Mengenal Eksportir: Pengertian, Syarat, dan Peran bagi Negara

Jika berbicara tentang ekspor, pasti tidak lepas dari kata eksportir. Lantas, apa itu eksportir? Bagaimana ketentuan jadi eksportir?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), eksportir adalah orang yang melakukan ekspor. Apabila merujuk pada Wikipedia, eksportir adalah orang yang menjual barang ke luar negeri dengan tujuan keuntungan bisnis.

Untuk menjadi eksportir, pihak tertentu harus terdaftar secara resmi pada instansi pemerintah urusan perdagangan. Berikut ini merupakan persyaratan menjadi eksportir, jenis eksportir, tujuan & manfaat, serta peran eksportir terhadap peningkatan pendapatan negara, yang dilansir dari laman ExportHub.id.

SYARAT MENJADI EKSPORTIR

Simak syarat untuk jadi eksportir di bawah ini:

1.       Berbadan Hukum

Eksportir harus memilki legalitas atau berbadan hukum. Misalnya, perusahaan atau organisasi yang dapat membuktikan diri dengan legalitas yang sah berupa firma, PT, CV, persero, perum, atau lainnya.

2.       Memiliki Nomor Wajib Pajak

Aktivitas ekspor pastinya berkaitan dengan perpajakan. Oleh karena itu, tiap badan atau perusahaan yang akan menjadi eksportir wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak.

3.       Memiliki Izin

Izin ini berupa Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) untuk aktivitas di bidang usaha perdagangan oleh Dinas Perdagangan. Sementara, usaha di bidang industri harus memiliki Surat Izin Industri oleh Dinas Perindustrian.

JENIS-JENIS EKSPORTIR

Ada dua jenis eksportir, yakni eksportir produsen dan nonprodusen. Eksportir produsen yang dimaksud ialah perusahaan eksportir yang juga memproduksi barang. Sementara, eksportir nonprodusen merupakan eksportir yang mengekspor barang milik perusahaan lain atau eksportir umum.

Namun, eksportir juga perlu memahami pengelompokan barang ekspor yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 13/M-DAG/PER/3/2012 tentang Ketentuan Umum Bidang Ekspor.

Dalam peraturan tersebut terdapat tiga kategori, yakni:

–          Barang Bebas Ekspor

 

Barang bebas ekspor ialah barang yang sifatnya umum dan stoknya banyak. Karenanya, jika barang tersebut tiba di luar negeri, ketersediaan di dalam negeri tidak terancam dan juga tidak mempengaruhi ketahanan pangan nasional. Contohnya adalah pakaian jadi, berbagai macam kerajinan, hingga beraneka jenis hasil perkebunan.

–          Barang Dibatasi Ekspor

Pada kategori ini, ekspor sangat memerlukan izin khusus, seperti laporan Persetujuan Ekspor, Laporan Surveyor, dan Eksportir Terdaftar. Hal ini tergantung jenis barang untuk ekspor.

–          Barang Dilarang Ekspor

Barang yang dilarang ekspor adalah barang yang memang tidak boleh untuk ekspor. Adapun barang tersebut antara lain karet alam tanpa SNI, bantalan rel kereta api dari kayu dan kayu gergajian, binatang liar dan tumbuhan alam, rotan, barang kuno, biji timah, batu mulia, dan lain sebagainya.

TUJUAN & MANFAAT MENJADI EKSPORTIR

Berikut beberapa tujuan dan manfaat menjadi eksportir:

–          Meningkatkan Devisa Negara

Dengan menjadi eksportir, kita turut berkontribusi terhadap penghasilan ekonomi negara. Selain dapat memperluas peluang perdagangan di pasar global, eksportir pun bisa menumbuhkan investasi dan melebarkan cakupan pasar domestik.

