Cara Cek Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 30!

Program Kartu Prakerja gelombang 30 telah ditutup pendaftarannya pada Kamis 26/05/2022 kemarin. Lalu kapan pengumuman hasil seleksi dari gelombang 30 ini? Jika dilihat dari gelombang sebelumnya, pengumuman hasil seleksi diumumkan sehari setelah pandaftaran ditutup.

Maka ada kemungkinan hasil pengumuman dari gelombang 30 akan diumumkan pada hari ini Jumat 27/05/2022. Tapi tentunya hal ini hanya sebuah prediksi. Untuk jadwal pastinya hanya tim dari Prakerja yang mengetahui jadwal pastinya. 

Terdapat dua cara untuk mengetahui apakah kamu lolos seleksi program Kartu Prakerja Gelombang 30. Berikut cara cek hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 30:

1. Melalui dashboard Prakerja

Cara yang pertama yaitu kamu bisa cek di dashboard akun Prakerja mu. Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja. Peserta harus menonton video tersebut sampai selesai dan tidak diperbolehkan untuk menutup vidio mempercepat video. Hal ini dilakukan agar peserta bisa melihat Nomor Kartu Prakerja.

Selanjutnya, apabila dinyatakan tidak lolos, peserta akan mendapatkan notifikasi bertuliskan “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard. Peserta bisa memeriksa alasan tidak lolos melalui Riwayat Gelombang pada dashboard.

2. Melalui SMS

Cara yang kedua yaitu melalui SMS. Pemberitahuan SMS ini akan dikirimkan ke nomor telepon yang didaftarkan saat pembuatan akun Prakerja. Jadi pastikan nomor yang dimasukkan ketika mendaftar benar dan masih aktif ya.

SMS akan diterima pada tanggal pengumuman hasil seleksi dari program kartu prakerja gelombang 30. Nantinya, jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya yakni mengikuti pelatihan pertama.

Untuk kamu yang berhasil menjadi peserta kartu Prakerja, beli kelas pelatihan dari GeTI Incubator yuk! GeTI Incubator sebagai mitra resmi pemerintah dalam menjalankan program kartu Prakerja menyediakan berbagai kelas peningkatan kemampuan diri. Peserta kartu Prakerja dapat memilih materi kelas sesuai minat dan kebutuhan yang diinginkan.

Peserta yang ikut kelas Prakerja di GeTI Incubator akan mendapat pemateri yang ahli di setiap bidangnya dan telah bersertifikasi BNSP. Segera bergabung bersama ratusan ribu peserta lainnya yang telah mendaftar di GeTI Incubator. Dapatkan kelas Prakerja di GeTI Incubator disini!

Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Menggunakan Digital Marketing

Perempuan dewasa sejatinya adalah perempuan rumah tangga. Baik itu ibu rumah tangga yang sepanjang hari di rumah, maupun ibu rumah tangga “paruh waktu”, yang sebagian waktunya juga menjadi perempuan/wanita karier. Sebuah ungkapan mengatakan, setiap perempuan adalah calon ibu yang tangguh untuk keluarganya.

Ibu rumah tangga yang sempat dianggap sebagai perempuan yang tidak produktif, kini hal tersebut sudah terpatahkan. Perempuan yang sepanjang hari di rumah nyatanya tetap dapat dikatakan produktif, karena berbagai urusan yang dilakukannya juga merupakan hal yang produktif.

Ibu Rumah Tangga (IRT) kini juga sudah bisa mendulang cuan dengan memaksimalkan berbagai online platform. Semua itu dapat dilakukan hanya dari rumah saja, sembari mengerjakan berbagai urusan rumah. Digital marketing menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat diandalkan oleh para IRT untuk menambah cuan. Berikut berbagai peluang bisnis ibu rumah tangga yang dapat dikembangkan dengan menggunakan teknik digital marketing:

1. Berjualan makanan dan minuman

Banyak keluarga yang tidak memiliki cukup waktu untuk memasak di rumah. Keinginan jajan makanan dan minuman ringan yang tiap harinya juga semakin bertambah. Hal ini dapat ditangkap sebagai peluang usaha untuk para IRT. Ibu-ibu dapat berjualan makanan dan minuman secara online.

