEGORI ORANG YANG TAK AKAN LULUS KARTU PRAKERJA GELOMBANG 18

Program Kartu Prakerja gelombang 18 akan segera dibuka dalam waktu dekat. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dalam acara Rilis Hasil Survey Program Kartu Prakerja, Jumat (13/8/2021).

“Jadi, mohon sabar dalam waktu dekat gelombang 18 akan dibuka. Sabar saja,” terang Denni.

Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai anggaran yang disediakan oleh Kementerian Keuangan di semester II. Keputusan itu telah dibuat sejak Januari lalu sebesar Rp10 triliun untuk 2,7 juta penerima.

https://www.youtube.com/watch?v=m9uJeTk0ids

Dan bagi kamu yang ingin tergabung di program Kartu Prakerja gelombang 18, kamu harus terlebih dahulu membuat akun Prakerja di laman resmi www.prakerja.go.id. Namun perlu digarisbawahi, bahwa sekadar membuat atau memiliki akun Prakerja tidak serta-merta bisa membuatmu lulus Kartu Prakerja gelombang ke-18.

Setidaknya, ada delapan alasan mengapa seseorang tak lulus seleksi program Kartu Prakerja gelombang 18. Untuk menghindari masuk ke dalam kategori tersebut, kamu bisa memahami terlebih dahulu poin-poin di bawah ini sebelum mengikuti  Prakerja gelombang 18. Yuk simak selengkapnya.

Kategori Orang yang Tidak Akan Lolos Kartu Prakerja Gelombang 18

Berikut ini delapan kategori seseorang tidak akan lulus seleksi Kartu Prakerja gelombang 18 ini:

  1. NIK terdaftar di Kementerian Sosial sebagai penerima manfaat bansos. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa cek datanya di dtks.kemensos.go.id.
  2. NIK terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penerima bantuan pendidikan. Kamu bisa mengeceknya sekarang di info.gtk.kemendikbud.go.id.
  3. NIK yang kamu miliki terdaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara, pada jenis dan tingkat apa pun.
  4. NIK kamu terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi upah. Untuk hal ini, kamu bisa cek langsung di https://kemnaker.go.id.
  5. Secara administrasi, kamu memang belum lulus seleksi. Biasanya terjadi karena kuota terpenuhi. Namun tidak menutup kemungkinan di gelombang mendatang mungkin saja kamu lulus dan menjadi penerima manfaat Program Kartu Prakerja.
  6. NIK terdaftar di penerima bantuan presiden produktif UMKM. Ini bisa kamu dicek di laman eform.bri.co.id/bpum atau di situs milik bank BNI.
  7. NIK terdaftar di PT. Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, atau terdaftar sebagai anggota POLRI atau TNI.
  8. Pengisian data kurang lengkap, sehingga secara sistem memang tidak lulus. Pastikan semua data terisi benar dan sesuai, ya, agar proses pelatihan hingga pencairan insentifmu berjalan lancar.

Sebetulnya kriteria di atas telah ditetapkan agar terjadi pemerataan pemberian bantuan, sehingga tidak terjadi penerima ganda dari bansos yang diberikan pemerintah. Tambahan lain, pastikan juga kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Jadi, diharapkan kamu bisa menghindari delapan kategori di atas untuk memperbesar kesempatan lulus ProgramPrakerja gelombang 18. Dengan memenuhi syarat administrasi dan mendaftar saat masih terdapat kuota, kamu bisa akan lebih mudah lulus program bantuan ini.

Apabila nantinya kamu dinyatakan lulus  Prakerja gelombang 18, silakan kamu pilih Lembaga Pelatihan Kerja yang tersedia. Kamu bisa memilih GeTI Incubator untuk mengikuti kelas online sesuai kebutuhanmu, dan tentunya kamu minati.