–          Mengembangkan Industri Dalam Negeri

Kegiatan ekspor yang eksportir jalani ada karena permintaan akan suatu barang dari luar negeri. Permintaan yang datang ini nantinya akan berpengaruh langsung terhadap perkembangan industri pada negara tersebut dan menciptakan iklim usaha yang kondusif.

–          Membuat Harga Produk Terkendali

Dengan adanya eksportir, over kapasitas pada suatu produk berikut harganya dapat terkendali. Hal itu karena saat produksi suatu barang melimpah, harga produk dalam negeri tersebut akan menjadi lebih murah. Untuk menangani hal ini, perlu adanya ekspor ke negara yang lebih membutuhkan produk tersebut agar harga produk dapat tetap terkendali.

PERAN EKSPORTIR

Eksportir, sebagai pihak yang melakukan ekspor, memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

  • Berkomunikasi langsung dan melakukan negosiasi terhadap perusahaan atau organisasi asing.
  • Menjual suatu produk kepada perusahaan atau organisasi
  • Eksportir bertanggung jawab menjaga kondisi dan kualitas barang untuk ekspor hingga sampai ke tangan pembeli.
  • Memperkenalkan produk dalam negeri kepada perusahaan asing atau pasar

 

  • Menjalin kerja sama dengan pelanggan baru dari berbagai negara

Getters, apakah kamu bersiap jadi eksportir untuk membawa produk lokal Indonesia mengglobal? Yuk, siapkan dari sekarang! Segera ikuti pelatihannya di Kelas Meningkatkan Keahlian Pengelola Pemasaran Digital Skala Ekspor.

Angkat Potensi Desa, GeTI Incubator Luncurkan Program 1000 YouTuber Desa

Siaran Pers

Senin, 20 Desember 2021

 

Angkat Potensi Desa, GeTI Incubator Luncurkan Program 1000 YouTuber Muda

 

JAKARTA – Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) GeTI Incubator meluncurkan program One Village One YouTuber (OVOY). Program ini bertujuan untuk mencetak anak muda menjadi agen pembangunan desa yang mengangkat kebudayaan, produk, serta pariwisata daerah.

YouTuber dan Head of GeTI TV, Tulang Tio, menuturkan, OVOY bermula dari tingginya minat pemuda dengan salah satu profesi industri kreatif terkini: YouTuber.

Pernyataan tersebut seturut data penggunaan internet di Indonesia tahun 2020 oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Pada 2020, pengguna aktif internet mencapai 196,71 juta atau 73,7 persen dari total populasi masyarakat Indonesia yang mencapai 266,91 juta.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi desa dan mencetak anak muda sebagai agen pembangunan daerah,” ujar Tio, pada Rabu (10/11), dalam soft launching OVOY, “Inisiatif Bersama untuk Melahirkan 1000 YouTuber bagi 1000 Desa” yang ditayangkan langsung melalui channel YouTube GeTI TV dan TV Desa.

Secara khusus, pengguna aktif media sosial mencapai 160 juta atau 59 persen dari total populasi. Sementara itu, untuk platform YouTube sendiri mencapai 140,8 juta pengguna.

Optimisme juga datang dari Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga, Kemendes PDTT, Samsul Widodo. Ia mengatakan bahwa program OVOY berpotensi besar membawa desa Indonesia untuk meningkatkan pembangunan daerah.

Ia juga berharap nantinya peserta yang mewakili desanya tidak hanya mendapatkan bekal menjadi kreator konten saja. Terlebih, peserta pun dapat menjadi pahlawan desa yang mengeksplorasi dan mengangkat potensi-potensi desa melalui pendekatan digital.

“Kami ingin potensi desa diekspos, seperti potensi perkebunan, pertanian, perikanan, BUMDes, serta UMKM,” ia menegaskan.

Pada acara soft launching OVOY turut hadir pula Chief Executor Officer TV Desa, Suryokoco Suryoputro; Direktur Utama LPK GeTI Incubator, Amalia Prabowo; serta YouTuber asal Pati, Jawa Tengah, Luthfi Pati.