Dengan sentuhan digital marketing, produk ibu-ibu akan dijangkau oleh lebih banyak calon customer. Bagi para ibu yang tidak bisa memasak masih tetap bisa menjalankan bisnis ini. Ibu-ibu cukup menjadi operator digital marketing, untuk produksi atau memasaknya dapat dikerjakan oleh tim ibu-ibu yang memang ahli dalam memasak

2. Jualan online produk rumah tangga

Sebagai kaum yang familiar dengan kebutuhan peralatan rumah tangga, para IRT dapat menjadikan produk-produk rumah tangga sebagai peluang bisnis. Ibu-ibu hebat dapat memanfaatkan peluang jualan online dengan memasarkan kebutuhan peralatan rumah tangga. Peralatan dapur, furnitur, dan kebutuhan lainnya dapat dipasarkan melalui digital marketing yang baik.

3. Penyewaan mainan anak dan peralatan ibu hamil/menyusui

Bagi sebagian keluarga yang merasa tidak ingin membeli mainan atau kebutuhan ibu hamil/menyusui, dapat menyewa semua itu dengan harga yang lebih terjangkau. Terkadang para pasangan yang merasa membeli barang-barang tersebut mahal padahal masa pakainya hanya sebentar, seringkali kebingungan saat ingin mencari penyewaan barang-barang tersebut. Hal ini dapat dijadikan peluang oleh para IRT untuk menjadi solusi untuk mereka. Jasa penyewaan barang-barang kebutuhan anak dan ibu dapat dipasarkan melalui digital marketing untuk menjangkau pasar yang lebih luas

4. Jasa laundry dan kebersihan rumah

Banyak keluarga yang kualahan dalam hal bersih-bersih baik itu pakaian, kendaraan, juga seisi rumahnya. Hal ini dapat dijadikan peluang usaha para ibu-ibu untuk menawarkan jasa panggil bersih-bersih berbagai barang di rumah. Jasa dapat ditawarkan melalui digital marketing. Jika para ibu merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan jasanya, ibu-ibu dapat berperan sebagai operator marketingnya saja, untuk pelaksana jasanya dapat dikerjakan oleh tim ibu yang akan diberikan fee sesuai dengan kesepakatan

Sebagai IRT yang lebih melek dengan informasi, kini semakin banyak peluang bisnis ibu rumah tangga yang bisa dijalankan hanya dari rumah saja. Terlebih ketika didukung oleh digital marketing, usaha yang dijalankan sekalipun hanya dari rumah tetap dapat menjangkau banyak calon customer.

GeTI Incubator sebagai lembaga pendidikan telah memiliki berbagai kelas yang membongkar berbagai rahasia sukses membangun bisnis dengan dukungan digital marketing. Materi yang diberikan akan disampaikan dengan ringan sehingga akan lebih mudah dipahami oleh semua kalangan. Pilih kelas pelatihan sesuai dengan minat dan kebutuhan. Daftar sekarang!

Baca juga: Jangan Sampai Ketinggalan! Kartu Prakerja Gelombang 29 Telah Dibuka!

4 Manfaat Work-Life Balance untuk Hidup Kamu!

Beberapa di antara kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata work-life balance. Sekarang ini work-life balance sering menjadi bahan perbincangan antara karyawan. Memangnya apa sih pengertian dari work-life balance? Menurut Kemenkeu Work-Life balance sendiri memiliki makna kemampuan seseorang dalam menyeimbangkan tanggung jawabnya dalam pekerjaan dan hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. 

Lalu kenapa work-life balance dianggap penting untuk kita terapkan dalam kehidupan? Yuk kita bahas pentingnya manfaat work-life balance untuk hidup kamu dibawah ini.

Manfaat work-life balance:

1. Meningkatkan produktivitas kerja

Kenapa work-life balance bisa meningkatkan produktivitas kerja? Dengan menerapkan work-life balance, hidup kamu menjadi lebih teratur. Kamu mampu memisahkan waktu untuk bekerja dan waktu untuk kehidupan pribadi. Dengan begitu kamu tidak akan bekerja overtime yang membuat kamu kelelahan sehingga bisa menyebabkan kamu jatuh sakit dan mengganggu pekerjaan kamu.

