5 BIDANG PELATIHAN PRAKERJA YANG PALING DIMINATI

kredit usaha rakyat prakerja

Program Kartu Prakerja (kartu pra kerja) yang diluncurkan sejak April 2020 lalu mendapatkan antusiasme yang tinggi dari seluruh kalangan masyarakat. Presiden Joko Widodo pada pertengahan Maret 2021 menyebutkan, keterampilan para peserta yang mengikuti pelatihan prakerja mencapai 88 persen. Jokowi menyatakan, peserta pelatihan prakerja ada lebih dari 5,6 juta orang dari 55 juta yang mendaftar.

Sampai hari ini, program pelatihan prakerja telah sampai pada gelombang 16. Dalam waktu dekat pendaftaran kartu prakerja akan dibuka gelombang yang baru dengan berbagai topik pelatihan prakerja. Kuota peserta Kartu Prakerja di gelombang 17 terbatas. Pada gelombang ke-17, kuota akan diberikan pada 47.000 peserta.

Bagi pendaftar yang dinyatakan lolos, dapat memilih pelatihan prakerja yang disediakan oleh mitra prakerja. Pelatihan prakerja itu nantinya harus dipilih sebelum 30 hari saldo masuk ke e-money/e-wallet dashboard prakerja para peserta.

Seperti yang telah diketahui, Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang ditujukan untuk para pekerja/buruh/seseorang yang dirumahkan, pencari kerja, pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi covid-19, serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Di akhir program, para peserta akan mendapatkan ilmu dan keterampilan baru yang dapat digunakan untuk kebutuhan industri maupun berwirausaha. Itulah salah satu cara menyelesaikan pelatihan prakerja dengan segala hal apa yang anda pelajari dalam modul pelatihan prakerja.

Dalam program Kartu Prakerja ada kurang-lebih 1.700 pelatihan, yang dilakukan oleh 165 lembaga pelatihan terpilih dan terpercaya. Karena itu, dengan jumlah yang begitu banyak, peserta memiliki kebebasan untuk memilih mana yang sesuai dengan minat dan talenta.

Bagaimana cara memilih pelatihan kerja yang cocok? Tips memilih pelatihan kerja dianjurkan agar disesuaikan dengan kebutuhan setiap peserta.

Jokowi juga menegaskan, ada lima program pelatihan yang paling banyak diminati oleh 5,6 juta peserta program Kartu Prakerja. Pelatihan prakerja pertama yang paling diminati adalah pemasaran online. Kemudian, food and beverage, teknologi informasi atau IT, urusan perkantoran, serta yang berkaitan dengan kewirausahaan atau entrepreneurship.

Lantas, mengapa ke-lima pelatihan itu banyak diminati? Bisa saja, bidang-bidang tersebut menjadi pelatihan prakerja yang mudah. Namun, bukan hanya sekadar bidang pelatihan prakerja paling mudah saja, ada banyak faktor. Begini rinciannya:

PENJUALAN DAN PEMASARAN ONLINE

Pandemi COVID-19 berdampak pada pelaku usaha yang terpaksa melakukan PHK dan UMKM yang gulung tikar. Perlu dilakukan inovasi usaha untuk bertahan di masa pandemi.

Salah satunya cara bertahan adalah dengan membuka usaha melalui jejaring Facebook, Instagram, Tiktok yang notabene menjadi  platform media sosial yang paling banyak diakses oleh pengguna internet di Indonesia.

Di atas kertas, pengguna internet di awal tahun 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah itu, sudah tentu akan meningkat seiring berkembangnya internet. 

Untuk itu perlu ada pelatihan sukses menjadi pengusaha online agar korban PHK/ UMKM/calon wirausaha mengetahui dan mempraktikkan bagaimana memperkenalkan dan memasarkan produk yang bisa mencangkup pasar seluas-luasnya.  

FOOD AND BEVERAGE (KULINER)

Banyak orang yang ingin berbisnis kuliner. Hal ini disebabkan makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu, setiap orang pasti membeli makanan untuk mereka makan.

Kebutuhan akan pangan, terutama makanan siap konsumsi sedang terjadi peningkatan. Hal ini dipicu oleh peningkatan kesejahteraan dan kesibukan masyarakat. Masyarakat lebih membutuhkan makanan yang praktis, baik dalam cara pembuatan, penyajian, maupun mengonsumsinya.

Ditambah, bisnis kuliner ada di semua kalangan ekonomi, mulai dari pasar tradisional hingga restoran mewah. Keadaan inilah yang menunjukkan adanya peluang untuk memulai bisnis kuliner dengan modal kecil namun menguntungkan.

TEKNOLOGI INFORMASI

Di era yang serba digital ini, penggunaan internet semakin marak dilakukan, terlebih untuk mendukung efisiensi kerja sebuah perusahaan. Diperkirakan kebutuhan akan internet pun akan terus meningkat. Oleh sebab itu, akan ada lebih banyak industri yang membutuhkan orang-orang yang ahli dalam teknologi informasi.

Dan tidak mengherankan jika dalam bisnis profesional, orang yang ahli teknologi informasi dinilai sangat krusial dan merupakan salah satu faktor utama yang menyokong keberhasilan bisnis tersebut. Hal ini disebabkan karena semua data saat ini telah didigitalisasi.

PENGEMBANGAN DIRI DAN KARIR

Sebuah fakta menunjukkan bahwa tenaga kerja Indonesia masih kurang mendapatkan pelatihan pertama dalam meningkatkan penampilan sehingga tenaga kerja tersebut tidak kompetitif.

Apalagi di perusahaan multinasional, di mana penampilan diri sangat diperhatikan. Tenaga kerja Indonesia sering stagnan karirnya karena tidak menyadari bahwa penampilan diri mereka kurang mumpuni bagi perusahaan berskala global.

https://www.instagram.com/p/CN40_hTMhPU/

Selain itu, hilangnya kesempatan naik ke jenjang karir lebih tinggi hanya diakibatkan oleh penampilan yang tidak terkelola dengan sempurna.

Berkaca dari studi kasus di atas, lemahnya percaya diri tenaga kerja Indonesia dalam berkompetisi dapat diatasi dengan membeli pelatihan penampilan  diri yang bertaraf global.

WIRAUSAHA

Menjadi wirausaha merupakan salah satu pekerjaan yang banyak digandrungi anak muda pada masa sekarang. Berbagai alasan memilih menjadi wirausaha melatarbelakangi mereka yang ingin berkarya ketimbang bekerja untuk orang lain.

https://www.instagram.com/p/COOwjYxjEE8/

Sebab menjadi seorang wirausaha, lebih bebas mengatur waktu, bebas dari rasa bosan, bebas dari perintah, ingin memiliki sumber penghasilan yang besar, mendapat pencairan insentif, hingga leluasa mengatur akan kehidupan masa depan.

Nah, berangkat dari laporan di atas, GeTI berkomitmen menjadi mitra pelatihan yang terbaik bagi siapa saja yang ingin berkecimpung di jenis pelatihan prakerja yang disebutkan di atas ini. Di banyak pilihan pelatihan, GeTI menggandeng instruktur yang andal dan berpengalaman untuk membuat orang-orang lebih berkompeten dan maju.

Lima bidang pelatihan prakerja di atas telah tersedia di kelas kami untuk mendapatkan segala topik pelatihan prakerja. Kamu tinggal pilih paket pelatihan dan gabung di sini. Semoga bermanfaat, ya.

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga

Terkait