Ambisi OVOY dalam Memberdayakan Anak Muda Daerah

Dalam penyelenggaraanya, OVOY bertekad untuk meningkatkan tingkat literasi digital anak muda daerah. Tidak ketinggalan, OVOY ingin memberikan kompetensi kreatif sebagai dasar mereka untuk menjadi kreator konten berbasis digital. Dengan itu, nantinya mereka dapat memaksimalkan teknologi digital untuk membuka peluang-peluang baru, misalnya bisnis.

Program kerja sama GeTI Incubator dan Kemendes PDTT ini akan dilakukan melalui inkubasi 1000 YouTuber bagi 1000 desa selama tiga minggu. Istimewanya, inkubasi para YouTuber ini akan didampingi oleh para instruktur profesional.

Selanjutnya, peserta OVOY akan memproduksi video yang memperkenalkan kebudayaan, produk, dan pariwisata dari wilayah masing-masing melalui kanal YouTube para peserta.

Anak muda dapat melakukan pendaftaran program OVOY mulai dari 10 November hingga 8 Desember 2021. Segala akses informasi perihal program OVOY bisa diperoleh melalui laman ovoy.webdev.geti.id. Untuk diketahui pula, program ini diselenggarakan secara gratis.

Employer growing business professionals metaphor

4 Skill yang Perlu Ditingkatkan untuk Pengembangan Diri!

Di era yang serba digital ini tak mengherankan jika generasi milenial dan gen Z menekuni passion mereka untuk pengembangan diri. Tidak memungkiri juga kalau dua generasi tersebut giat mencari peluang dan kesempatan baru untuk mengembangkan diri mereka. Kalau tidak giat, peluang untuk tertinggal juga berpotensi besar. Tapi tenang, selalu ada jalan untuk bisa mengembangkan diri dan menjadikan itu sebuah passion agar dirimu tidak lekang oleh zaman.

Apakah kamu sebagai bagian dari generasi milenial atau gen Z? Buat kamu yang masih bingung mau mengembangkan potensi apa yang cocok dengan passion-mu, cek empat potensi ini yang bisa kamu kembangkan di era digital. Yuk, simak di bawah ini!

  1. Keterampilan Berbisnis

Memiliki bisnis kian digandrungi oleh generasi milenial maupun gen Z saat ini. Mulai dari bisnis produk sampai tawaran bisnis produk berbasis jasa. Media promosi pun kian beragam, dari layanan offline sampai online.

Memiliki keterampilan berbisnis akan cocok dengan passion para generasi milenial maupun gen Z. Selain karena bisa meraup cuan, cara-cara kerja berbisnis kerap disukai antara kedua generasi ini.

  1. Keterampilan Menulis

Era digital tidak lepas dari banjirnya informasi melalui sentuhan jari. Informasi biasanya disiarkan melalui tulisan. Kalau kamu punya keterampilan menulis, kamu bisa menjadi kontributor media online atau pun offline. Kamu juga bisa mendapatkan uang dari penyedia tertentu sebagai wadah tulisan tersebut saat tulisanmu berhasil dimuat di dalamnya.

Kamu juga bisa bekerja sebagai content writer atau pun copywriter untuk sebuah perusahaan. Pasalnya, hampir di setiap perusahaan pasti membutuhkan dua jenis profesi penulis yang disebutkan tadi.

  1. Program Digital

Salah satu keterampilan yang sedang tren di kalangan generasi milenial maupun gen Z yakni keterampilan program digital. Kemampuan dalam bidang teknologi dan informasi memang menjadi bagian utama dalam perkembangan dunia digital. Salah satu keterampilan program digital yang sedang dibutuhkan banyak perusahaan yakni digital marketing.