Kondisi fisik yang sehat dan bahagia tentunya akan meningkatkan produktivitas kamu karena kamu menjadi lebih fokus, kreatif, dan menunjukan performa yang baik. 

2. Mengurangi stress/burnout

Sebagai seorang karyawan, mengalami stress bukanlah hal yang jarang terjadi. Jika stress ini dibiarkan, kamu bisa mengalami burnout atau kelelahan secara terus-menerus. Hal ini tentunya bisa menurunkan produktivitas kamu. Dengan menerapkan work-life balance kamu bisa menurunkan tingkat stress kamu.

3. Lebih sehat secara fisik dan mental

Manfaat yang ketiga yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan work-life balance yaitu kamu akan menjadi lebih sehat secara fisik dan mental karena kamu akan mempunyai waktu untuk kehidupan pribadi. Kamu bisa mempunyai aktivitas dengan keluarga, olahraga, main game atau hal apapun yang membuat kamu menjadi lebih bahagia.

4. Menjaga hubungan sosial dengan teman

Manfaat yang terakhir, kamu akan memiliki waktu untuk bisa berkumpul dan bersosialisasi dengan teman-temanmu. Menurut Psychology Today, bersosialisasi bisa membuat kamu menjadi lebih bahagia dan meningkatkan hubungan sosial menjadi lebih baik.

Itulah manfaat work-life balance untuk hidup kamu. Gunakan skill management waktu untuk bisa menerapkan work-life balance ini, supaya kamu tidak mengalami stress atau burnout ya!

Baca juga: Manfaat Ikut Kartu Prakerja: Pelatihan Gratis dan Insentif

Manfaat Meningkatkan Skill untuk Karir Kamu!

Mempelajari skill baru adalah cara terbaik untuk kamu bisa menjadi lebih sukses dalam berkarir. Skill ini bisa bermanfaat untuk kamu yang mau mencari peluang kerja baru atau ingin meningkatkan karir di masa depan.

Di beberapa profesi kamu bahkan diharuskan untuk terus meningkatkan skill atau mempelajari skill baru supaya bisa terus beradaptasi dengan dunia kerja yang dinamis. Jadi jangan sampai kamu merasa cukup dengan skill yang kamu punya.

Kamu harus memiliki keinginan untuk terus mengembangkan diri. Masih banyak skill yang bisa kamu pelajari di dunia ini. Selain itu juga mempelajari skill baru bisa memberikan manfaat lain untuk kamu. Yuk kita bahas manfaat meningkatkan skill:

Manfaat Meningkatkan Skill:

1. Mendapatkan peluang karir baru

Dengan mempelajari skill baru, seorang yang tidak mempunyai latar belakang marketing bisa bekerja di bidang marketing. Mempelajari skill baru bisa membuat kamu mendapatkan banyak peluang baru untuk memulai karir yang mungkin saja sesuai dengan passion dan jenjang karir yang kamu inginkan. 

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Memperkaya diri dengan berbagai macam skill akan membuat kamu lebih percaya diri untuk menghadapi segala tantangan saat memasuki dunia kerja. Sebagai seorang fresh graduate, biasanya perusahaan mencari kandidat yang mempunyai banyak pengalaman atau skill yang berhubungan dengan pekerjaan. Selain itu sebagai seorang yang sudah berkarir, perusahaan akan menyukai karyawan yang kompeten dan memiliki banyak pengetahuan.

3. Adaptasi perkembangan zaman

Banyak pekerjaan yang hilang seiring perkembangkan zaman. Dulu, seseorang bekerja sebagai penangkap tikus. Di zaman sekarang tentunya pekerjaan seperti itu sudah tidak dibutuhkan lagi.

Itulah alasan kenapa kamu harus mempunyai banyak skill baru. Teknologi akan terus berkembang sehingga skill baru yang lebih dibutuhkan akan terus bermunculan.

