KAMPUNG AGUSTUSAN PRAKERJA: PELATIHAN GRATIS DARI GETI UNTUK PROGRAM PRAKERJA

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia (HUT ke-76 RI), panitia Kartu Prakerja menggelar pelatihan gratis untuk umum. Program ini diberikan tidak hanya bagi para anggota Kartu Prakerja gelombang 18 saja, tetapi bagi yang belum memiliki Kartu Prakerja bisa bergabung.

Ada banyak pelatihan yang bisa kamu ikuti berdasarkan minat. Sementara untuk Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) GeTI Incubator akan memberikan pelatihan Membuat Konten Promosi untuk Profesi Penulis di Era Digital, yang dimulai pukul 13.00 – 14.30 WIB. Pelatihan ini cocok bagi kamu yang ingin meningkatkan daya kreatif penulisanmu untuk melakukan promosi.

Program pelatihan ini digelar tanpa dipungut biaya apa pun alias gratis. Pelatihan gratis ini akan dilaksanakan pada Rabu, 18 Agustus 2021, mulai dari pukul 10.00-16.30 WIB.

Cara Mengikuti Pelatihan

Kamu berminat dan ingin mendaftar program pelatihan gratis ini? Baca syarat-syaratnya di bawah ini:

– Pelatihan terbuka untuk umum.

– Peserta wajib mengisi formulir online di link yang telah disediakan di: bit.ly/daftar18agustus.

– Peserta boleh mengikuti lebih dari satu pelatihan.

– Peserta terpilih akan mendapatkan email konfirmasi dari akun Lembaga Pelatihan.

Tentang Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja melalui bantuan ekonomi, khususnya bagi korban PHK atau yang terkena imbas pandemi covid-19.

Bantuan tersebut berupa subsidi pelatihan nontunai sebesar Rp1 juta yang dapat digunakan untuk mengikuti pelatihan online. Setelah menyelesaikan pelatihan, penerima Kartu Prakerja juga akan memperoleh insentif langsung sebesar Rp600 ribu/bulan selama empat bulan dan Rp150 ribu untuk pengisian survei.

Baru-baru ini juga, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, mengonfirmasi sebanyak Rp6,53 triliun insentif sudah disalurkan pada penerima program Kartu Prakerja pada semester pertama tahun 2021.

Semester I tahun 2021, terdapat 2,7 juta penerima Kartu Prakerja yang tersebar dari gelombang ke-12 hingga ke-17.

“Sebanyak 98 persen penerima sudah menyelesaikan pelatihan serta sebanyak Rp 6,53 triliun insentif sudah disalurkan,” papar Denni di Webinar Kampung Agustusan Program Kartu Prakerja,  Minggu (15/8/2021).

Denni menambahkan, sepanjang tahun 2020 terdapat 66 juta pendaftar Program Kartu Prakerja dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia.

“Dari jumlah tersebut, 5,5 juta ditetapkan sebagai penerima yang tersebar dalam batch pertama hingga batch kesebelas,” katanya.

Denni menegaskan bahwa kesuksesan penerima pelatihan program kartu Prakerja untuk diterima pasar kerja itu tergantung pula pada kemauan dan keinginan anggota untuk memanfaatkan sertifikat yang diterima setelah mengikuti program kartu prakerja.

Ia juga membenarkan jika program Kartu Prakerja bukan hanya bagi mereka yang menganggur, namun juga diperuntukan bagi masyarakat yang sudah bekerja maupun wirausaha yang ingin meningkatkan kompetensi.

Ia mengatakan tantangan di dunia kerja selalu bergerak, dan masyarakat tidak boleh berpuas diri serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Sebagai pengingat, Kartu Prakerja gelombang 18 akan segera dibuka, dan ini persyaratan penerima program bantuan tersebut, yakni:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Ayo ikut pelatihannya dan siap menjadi #GlobalEcommerceExpert.

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga

Terkait