CARA JADI YOUTUBER SUKSES UNTUK PEMULA!

https://www.youtube.com/watch?v=y4D-bhz1Zuk&t=67s

Siapa sih sekarang yang enggak pakai YouTube? Semua orang bisa mengakses berbagai jenis video, mulai dari video kreatif, hiburan, edukasi, sampai kontroversi. Tak heran jika platform ini sudah menjadi lahan bagi orang-orang untuk mengekspresikan kreativitasnya serta menjadi sebuah wadah untuk mendulang cuan.

Kalian pasti tahu Atta Halilintar, kan? Yang belakangan juga menjadi sorotan publik ketika pernikahannya disaksikan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Mengutip dari Social Blade, penghasilan Atta dari Youtube setiap bulannya berada di angka US$30.2K – 483.3K (Rp437 juta hingga Rp7 miliar).

Contoh lain, ada juga Youtuber kondang,  Ria Ricis (Ricis Official). YouTuber dengan 25 juta subscriber ini memiliki penghasilan dari Youtube antara US$20.5K-328.6K(Rp297 juta sampai Rp 4.7 miliar)

Melihat data di atas, memang sangat menggiurkan. Namun, perlu digaris bawahi, bahwa menjadi seorang Youtuber bukan sekadar upload video, kemudian datang cuan. Lebih dari itu, di dalamnya ada kesabaran, komitmen, dan kerja keras untuk bisa menjadi Youtuber.

Nah, buat YouTuber pemula dan ingin menjadi Youtuber sukses, kamu bisa lihat langkah terkait cara menjadi YouTuber sukses!

MEMBUAT CHANNEL YOUTUBE

Pertama-tama, kamu harus lebih dulu memiliki akun atau channel Youtube. Caranya, kalian membuat akun Google (Gmail), lalu gunakan akun Gmail tersebut untuk masuk ke platform Youtube. Jangan lupa, gunakan nama YouTube yang beda dan berkesan. Walaupun kamu masih YouTuber pemula, tapi namanya harus keren, ya! Hal ini berguna agar channel-mu mudah diingat.

KONTEN YOUTUBE BERDASARKAN HOBI

Setelah membuat akun YouTube, kalian harus menentukan konten apa yang ingin kalian buat. Menentukan konten ini bisa kalian dapatkan dari hobi kalian. Misalnya, hobi kalian adalah di bidang kuliner, kalian bisa membuat video masak. Dalam videonya kamu bisa memberikan resep yang mudah diikuti oleh subscriber atau bisa juga me-review makanan-minuman.

Saat memikirkan konten untuk YouTube kalian, jangan pernah membuat konten yang biasa saja! Sebagai YouTuber pemula, kalian juga harus buat konten yang menarik!

SKILL EDIT VIDEO

Sebagai YouTuber pemula, kalian juga harus memiliki kemampuan mengedit (editing) video yang baik. Hal ini nantinya akan membuat visual dari konten video kalian semakin bagus dan menarik untuk dilihat. Skill ini berguna untuk membuat kontenmu semakin menarik.

Kalau dirasa belum punya skill editing, kalian bisa menonton tutorial editing video melalui YouTube, baik itu editing video menggunakan laptop maupun smartphone. Tapi saat ini, banyak juga aplikasi yang menyediakan edit video bagi YouTuber pemula.

YOUTUBER PEMULA HARUS BISA PUBLIC SPEAKING!

Menjadi seorang YouTuber haruslah memiliki keahlian berbicara di depan umum, apalagi kalau kamu masih YouTuber pemula. Hal ini akan bermanfaat dalam proses penyampaian pesan dari kamu ke subscriber. kalau belum terbiasa tampil di depan kamera bagaimana, ya?

Nah, kalian bisa berlatih berbicara di depan cermin sambil mengevaluasi kesalahan apa yang kalian lakukan. Misalnya, ekspresinya masih terlihat jutek atau berbicaranya terlalu cepat. Jika kalian terus berlatih dengan metode ini, perlahan, kemampuan public speaking kamu akan semakin terasah.

KOLABORASI!

Istilah ‘collab’ mungkin udah enggak asing di telinga para YouTuber. Sebagai YouTuber pemula, kamu harus punya teman sesama kreator! Aktiflah untuk menyapa dan mengikuti komunitas YouTuber di daerahmu.

Dengan cara ini, kamu bisa mendapat dukungan dari para kreator lain dalam berkarya. Dengan adanya kolaborasi ini tentunya akan menambah exposure subscriber kalian dan video kalian akan lebih banyak ditonton.

JANGAN LUPA PROMO!

Setelah mengunggah video, jangan lupa bagikan ke media sosial kalian, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Dari cara mempromosikan ini, para pengikutmu di media sosial akan menonton video-video dan menambah jumlah subscriber.

Untuk mendulang views yang banyak saat promo, kamu harus memerharikan hal-hal lain seperti penggunaan judul video, tempat saat merekam video, sampai konten! Hal ini yang akan menjadi kunci keberhasilan promomu.

KONSISTEN

Ini penting dan perlu dicatat para YouTuber pemula, menjadi seorang YouTuber sukses itu tidak instan! Kalian harus konsisten untuk mengunggah video-video secara berkala agar akun YouTube-mu bisa berkembang lebih cepat. Kalian bisa memulai dengan mengunggah satu video per-minggunya, selanjutnya kalian bisa mengunggah dua sampai tiga video tiap minggu. Atau bahkan, jika kalian sanggup, kalian bisa mengunggah video setiap hari.

SAATNYA PUNYA PENGHASILAN DARI ADSENSE!

Setelah menjalani poin-poin di atas, sudah saatnya kamu berhak mendapatkan mendapatkan penghasilan dari YouTube melalui iklan. Ya, mendapatkan cuan dari iklan, hanya saja kalau akun YouTube kamu telah memenuhi syarat yang harus memiliki 1.000 subscribers dan memiliki total views 4.000 jam.

Setelah itu, YouTube akan mengulas channel kamu apakah layak dimonetisasi (mendapat iklan) atau tidak. Nah, apakah kamu sudah siap menjadi Youtuber sukses? Jangan lupa untuk mengikuti pelatihan keren dari GeTI mengenai trik menjadi Youtuber di kelas ini.

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga

Terkait