Itulah manfaat yang akan kamu terima jika kamu meningkatkan skill atau mempelajari skill baru. Jadi tunggu apa lagi, yuk pelajari skill baru di GeTI Incubator! GeTI Incubator menyediakan berbagai kelas pengembangan skill yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu.

Peserta yang ikut kelas pengembangan skill di GeTI Incubator akan mendapat pemateri yang ahli di setiap bidangnya dan telah bersertifikasi BNSP. Segera bergabung bersama ratusan ribu peserta lainnya yang telah mendaftar di GeTI Incubator. Dapatkan kelasnya disini!

6 Cara Memulai Bisnis Online dengan Mudah!

Berjualan online di marketplace dapat dilakukan oleh siapa saja. Banyak orang kini memilih untuk berjualan online karena tergolong salah satu usaha yang cukup mudah untuk dimulai. Lalu apa saja yang perlu disiapkan sebagai calon penjual online?

Beberapa faktor akan cukup menentukan seberapa cepat perkembangan toko online kamu di marketplace. Setiap toko online dan produk yang dijual memiliki karakteristiknya masing-masing. Namun, terlepas dari itu, berikut beberapa faktor yang dapat diperhatikan untuk mengoptimalisasi toko online-mu.

Cara Memulai Bisnis Online:

1. Tentukan produk yang akan dijual

Produk yang dijual bisa berupa kebutuhan pokok sehari-hari, lifestyle, dan yang lainnya. Jika dilihat dari trennya, kamu dapat memilih produk yang sedang naik trennya lalu berganti produk lainnya ketika ada tren baru. Kamu juga bisa memainkan produk yang tidak perlu tren dan memang akan stabil penjualannya

2. Tentukan harga dengan tepat

Buatlah harga setiap produk kamu wajar. Tidak terlalu mahal agar dapat bersaing dengan toko dan produk kompetitor. Jangan pula terlalu murah karena akan merusak harga pasaran dari produk itu sendiri

3. Tentukan target pasar

Pelajari dan buat riset tentang target pasar yang akan disasar oleh produkmu. Dengan begitu kamu akan dapat menentukan lebih jauh cara marketing produk kamu. Ketika menentukan pasar yang merupakan kalangan dengan kebiasaan serta taraf ekonomi tertentu, nantinya gaya marketing, harga, serta lainnya akan menyesuaikan agar lebih efisien

4. Promosi

Buatlah berbagai program promo. Baik itu potongan harga, bonus belanja, voucher menarik, kolaborasi dengan influencer atau brand, sampai membuat iklan berbayar. Berbagai cara ini baik langsung atau tidak akan meningkatkan penjualan produk unggulanmu. Hitung dan strategikan program promosi dengan tepat. Agar promosi yang dilakukan berlajan efektif dan menghasilkan banyak cuan

5. Mencari relasi

Jalin berbagai relasi dengan banyak orang atau lembaga. Relasi yang baik tidak melulu harus saling menguntungkan dari sisi profit, namun relasi yang baik juga yang dapat memberi banyak info secara teknis, pengalaman, serta hal bermanfaat lainnya yang orang lain pun belum tentu bisa kita dapatkan

6. Evaluasi

Buatlah jadwal untuk lakukan evaluasi secara rutin performa bisnismu. Lakukan evaluasi secara berkala. Review kembali berbagai langkah yang telah dijalankan. Lanjutkan berbagai langkah yang dinilai tepat, dan koreksi kembali langkah-langkah yang kurang tepat

Cara memulai bisnis online ini menjadi salah satu landasan bagi para pegiat ecommerce dalam menjalankan usaha jualan online. GeTI Incubator sebagai salah satu mitra resmi operator Program Kartu Prakerja memiliki berbagai kelas yang dapat kamu jadikan pilihan tepat. Selain membuka Kelas Prakerja, GeTI Incubator juga membuka berbagai kelas unggulan dengan pilihan materi menarik dengan pemateri yang tersertifikasi serta kompeten di bidangnya masing-masing. Pilihlah kelas yang sesuai minat serta kebutuhanmu, dengan harga yang sangat terjangkau. Daftar sekarang!

