SEBERAPA PENTING CV UNTUK MELAMAR PEKERJAAN?

Bagi kamu yang fresh graduate dan pencari kerja, apakah sudah membuat curriculum vitae (CV) untuk melamar kerja? Selain skill, persiapan berkas dan dokumen sangat krusial ketika kamu melamar sebuah pekerjaan.

Selain CV lamaran kerja, kamu juga harus menyiapkan berkas portofolio dan sertifikat sebagai penunjang berkas. Hal inilah yang akan menentukan lulus atau tidaknya kamu dalam proses lamaran kerja.

CV lamaran kerja tidak hanya memuat informasi dan kualifikasi diri pelamar, tapi juga harus menonjolkan kelebihan yang ada pada dirimu dan apa-apa yang membuat perusahaan harus menerimamu dari sekian banyak pelamar lain.

Dulu, CV lamaran kerja biasanya dicetak dengan kertas berkualitas bagus, sampul yang menarik, dan dikirim dikirim lewat pos sampai ke meja HRD. Tapi di zaman digital, CV lamaran kerja dikirim lewat email, atau bahkan terkadang hanya mengisi formulir online untuk basic screening.

Ya, ini yang terkadang dilupakan pelamar kerja. Mereka cenderung membuat dan mengirim CV yang sama ke berbagai jenis perusahaan (atau posisi pekerjaan) untuk efisiensi, padahal CV yang ‘standing out’, berbeda, dan spesifik, itulah yang dicari.

Di internet, sudah ada banyak cara membuat CV lamaran kerja yang menarik. Bahkan contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar juga tersedia. Tidak hanya baik dan benar, ada banyak pula contoh CV lamaran kerja menarik di internet.

Tapi memang, perlu ada mentor atau instruktur khusus untuk menilai CV lamaran pekerjaan itu layak atau tidak.

Karena itu CV lamaran kerja yang menarik haruslah disesuaikan dengan perusahaan yang akan dilamar, lebih spesifik lagi, posisi yang diinginkan.

Dari sederet cerita di atas, di bawah ini akan dijelaskan mengapa CV sangat penting bagi kamu yang akan melamar kerja.

https://www.instagram.com/p/CM7F1j6jo06/

MENENTUKAN KESAN PERTAMA

Sebelum perekrut memanggilmu untuk wawancara kerja, mereka akan lebih dulu melihat CV lamaran kerjamu. Nah dari CV itulah perekrut akan berusaha untuk melihat kepribadianmu dari lembaran kertas yang menuliskan riwayat hidupmu.

Melalui CV lamaran kerja yang dikirimkan, secara tidak langsung perekrut akan melihat kesan pertamamu di sana. Bisa ditinjau dari deskripsi, desain CV, dan lain hal yang berkaitan.

MENUNJUKAN PROFESIONALITAS

Saat masuk ke dunia kerja tentu kamu sudah harus siap bersikap professional. Oleh karena itu, tunjukan profesionalitasmu sejak awal melalui daftar riwayat hidup yang kamu buat.

Kamu juga bisa lebih dulu melihat contoh CV lamaran kerja sebelum membuatnya sebagai referensi. Untuk awal-awal, kamu cari saja contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar.

UNTUK MENARIK PERHATIAN

Harus dipastikan bahwa kamu menulis curriculum vitae yang dapat membuat perekrut tertarik untuk membaca CV pertama kali dibandingkan dengan CV kepunyaan orang lain. Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah, mendesain CV dengan menarik, beda, namun tetap terlihat profesional.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk melampirkan surat lamaran kerja. Kenapa? Supaya pihak HRD biasanya butuh pengantar sebelum menengok CV lamaran pekerjaanmu. Surat lamaran kerja biasanya lebih singkat yang memberikan maksud dan tujuan, informasi pribadi singkat, alamat email, dan akun sosial media.

MENJELASKAN DIRIMU SECARA SINGKAT

Dalam curriculum vitae, kamu tentu menuliskan data dirimu dan juga prestasi serta pengalaman apa saja yang telah kamu kerjakan. Namun jangan sampai kamu terlalu bertele-tele menuliskannya. Tulislah semua itu dengan singkat, padat, lugas, dan rapi.

Dalam penjelasan diri, satu hal penting yang harus ada di CV lamaran pekerjaan adalah riwayat pendidikan. Pastikan kamu menulis riwayat pendidikan tidak dimulai dari TK. Biasanya, riwayat pendidikan ditulis dari SD. Bahkan, ditulis sejak SMA juga tidak menjadi masalah.

Kamu bisa menjelaskan profil dirimu dengan menggunakan bahasa Inggris agar dinotifikasi oleh perekrut. Tapi pastikan bahwa kamu memang betul-betul paham bahasa Inggris.

MENONJOLKAN BAKAT DAN KEMAMPUAN

Setiap orang tentu mempunyai kelebihan dan kelemahan. Maka tulislah kemampuanmu dengan jujur dan tidak terlalu berlebihan. Untuk tidak disarankan menuliskan kelemahanmu supaya kelebihanmu lebih terlihat.

Oh, ya, CV lamaran pekerjaan yang keren bisa membuatmu menemukan pekerjaan yang keren juga. Jangan sampai karena daftar riwayat hidupmu kurang mumpuni, kamu jadi cenderung sulit mendapatkan pekerjaan impian.

Ada kata-kata yang berkesan begini, “CV yang bagus saja memang tidak menjamin kita mendapatkan pekerjaan. Tapi CV yang tidak bagus bisa saja mengakibatkan kita kehilangan kesempatan untuk maju ke tahap berikutnya.”

Sementara itu, kamu bisa belajar membuat CV keren dan lolos untuk mengikut tahapinterview. Dan GeTI telah menyediakan pelatihan khusus Teknik Membuat CV Keren.

Nantinya kalian akan diajar oleh seorang entrepreneur sekaligus praktisi manajemen yang telah berpengalaman dan andal, yakni Bayu Astha. Pengetahuan Bayu dalam bidang bisnis tidak usah diragukan lagi. Ia sudah banyak merintis bisnis dan sukses, salah satunya What’s Up Café.

Metode ajar yang digunakan dalam kelas membuat CV lamaran kerja keren adalah Self-Paced Learning, pelatihan menggunakan learning management system online.geti.id dan tersedianya live session melalui kelas interaktif menggunakan aplikasi zoom, serta tersedianya group chat di aplikasi telegram untuk interaksi antara peserta dan instruktur.

Atas perhatiannya, semoga bermanfaat, ya, Getters.

Bagikan:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga

Terkait