Digital marketer menjadi pemain kunci perusahaan untuk bersaing di dunia digital agar bisa meningkatkan transaksi penjualan. Selain itu, para ahli digital marketing dibutuhkan untuk  mengoptimalkan search engine optimization (SEO) dan search engine marketing (SEM), analisis data, serta membaca strategi konten.

  1. Editing

Poin selanjutnya yang menjadi bagian dari potensi yang bisa dikembangkan para milenial maupun Gen Z untuk pengembangan diri yakni memiliki keterampilan di bidang editing. Saat ini pekerjaan sebagai editor banyak dibutuhkan oleh para perusahaan, mulai dari editor tulisan, foto, hingga video.

Demikian empat potensi yang bisa dikembangkan para generasi milenial dan gen Z sepertimu di era digital sekarang ini. Lalu, tunggu apalagi? Yuk, segera kenali passion yang kamu miliki dan kembangkan dengan baik. Kamu bisa mulai mengembangkan potensi diri di GeTI Incubator.

Mau Bisa Nulis Iklan? Intip 9 Hal Ini Biar Copywriting-mu Berkesan

Pemasaran dengan copywriting yang berkesan adalah yang dapat menarik perhatian audiens tanpa mengurangi kejelasan dari pesan yang ingin disampaikan. Lantas, bagaimana, sih, cara bikin copywriting biar goal melakukan promosi? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

MendefinisikanAudiens 

Sebelum kamu mempromosikan/memasarkan produk, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui target audiens yang ingin dituju. 

Sebagai copywriter, kamu harus memahami siapa target pasar, rentang usia, serta minat dan kebiasaan audiens. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gambaran mengenai gaya bahasa yang harus digunakan dalam tulisan. 

MenentukanObjek 

Saat membuat copywriting, tentukan tujuan utamanya. Kamu bisa menentukannya lewat sebuah pertanyaan, misalnya: apakah kamu ingin pembaca membeli produk? Mengunjungi website? Melakukan pendaftaran atau berlangganan untuk mendapatkan lebih banyak informasi? Atau untuk mendatangi lokasi usahamu. Dengan menentukan tujuan utama dalam pemasaran, maka copywriting yang kamu buat akan lebih terarah dan bisa mencapai hasil maksimal. 

MunculkanUrgensi 

Memunculkan urgensi dari sebuah produk akan menambah daya tarik copywriting-mu. Buatlah audiens merasa kalau produk yang kamu tawarkan itu penting dan berikan jangka waktu yang singkat. 

Misalnya, “Penawaran hanya berlaku untuk 10 pembeli pertama. Stok terbatas!”, “Diskon hanya hari ini. Besok harga kembali normal!”, “Penawaran terbatas khusus hari ini. Siapa cepat dia dapat!”. 

MemanfaatkanTestimoni Konsumen 

Kamu bisa menampilkan ulasan ataupun testimoni dari konsumen sebelumnya yang puas terhadap produkmu. Dengan menampilkan testimoni, dapat meyakinkan kepada calon konsumen yang baru. 

BuatSesederhana Mungkin 

Salah satu prinsip copywriting yakni kesederhanaan. Sebab, semakin sederhana dan mudah dimengerti, maka semakin luas jangkauan audiens yang paham dengan produkmu.  

Kalau audiens sudah memahami keunikan dan keunggulan produkmu, akan mudah membeli produk yang kamu tawarkan. 

GunakanKalimat Aktif 

Dalam copywriting, pakai kalimat aktif agar efektif. Kalimat aktif membuat rangkaian pesanmu kepada konsumen lebih ringkas dan kuat. 

HadirkanSolusi 

Copywriting juga harus bisa menarik minat calon konsumen dengan menghadirkan solusi dalam konten promosi. 

Kamu bisa menyisipkan kalimat yang solutif bagi mereka, misalnya: “Kelas YouTuber, pelatihan praktis yang bisa bikin kamu meraup cuan dengan sekali gabung” atau “Kelas Influencersolusi pelatihan untuk membuat kamu dikenal banyak orang dan kebanjiran endorse-an”. 