ExportHub Ikut Serta Dalam Memeriahkan Pekan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022

Bank Indonesia menginisiasi Pekan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022. KKI merupakan kegiatan lanjutan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia & Bangga Berwisata di Indonesia. KKI 2022 akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Mei 2022 mendatang.

Pekan Karya Kreatif Indonesia 2022 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia ini diaksanakan dengan tujuan pengembangan UMKM di seluruh Indonesia. Pada rangkaian pelaksanaannya, KKI 2022 mengadakan Pre-Event berupa diskusi webinar dengan tajuk Business Matching Export.

Dalam sesi Business Matching Export pada webinar Pre Event KKI 2022, ekosistem ExportHub yang diwakili oleh AEXI dan UPI memberikan berbagai pencerahan seputar peluang bisnis expor melalui agregator.

Webinar melibatkan Bank Indonesia, Kementerian Perindustrian, ExportHub dan agregator ekspor lainnya, serta UMKM dari berbagai penjuru Indonesia. Momen ini juga menjadi fasilitas bagi para UMKM dan agregator untuk saling bertemu dan membuka peluang ekspor dari Indonesia semakin luas. Sesi tanya jawab begitu interaktif antara para agregator dan UMKM. Dalam kesempatan ini UMKM menjadi lebih tahun banyak soal peluang bisnis ekspor yang juga dapat berkolaborasi bersama para agregator.

UMKM lokal Indonesia memiliki berbagai produk unggulan yang sangat potensial di pasar global. Sayangnya beberapa kendala seperti keterbatasan informasi, relasi, modal, pemasaran, managemen produksi, dan yang lainnya membuat UMKM berkembang kurang begitu maksimal. ExportHub sebagai ekosistem di bidang ekspor memiliki berbagai wadah untuk meningkatkan level para UMKM. Bagi UMKM yang perlu meningkatkan keteramilan SDM-nya, mereka dapat meningkatkannya bersama GeTI Incubator. Lembaga pendidikan keterampilan resmi yang berkomintmen memajukan SDM Indonesia melalui pendidikan keterampilan. Jika para UMKM ingin mendistribusikan dan menjual produknya di pasar domestik, mereka dapat memasarkannya di UPI, sebagai plaftorm ecommerce yang menjangkau pasar skala nasional. Begitu juga ketika para UMKM ingin memperluas pasarnya sampai skala global, mereka dapat bekerja sama dengan AeXI. 

KKI 2022 diharapkan dapat mendorong peningkatan level UMKM di seluruh Indonesia. Komitmen ini selaras dengan ExportHub, sebagai rumah besar bagi ekosistem ekspor terus berkomitmen dan berkontribusi nyata dalam melahirkan berbagai insan UMKM yang berkarya kreatif untuk menjadi pemain di pasar lokal sampai global.

GeTI Incubator Adakan Pelatihan Penjualan Online (Store Operator) Bersama Siswa-siswa SMK Unggulan

geti incubator

Bulan Mei adalah bulan pendidikan di Indonesia. GeTI Incubator sebagai lembaga resmi pendidikan keterampilan mengadakan pelatihan di SMK Multicomp. Pelatihan keterampilan seputar Penjualan Online (Store Operator). Kegiatan ini diikuti oleh 37 siswa yang sudah memasuki kelas 12.

Rangkaian pelatihan dilaksanakan selama empat hari dimulai sejak tanggal 17 Mei 2022. Nantinya setelah mengikuti pelatihan, para peserta akan mengikuti ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi BNSP. Pelatihan sendiri mengikuti Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), dilaksanakan di gedung sekolah SMK Multicomp dan juga melalui seminar daring.

