MAU DAPAT KREDIT USAHA RAKYAT PRAKERJA? INI SYARATNYA!

Ada kabar gembira nih bagi kamu alumni kartu prakerja! Pemerintah akan memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) prakerja bagi mereka yang sudah menyelesaikan program pelatihan, tapi ada syaratnya ya Getters! Apa aja sih? 

APA SIH PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT PRAKERJA?

Program KUR apa sih? Jadi, program ini merupakan kredit/pembiayaan modal kerja/investasi kepada dibitur individu melalui badan usaha/kelompok usaha yang produktif dan layak, tapi belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup. Langkah ini diambil untuk memulihkan perekonomian dengan menyediakan skema pembiayaan yang mudah dan murah. Selain itu, guna mengembangkan kewiraushaan di Indonesia.

AJUKAN KREDIT USAHA RAKYAT PRAKERJA KE PEMERINTAH

Ajukan permintaan KUR ke pemerintah terlebih dahulu ya. Pemerintah menyediakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat Super Mikro untuk kamu alumni kartu prakerja. Nah, tenang aja ini beneran kok karena langsung disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin. Jadi, memang fasilitas ini merupakan langkah lanjutan dari pengembangan program kartu prakerja.

TIDAK MEMILIKI PEKERJAAN TETAP DAN TERKENA DAMPAK PHK

Syarat pertama yakni alumni kartu prakerja yang menjadi wirausaha tidak bekerja di pekerjaan lain yang sudah tetap.

Kedua, jika kamu wirausaha yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) di masa pandemi kamu bisa mengajukan program ini! Nah, untuk syarat dan prosedur lainnya memang belum dijelasakan lebih lengkap oleh pemerintah. Namun, ada beberapa syarat umum lainnya. Apa saja?

SYARAT UMUM KUR 

Jadi, jika kamu mau mendapatkan fasilitas ini ada beberapa syarat umum pada program KUR Super Mikro juga loh! 

Pertama, usaha yang dijalankan alumni berskala mikr. 

Kedua, usaha boleh berdurasi singkat,

Ketiga, belum pernah menerima Kredit Usaha Rakyat. 

SUDAH MEMENUHI SYARAT? 

Jika kamu merasa memenuhi syarat-syarat di atas, maka alumni kartu prakerja bisa mengajukan KUR ke bank yang menyediakan layanan KUR.  Pembiayaan yang akan diberikan pun mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 10 juta. Jadi, untuk kamu yang berwirausaha dan membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan usaha yang dirintis jangan lewatkan kesempatan ini ya Getters! 

Sumber: CNN Indonesia

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

2 Responses

  1. Bagaia mana saya mau dapT sertifikat vidio nya aja bapuk gk bsa di putar.padahal sudah liat vidio bab sebelum nya

  2. Kenapa kita harus nonton semua vidio nya biar dapet sertifikat..kalau kita kotanya gak cukup untu nonton semua vidio itu.kita gak dapet sertifikat.sedangkan kita di area pandemi covid-19.kita gak kerja karna terkena dampak covid itu.gimana kita bisa beli kuota lagi untuk nonton vidio itu.sedangkan vidio itu durasinya lama lama banget.cepet ngabisin kuota nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga

Terkait

CARA JADI YOUTUBER SUKSES UNTUK PEMULA!

Siapa sih sekarang yang enggak pakai YouTube? Semua orang bisa mengakses berbagai jenis video, mulai dari video kreatif, hiburan, edukasi, sampai kontroversi. Tak heran jika

Pelatihan

Prakerja

Geti menyediakan materi pelatihan prakerja berkualitas dengan pengajar bersertifikasi nasional. Buat yang siap kerja!