SisipkanHumor 

Menyisipkan humor juga dapat menjadi salah satu langkah efektif dalam membuat copywriting. Saat humormu diingat dengan jelas dan meraih banyak perhatian dari audiens, besar kemungkinan konsumen akan langsung mencari produkmu saat membutuhkannya dibanding produk lain. 

Dukungdengan Data 

Tambahkan data dalam copywriting bisa membuat audiens merasa bahwa produk yang kamu promosikan cocok dan dibutuhkan oleh mereka. Data yang menguatkan urgensi ini meningkatkan kemungkinan audiens membeli produkmu dengan cepat. 

Semakin menarik sebuah copywriting, maka semakin besar ketertarikan konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Atau bingung mendapatkan ide dan menyusunnya?  

GeTI Incubator siap membantumu untuk bikin copywriting-mu kuat dan berkesan. Segera gabung di Kelas Membuat Konten Promosi untuk Profesi Penulis di Era Digital. Pastinya, semua instruktur di GeTI Incubator kompeten. Gabung sekarang! 

Penampilan Diri Perlu Menarik! Begini Alasannya!

Penampilan diri sangat penting dalam menunjukkan jati diri bahkan banyak situasi. Baik itu di dalam bidang karier, kehidupan sosial, atau bahkan romansa, kamu akan selalu dinilai berdasarkan penampilan diri. Sebab penampilan diri bisa memengaruhi kepribadian dirimu secara keseluruhan.  

Banyak cara seseorang untuk membuat tampilan dirinya berkesan. Ada yang mengunjungi salon kecantikan, menjalani perawatan tubuh secara rutin, bahkan berbelanja beragam outfit untuk memenuhi penampilan diri saat bekerja. 

Pertanyaannya, mengapa kita perlu membuat penampilan menarik dan mengesankan? Kami mencari alasannya yang kami rangkum dari berbagai sumber. Simak selengkapnya di bawah ini. 

Menciptakan Kesan Positif 

Percaya atau tidak, pakaian yang kamu kenakan akan memiliki efek langsung pada asumsi setiap orang tentangmu. Apalagi kesan pertemuan pertama. Apabila penampilan kamu semakin baik dilihat dari cara berpakaian dan attitude, maka rasa hormat serta perhatian secara otomatis akan mereka berikan padamu. 

Meningkatkan Status Sosial di Lingkunganmu 

Tidak peduli siapa dan apa pun jabatanmu, dengan menunjukkan penampilan yang baik maka akan mewakili karaktermu di mata orang-orang yang bertemu denganmu. Reaksi yang bagus, akan otomatis meningkatkan status sosial di lingkunganmu. 

Mengajarkan Tanggung Jawab 

Merawat diri secara konsisten akan menimbulkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri.  

Anggaplah seseorang adalah sebuah produk. Produk yang berkualitas tentunya akan selalu dijaga dan dimonitoring kualitasnya melalui standar kualitas kontrol yang prima. Apabila produk yang memiliki kualitas rendah tentunya tidak akan berdampak positif, bukan?  

Menggali Gaya Personal 

Penampilan diri bisa didesain. Maka dari itu, berpenampilan yang didesain secara matang secara tidak langsung dapat menjelaskan apakah kamu termasuk orang yang sporty, classy elegan, atau pun modern/trendi. 

Getters, punya penampilan yang mengagumkan merupakan suatu pilihan. Kamu bisa mengubah, meng-upgrade, mempertahankan penampilan kamu mulai sekarang untuk memberikan kesan yang mengagumkan kepada siapa pun yang bertemu denganmu. Mau? Segera bergabung dengan GeTI Incubator melalui kelas Kiat Meningkatkan Penampilan Diri (Self-Grooming). Kamu bisa daftar untuk mengikuti kelasnya dengan mengkilik tautan ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di kelas, Getters!