Pendidikan keterampilan Penjualan Online (Store Operator) menjadi bekal para siswa SMK untuk menjadi tenaga profesional serta praktisi di bidang e-commerce. Materi yang diajarkan seputar bagaimana para siswa dapat mengelola ecommerce serta melayani customer dengan baik. Hal ini merupakan bekal yang sangat relevan dengan tren perkembangan dunia digital dan ecommerce. Perdagangan berbasis daring sudah mulai menjadi keseharian berbagai kalangan orang Indonesia. Hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi para siswa SMK. Dengan bekal pendidikan berorientasi keterampilan, kebutuhan SDM akan industri ecommerce perlu ditangkap menjadi peluang. Bagaimana para siswa SMK harus mampu menjadi SDM unggul yang terampil memahai ecommerce. Baik itu sebagai tenaga profesional, maupun sebagai calon wirausaha di bidang ecommerce.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadikan para peserta menjadi para profesional di bidang ecommerce. Para peserta juga nantinya dapat menjadi praktisi yang membangun usaha ecommerce nya sendiri. Sehingga akan tercipta efek domino berupa meningkatnya kesejahteraan UMKM lokal serta terdistribusinya produk-produk unggulan UMKM lokal di sekitar para peserta pelatihan. Tak lupa tentunya, dengan keterampilan yang dimiliki, peserta akan berkesempatan semakin memiliki peluang mendapatkan cuan yang lebih dari sebelumnya.

GeTI Incubator sebagai lembaga resmi pendidikan keterampilan terus berkomitmen terhadap isu pendidikan di Indonesia. Di bulan Mei yang dikenal sebagai bulan pendidikan, GeTI Incubator terus berkontribusi nyata di bidang pendidikan. Terlepas dari itu, bulan pendidikan adalah setiap bulan, dan GeTI Incubator selalu konsisten berkontribusi untuk negeri melalui sektor pendidikan.

GeTI Incubator

Baca juga: Jangan Sampai Ketinggalan! Kartu Prakerja Gelombang 29 Telah Dibuka!

5 Alasan Fresh Graduate Sulit Mendapatkan Kerja, Cari Tahu Disini!

Setelah berhasil lulus perguruan tinggi, kebanyakan dari fresh graduate pasti ingin segera memulai karir di dunia kerja. Namun terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Banyak fresh graduate yang merasa kesulitan saat mencari kerja. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Kali ini kita akan bahas 5 alasan fresh graduate sulit mendapatkan kerja:

5 alasan fresh graduate sulit mendapatkan kerja:

1. Tingginya tingkat persaingan

Tingginya tingkat persaingan menjadi salah satu alasan mengapa fresh graduate sulit mendapatkan kerja. Tingkat persaingan semakin tinggi akibat dari pandemi Covid-19 yang telah terjadi selama 2 tahun terakhir. Banyak perusahaan yang mengurangi jumlah karyawan dan menunda atau bahkan menghentikan proses rekrutmen karyawan baru.

Pada Februari 2022, jumlah angkatan kerja terhitung sebanyak 144,01 juta orang. Jumlah ini naik 4.20 juta orang jika dibandingkan dengan data pada Februari 2021. Semakin meningkat, maka semakin tinggi  tingkat persaingan.

2. Belum memiliki pengalaman

Alasan kedua yaitu belum memiliki pengalaman. Sebagai seorang fresh graduate biasanya kamu belum memiliki pengalaman kerja. Akan tetapi jika selama kuliah kamu pernah magang atau ikut organisasi, kamu bisa mencantumkan hal tersebut di CV kamu. Selain itu kamu juga bisa mencantumkan kegiatan lainnya seperti pengalaman kepanitiaan, volunteer, dan lomba yang pernah kamu ikuti.

3. Kurang networking

Di era digital ini membangun sebuah relasi menjadi semakin mudah. Kamu bisa memanfaatkan platform media sosial yang kamu gunakan atau juga LinkedIn. Networking bisa membuka banyak kesempatan untuk kamu loh. Semakin luas maka semakin banyak peluang kesempatan yang akan datang.

4. Mempunyai skill komunikasi yang buruk

Skill komunikasi menjadi salah satu skill yang wajib untuk kamu punya. Walaupun kamu mempunyai pengalaman yang banyak, skill yang bagus tetapi tidak bisa menyampaikan kelebihanmu itu maka akhirnya akan percuma. Jika merasa belum mempunyai skill komunikasi yang baik, yuk mulai tingkatkan skill komunikasi kamu dari sekarang.

