MAU KERJA JADI PENULIS? 4 BIDANG INI BAKAL DICARI SELAMA 2021!

Penulis masih menjadi salah satu bidang profesi yang seksi dan diminati banyak orang. Siapa sih yang enggak mau jadi penulis terkenal? Apalagi di era digital saat ini profesi penulis tak hanya sekadar penulis buku atau penulis skenario film. Ada banyak bidang baru yang bermunculan dari dunia tulis menulis.

Di era digital dan serba cepat ini, untuk menjadi penulis tidaklah mudah. Perlu yang namanya kreatifitas dan juga kepekaan terhadap sekitar. Apalagi karya seorang penulis itu harus benar-benar relate dengan pembacanya. Sehingga kepekaan sosial dan kreatifitas menjadi kunci.

Sebetulnya, bidang baru apa saja sih yang muncul dari dunia tulis menulis di industri serba kreatif ini?

CONTENT WRITER

Berbicara Content Writer, sebagian dari kamu pasti tidak asing dengan penulisan kreatif satu ini. Secara garis besar, Content writer merupakan profesi bidang penulisan yang bertanggung jawab menulis berbagai konten yang informatif atau menghibur.

Content writer biasanya bertanggung jawab menulis konten di media massa, website, atau blog perusahaan untuk meningkatkan engagement mereka pada audience.

Ada beberapa tanggung jawab yang harus dijalankan seorang Content Writer. Tanggung jawab itu adalah, membuat, mengelola, dan mendistribusikan konten. Ada pula melakukan riset, mengenal SEO (Search Engine Optimization), dan memiliki kemampuan editorial.

Selain menulis, seorang Content Writer juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan agar website, gambar, tulisan yang dibuatnya selaras dan berkaitan. Dengan kata lain, dalam kadar tertentu, sang Content Writer juga bertanggung jawab atas traffic sebuah website.

Dan seiring pesatnya perkembangan teknologi di dunia saat ini, Content Writer semakin digandrungi untuk mengisi kanal-kanal yang disebutkan di atas tadi. Sementara itu, banyak perusahaan menaruh minat dan sangat masif merekrut Content Writer demi kemajuan perusahaan itu sendiri.

Untuk mengenali dan melihat seberapa besar tanggung jawab dan skill apa saja yang dibutuhkan oleh content writer, kamu bisa baca di sini, ya! Seorang Content Writer juga dikenal dengan orang yang gemar membuat konten dengan langkah menulis kreatif.

COPYWRITER

Copywriter adalah profesi menulis teks yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau memasarkan produk maupun jasa yang ada dari klien/perusahaan di tempat seseorang bekerja.

Saat ini, Copywriter paling banyak dibutuhkan dan dicari oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualannya dengan memasarkan produk lewat iklan tertulis.

Maka tugas utama seorang Copywriter ialah harus mampu mempermainkan kata-kata untuk menarik konsumen agar tertarik membeli produk atau jasa yang dipromosikan sebuah perusahaan. Mereka turut bertanggung jawab akan citra perusahaan.

Tanggung jawab utama seorang Copywriter biasanya yakni, menyajikan konten iklan yang kreatif, harus cermat melakukan pengamatan, mengedepankan asas fleksibel, serta kemampuan memahami segala platform sosial media dan penggunaannya.

Kamu bisa bayangkan kan bagaimana uniknya pekerjaan Copywriter ini? Mereka bisa menjual barang hanya dengan karya sastra! Untuk menjadi Copywriter, kamu tidak harus bekerja untuk orang lain. Kamu juga bisa menjadi Copywriter untuk perusahaan atas namamu sendiri.

SCREENWRITER

Screenwiter adalah peluang kerja baru dan sangat cocok bagi kamu yang tertarik dalam bidang perfilman. Tentu saja seorang Screenwriter memiliki tanggung jawab dalam menulis naskah tersebut. Tentu saja industri kreatif benar-benar sangat membutuhkan jenis penulisan ini.

Screenwriter dapat membuat materi cerita asli, menulis naskah berdasarkan kejadian aktual dan faktual, ataupun mengadaptasi karya yang sudah ada seperti buku.

Posisi karir sebagai seorang penulis skenario ini masih terbuka sangat lebar di Indonesia. Sebab, kebutuhan akan penulis skenario terus meningkat. Apalagi seiring dengan menjamurnya stasiun televisi, radio, dan indsutri hiburan di platform lain.

Eits, tapi kamu juga harus bersiap untuk menghadapi kritik untuk memperbaiki hasil revisi, ya. Sementara untuk gaji, sangat menggiurkan. Hanya saja Screenwriter biasanya dibayar tergantung proyek yang dikerjakan.

Sebagai contoh, di Amerika Serikat, seorang Screenwriter dapat memiliki penghasilan sekitar US$200.000 (Rp2.7 Miliar untuk durasi film 2-3 jam.

GHOSTWRITER

Ghostwriter atau penulis bayangan termasuk kategori pekerjaan penulis profesional. Sebab di tahap ini butuh integritas yang tinggi, dan sang penulis harus mampu menjaga profesionalitas hubungan dengan klien. Kini, ghostwriter salah satu profesi penulisan yang saat ini banyak ditekuni banyak orang.

Berbeda dengan Content Writer, Copywriter, serta Screenwriter. Ghostwriter biasanya memiliki beberapa klien pribadi untuk membantu penulisan berbagai proyek. Misalnya penulisan buku, atau seseorang yang sedang membutuhkan bantuan penulisan apa saja tanpa mencantumkan nama penulisnya (ghostwriter) itu sendiri.

Bentuk tulisan dari Ghostwriter juga ditentukan atau sesuai permintaan klien.

Biasanya yang memakai jasa Ghostwriter adalah perusahaan yang masih berkembang. Salah satu alasan yang biasanya digunakan perusahaan mencari Ghostwriter karena perusahaan tersebut belum bisa menulis materi itu sendiri. Bahkan banyak dari mereka yang belum memiliki kemampuan mumpuni untuk menulis.

Jika kamu salah satu yang sering menjadi Ghostwriter, tentu saja hal tersebut dapat terus kamu tekuni dan kembangkan. Selain mendapatkan pengalaman dan pelajaran, fee Ghostwriter biasanya juga cukup besar. Menarik, bukan?

Serunya lagi, ketika seorang Ghostwriter telah memiliki ide, tapi terkendala eksekusi maka mereka bisa punya co writer yang siap membantu!

Nah, itulah beberapa prospek kerja di bidang penulisan yang paling banyak dibutuhkan tahun 2021. Dan jika kamu Ingin mengasah skill penulisan kreatifmu, kamu bisa segera bergabung di kelas pelatihan GeTI ini.

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga

Terkait