LULUS SELEKSI PRAKERJA DAPAT PINJAMAN KUR RP 10 JUTA

Ada kabar baik bagi kamu alumni peserta Kartu Prakerja dan calon alumni (kalau lulus prakerja gelombang 18). Kamu dapat mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp10 juta “tanpa syarat”. Meskipun sebetulnya KUR yang  dipinjam oleh alumni Kartu Prakerja tidak benar-benar tanpa syarat. Hanya saja, alumni Kartu Prakerja mendapatkan KUR ini tergolong mudah.

Syarat pengajuan pinjaman KUR tersebut yakni setiap alumni Kartu Prakerja yang hendak meminjam KUR, cukup sertakan berkas sertifikat pelatihan kerja. Sertifikat tersebut didapat dari pelatihan gratis selama alumni aktif sebagai peserta Kartu Prakerja.

Selain itu, alumni Kartu Prakerja yang mengajukan pinjaman juga akan diperiksa BI Checking-nya. Jika buruk, maka tetap tak akan mendapatkan persetujuan.

Bagi kamu yang belum/bukan alumni Kartu Prakerja dan ingin mendapatkan pinjaman KUR dengan mudah, kamu tidak perlu dikhawatirkan. Karena kamu bisa mengikuti Program Kartu Prakerja berikutnya. Sebab dalam waktu dekat, pendaftaran Prakerja gelombang 18 dibuka hari ini.

Bagaimana bisa lulus Kartu Prakerja gelombang 18? Yuk simak kriterianya di bawah ini.

Kriteria Lulus Seleksi Kartu Prakerja gelombang 18

Berusia minimal 18 tahun.

– Warga Negara Indonesia (WNI).

– Tidak sedang menempuh pendidikan formal

– Sedang mencari pekerjaan.

– Pekerja atau buruh yang terkena PHK.

– Pelaku usaha mikro dan kecil.

– Pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetisi kerja.

– Pekerja yang bukan penerima upah.

– Pekerja atau buruh yang dirumahkan imbas pandemi covid-19.

– Bukan PNS/ASN, Anggota TNI/Polri, serta Pejabat Tinggi Negara.

Adapun kriteria yang tidak lulus seleksi Program Kartu Prakerja gelombang 18, sebagai berikut:

Kriteria Tidak Lulus Seleksi Kartu Prakerja gelombang 18

– Pendaftar bukan WNI.

– Pendaftar berusia di bawah 18 tahun.

– Pendaftar masih aktif sekolah atau kuliah.

– Pendaftar sudah pernah lulus di gelombang sebelumnya.

– Pendaftar sudah pernah menerima bantuan sosial (bansos) lainnya dari kementerian/lembaga terkait.

– Pendaftar tercatat sebagai anggota TNI/Polri, anggota DPR/DPRD, direksi/komisaris, dewan pengawas BUMN/BUMD, PNS/ASN, serta Perangkat Desa.

Nah, itu dia kriteria atau syarat menjadi peserta Kartu Prakerja yang punya kemudahan mendapatkan KUR Rp10 juta sebagai modal usaha setelah mengikuti pelatihan.

Sambil menunggu pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 18, mending kamu buat akun Prakerja secara online terlebih dahulu di situs resmi www.prakerja.go.id . Pastikan juga semua data terisi benar dan sesuai, ya, agar proses pelatihan hingga pencairan insentifmu berjalan lancar.

Oh, ya, setelah nanti dinyatakan lulus dan resmi menjadi peserta Prakerja, kamu bisa segera mengikuti pelatihan di GeTI Incubator. Mengapa kamu harus memilih GeTI Incubator? Untuk diketahui, semua instruktur di GeTI Incubator merupakan instruktur yang profesional dan tersertifikasi BNSP. Selain itu, metode pelatihan dikemas yang menyenangkan agar tidak bosan dengan pola paparan, tutorial, talkshow, studi kasus, dan kamu bisa mengakses materi pelatihan selamanya secara gratis.

Semangat mencoba!