5. Kurang skill

Alasan yang terakhir yaitu kurang skill. Untuk bisa bersaing kamu harus mempunyai nilai lebih. Perkaya diri kamu dengan skill-skill yang menunjang karirmu. Saat ini sudah banyak lembaga yang menyediakan kelas pelatihan skill. Salah satunya yaitu GeTI incubator. GeTI Incubator menyediakan berbagai kelas pelatihan skill yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Mulai dari kelas tentang ekspor, digital marketing, copywriting dan masih banyak lagi bisa kamu temukan disini. Yuk gabung kelasnya sekarang!

Manfaat Ikut Kartu Prakerja: Pelatihan Gratis dan Insentif

Program Kartu Prakerja mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat Indonesia. Masyarakat selalu menantikan pembukaan pendaftaran dari program ini. Sampai saat ini Kartu Prakerja telah sampai pada gelombang 29 dan jumlah penerima Program Kartu Prakerja selama 2020-2021 mencapai 11,4 juta peserta. 

Program Kartu Prakerja memiliki banyak peminat karena dianggap mempunyai banyak manfaat untuk pesertanya. Apa saja manfaat dari Program Kartu Prakerja?

Manfaat ikut Kartu Prakerja:

1. Mendapatkan bantuan biaya pelatihan

Manfaat pertama yang didapatkan yaitu kamu bisa mendapatkan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp.1.000.000 rupiah. Bantuan ini diberikan secara non-tunai dan akan diberikan sekali tetapi bisa digunakan untuk mengikuti beberapa pelatihan. Jadi kamu bisa menggunakan uang ini untuk membeli pelatihan di Kartu Prakerja. Program ini menyediakan banyak pilihan pelatihan yang bisa kamu pilih secara bebas sesuai dengan minat dan bakat kamu.

2. Mendapat insentif bulanan

Selain mendapatkan bantuan biaya pelatihan, kamu juga bisa mendapatkan insentif bulanan. Insentif ini akan diberikan sebesar Rp.600.000 selama empat bulan berturut-turut. Jadi total biaya insentif yang akan diterima oleh peserta Kartu Prakerja adalah sebesar Rp.2.400.000 dan jika kamu mengisi survei sebanyak 3 kali, kamu akan mendapatkan tambahan insentif sebesar Rp150.000. Insentif ini akan diberikan kepada peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan pertama. Insentif yang diberikan oleh Kartu Prakerja diharapkan bisa membantu kamu untuk modal bisnis, biaya sekolah atau bahkan untuk biaya sehari-hari.

3. Menambah dan meningkatkan keterampilan

Dengan menjadi penerima Kartu Prakerja kamu mempunyai kesempatan untuk bisa mengikuti berbagai kelas pelatihan dari lembaga mitra Kartu Prakerja. Kamu bisa memilih kelas yang mendukung skill yang sudah kamu miliki supaya lebih berkembang lagi atau kamu juga bisa mengikuti kelas pelatihan dengan topik baru yang bisa menambah skill kamu. Program ini sangat bermanfaat untuk kamu yang baru mau mencari kerja, fresh graduate atau yang terkena dampak PHK akibat dari pandemi.

Itulah manfaat ikut Kartu Prakerja. Jadi tunggu apa lagi? Yuk daftarkan diri kamu menjadi peserta Kartu Prakerja. Untuk pendaftaran kamu bisa klik disini ya. Jika berhasil lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, beli kelas pelatihan dari GeTI Incubator yuk! 

 GeTI Incubator sebagai mitra resmi pemerintah dalam menjalankan program kartu Prakerja menyediakan berbagai kelas peningkatan kemampuan diri. Peserta kartu Prakerja dapat memilih materi kelas sesuai minat dan kebutuhan yang diinginkan. Peserta yang ikut kelas Prakerja di GeTI Incubator akan mendapat pemateri yang ahli di setiap bidangnya dan telah bersertifikasi BNSP. Segera bergabung bersama ratusan ribu peserta lainnya yang telah mendaftar di GeTI Incubator. Dapatkan kelas Prakerja di GeTI Incubator disini!

Jangan Sampai Ketinggalan! Kartu Prakerja Gelombang 29 Telah Dibuka!

