INI DIA CARA JUALAN LARIS MANIS!

Siapa sih yang jualannya enggak mau laris manis di pasaran? Setiap penjual pasti mau dagangannya banyak dibeli oleh konsumen. Namun, kamu udah tahu belum sih cara supaya jualan laris manis?

Kuncinnya, pahami pembeli jika mau jualan laris manis! Memang masih banyak faktor lain yang bisa membuat jualan kamu sukses, tapi faktor yang kadang terlupakan adalah kemampuan untuk menyediakan layanan terbaik kepada pelanggan.

PAHAMI KEBIASAAN PEMBELI

Apa sih maksud dari pahami kebiasaan pembeli? Nah, ternyata sebelum transaksi terjadi sampai pelanggan sudah membeli ada prosesnya loh. Untuk itu, kamu harus paham setiap tahapan-tahapannya.

  1. Dreaming

Dalam tahapan pertama ini pembeli terinspirasi dan membayangkan barang yang akan mereka beli. 

2. Exploring

Tahap ketika pembeli mencari barang yang mereka inginkan seperti di media sosial atau marketplace. Nah dalam ‘exploring’ ini calon pembeli akan mencari kata kunci secara general sampai spesifik loh! Jadi, kamu harus menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produk yang dijual agar mereka menemukan produk kamu. 

Bahkan, calon pembeli membandingkan barang lain antar toko online seperti foto, nama produk, harga, dan rating. Keempat aspek tersebut harus kamu perhatikan ya Getters!

3. Locating

Dalam proses ‘locating’ pembeli memutuskan ingin membeli barang tertentu sehingga mereka mencari informasi yang lebih komplit seperti membaca deskripsi produk, membaca ulasan, dan mungkin mengirim pesan kepada seller. Walaupun kamu merasa sudah memberikan informasi secara rinci di deskripsi, ada beberapa karakteristik pembeli yang lebih senang bertanya ketimbang membaca loh. Jadi, kamu jangan slow respon ya.

4. Experiencing

Ini nih tahapan akhir, ketika pembeli menunggu pengiriman hingga mencoba barangnya. Biasanya sih, pembeli chat seller untuk menanyakan posisi barang yang mereka beli atau melihat halaman transaksi untuk melihat realtime tracking pesanan. Nah, kalau paket sudah diterima, pembeli akan unboxing untuk mengecek produk yang dibeli sesuai dengan ekspetasi dan deskripsi atau tidak. Setelahnya, pembeli akan memberikan feedback dengan memberi rating dan ulasan. Jadi, kamu harus menjual produk yang sesuai dengan deskripsi ya Getters agar pembeli bisa memberikan feedback baik untuk toko online kamu! 

JADI SELLER BERKUALITAS!

Jika memiliki bisnis online ya kamu harus jadi seller yang berkulitas dong! Memang gak mudah sih, tapi hal tersebut merupakan tuntutan agar bisnis kamu sukses dan bisa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan sehingga bisa memahami pembeli. Selain itu, ya agar jualan kamu laris manis! Ini dia beberapa caranya!

  1. ATUR BARANG 

Buatlah kata kunci yang banyak dicari oleh pembeli secara spesifik, menggunakan foto produk menarik, serta menentukan harga yang masuk di pasaran. Apakah ketiganya sudah kamu terapkan? 

2. BUAT DESKRIPSI BARANG SESUAI KEBUTUHAN PEMBELI

Di era digital seperti sekarang, pembeli lebih jeli ketika belanja online loh! Mereka akan membandingkan produk dari berbagai sisi, salah satunya yaitu melalui deskripsi produk. Deskripsi yang lebih lengkap pastinya akan membuat pembeli lebih tertarik, lengkap yang dimaksud yakni sesuai kebutuhan pembeli ya. 

SIAP SIAGA! TIDAK MENUNDA DAN LANGSUNG BALAS CHAT PEMBELI

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, ada beberapa pembeli yang malas untuk baca, mereka cenderung lebih suka bertanya. Jadi, kamu tidak bisa menyamaratakan pembeli ya. Oleh karena itu, kamu harus siap siaga dalam membalas chat ketika calon pembeli bertanya! Jangan menundanya, mengapa? Mereka bisa dengan cepat beralih ke toko lain ketika tidak mendapat jawaban atas pertanyaan yang diajukan. 

Itu dia beberapa tips dan trik agar jualan online kamu laris manis! Masih ada beberapa trik lainnya, mau tau lebih lanjut? Yuk, beli kelas “Pahami Pembeli Bikin Laris Manis”  untuk tau lebih dalam seputar digital marketing skills untuk meningkatkan penjualan kamu! 

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga

Terkait

CARA JADI YOUTUBER SUKSES UNTUK PEMULA!

Siapa sih sekarang yang enggak pakai YouTube? Semua orang bisa mengakses berbagai jenis video, mulai dari video kreatif, hiburan, edukasi, sampai kontroversi. Tak heran jika

Pelatihan

Prakerja

Geti menyediakan materi pelatihan prakerja berkualitas dengan pengajar bersertifikasi nasional. Buat yang siap kerja!