CATAT! ADA 8 KATEGORI ORANG YANG TAK AKAN LULUS KARTU PRAKERJA GELOMBANG 18

Program Kartu Prakerja gelombang 18 akan segera dibuka dalam waktu dekat. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari dalam acara Rilis Hasil Survey Program Kartu Prakerja, Jumat (13/8/2021).

“Jadi, mohon sabar dalam waktu dekat gelombang 18 akan dibuka. Sabar saja,” terang Denni.

Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai anggaran yang disediakan oleh Kementerian Keuangan di semester II. Keputusan itu telah dibuat sejak Januari lalu sebesar Rp10 triliun untuk 2,7 juta penerima.

Dan bagi kamu yang ingin tergabung di program Kartu Prakerja gelombang 18, kamu harus terlebih dahulu membuat akun Prakerja di laman resmi www.prakerja.go.id. Namun perlu digarisbawahi, bahwa sekadar membuat atau memiliki akun Prakerja tidak serta-merta bisa membuatmu lulus Kartu Prakerja gelombang ke-18.

Setidaknya, ada delapan alasan mengapa seseorang tak lulus seleksi program Kartu Prakerja gelombang 18. Untuk menghindari masuk ke dalam kategori tersebut, kamu bisa memahami terlebih dahulu poin-poin di bawah ini sebelum mengikuti  Prakerja gelombang 18. Yuk simak selengkapnya.

Kategori Orang yang Tidak Akan Lolos Kartu Prakerja Gelombang 18

Berikut ini delapan kategori seseorang tidak akan lulus seleksi Kartu Prakerja gelombang 18 ini:

  1. NIK terdaftar di Kementerian Sosial sebagai penerima manfaat bansos. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa cek datanya di dtks.kemensos.go.id.
  2. NIK terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penerima bantuan pendidikan. Kamu bisa mengeceknya sekarang di info.gtk.kemendikbud.go.id.
  3. NIK yang kamu miliki terdaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara, pada jenis dan tingkat apa pun.
  4. NIK kamu terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi upah. Untuk hal ini, kamu bisa cek langsung di https://kemnaker.go.id.
  5. Secara administrasi, kamu memang belum lulus seleksi. Biasanya terjadi karena kuota terpenuhi. Namun tidak menutup kemungkinan di gelombang mendatang mungkin saja kamu lulus dan menjadi penerima manfaat Program Kartu Prakerja.
  6. NIK terdaftar di penerima bantuan presiden produktif UMKM. Ini bisa kamu dicek di laman eform.bri.co.id/bpum atau di situs milik bank BNI.
  7. NIK terdaftar di PT. Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, atau terdaftar sebagai anggota POLRI atau TNI.
  8. Pengisian data kurang lengkap, sehingga secara sistem memang tidak lulus. Pastikan semua data terisi benar dan sesuai, ya, agar proses pelatihan hingga pencairan insentifmu berjalan lancar.

Sebetulnya kriteria di atas telah ditetapkan agar terjadi pemerataan pemberian bantuan, sehingga tidak terjadi penerima ganda dari bansos yang diberikan pemerintah. Tambahan lain, pastikan juga kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Jadi, diharapkan kamu bisa menghindari delapan kategori di atas untuk memperbesar kesempatan lulus ProgramPrakerja gelombang 18. Dengan memenuhi syarat administrasi dan mendaftar saat masih terdapat kuota, kamu bisa akan lebih mudah lulus program bantuan ini.

Apabila nantinya kamu dinyatakan lulus  Prakerja gelombang 18, silakan kamu pilih Lembaga Pelatihan Kerja yang tersedia. Kamu bisa memilih GeTI Incubator untuk mengikuti kelas online sesuai kebutuhanmu, dan tentunya kamu minati.

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga

Terkait