Kartu Prakerja Gelombang 29

Kartu Prakerja Gelombang 29 telah resmi dibuka pada tanggal 15 Mei 2022. Informasi ini disampaikan secara resmi melalui unggahan akun Instagram Kartu Prakerja yaitu @prakerja.go.id. Bagi pemilik akun Program Kartu Prakerja yang belum lolos pada gelombang sebelumnya, bisa mendaftar lagi di gelombang 29 ini. Sedangkan yang belum memiliki akun Kartu Prakerja, silahkan lakukan pendaftaran terlebuh dahulu ya! Lalu bagaimana cara mendaftar program kartu prakerja gelombang 29?

Cara Daftar Kartu Prakerja:

  1. Buka www.prakerja.go.id, siapkan email, NIK, nomor KK dan nomor HP aktif untuk mendaftar
  2. Klik ‘Daftar Sekarang’ 
  3. Pada form pendaftaran, silahkan mengisi alamat email, dan password. Setelah itu klik kolom ‘Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku’. Lalu, klik ‘Daftar’ 
  4. Verifikasi email Prakerja melalui akun email Anda 
  5. Pada tahap pertama, Anda akan diminta untuk verifikasi KTP dan KK serta tanggal lahir Anda. Jika e-KTP Anda tidak terdaftar atau tidak sesuai dengan data yang ada di Dukcapil, Anda bisa menghubungi Dukcapil di [email protected]
  6. Setelah berhasil pada tahap verifikasi KTP dan KK, Anda akan diminta untuk mengisi data diri, mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, mengisi nama ibu kandung, status perkawinan, status pekerjaan, pendidikan teratas, jumlah tanggungan keluarga dan topik pelatihan yang diminati. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengisi alamat dan mengunggah file KTP. 
  7. Tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk verifikasi nomor handphone. Pastikan nomor hp yang Anda daftarkan sama dengan nomor hp yang terdaftar dengan rekening/e-wallet. Kemudian, masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor hp Anda. 
  8. Nantinya Anda akan diminta untuk memilih beberapa pernyataan. 
  9. Jika proses pendaftaran sudah selesai, Anda kemudian akan diarahkan untuk melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.

Selain bisa mencari kelas pelatihan, sekarang kamu juga bisa mencari pekerjaan di website Prakerja loh! Di akhir tahun 2021, Kartu Prakerja menambahkan fitur “Job Search” di websitenya. Fitur ini dibuat untuk mempermudah peserta Program Kartu Prakerja mencari kerja yang sesuai dengan minat. Fitur ini bisa dimanfaatkan oleh semua orang yang sudah memiliki akun di Kartu Prakerja. Bagaimana cara menggunakan fitur “Job Search”

Cara menggunakan fitur “Job Search” di website Prakerja:

1. Login ke website Kartu Prakerja

2. Pilih menu Info Pekerjaan

3. Ketik judul pekerjaan yang kamu minati di kolom pencarian

4. Kamu juga bisa menggunakan filter untuk menyaring pekerjaan yang kamu inginkan

5. Filter yang bisa dipilih: lokasi pekerjaan, pendidikan terakhir, industri pekerjaan sesuai dengan minat dan keahlian kamu.

6. Tentukan perkiraan gaji yang kamu inginkan dan jenis pekerjaannya (fulltime, partime, freelance, internship)

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang dipilih. Jika ada yang kamu minati, klik perkerjaannya dan klik tombol “lamar” untuk melamar pekerjaan tersebut.

Semoga berhasil ya! Jika berhasil lolos menjadi peserta Kartu Prakerja Gelombang 29, beli kelas pelatihan dari GeTI Incubator yuk! GeTI Incubator sebagai mitra resmi pemerintah dalam menjalankan program kartu Prakerja menyediakan berbagai kelas peningkatan kemampuan diri. Peserta kartu Prakerja dapat memilih materi kelas sesuai minat dan kebutuhan yang diinginkan. Peserta yang ikut kelas Prakerja di GeTI Incubator akan mendapat pemateri yang ahli di setiap bidangnya dan telah bersertifikasi BNSP. Segera bergabung bersama ratusan ribu peserta lainnya yang telah mendaftar di GeTI Incubator. Dapatkan kelas Prakerja di GeTI Incubator disini!