TESTIMONI JUALAN ITU PENTING! INI FUNGSINYA!

Kalau kamu belanja online apa sih yang kamu liat terlebih dahulu? Barang yang dijual atau “Swipe…Swipe…Swipe…” karena melihat testimoni toko dan rating yang kurang bagus?

TESTIMONI DAN RATING MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELI

Selain didukung oleh konten menarik, deskripsi yang jelas, dan banyaknya produk yang sudah terjual, testimoni netizen serta rating menjadi salah pertimbangan buyer aktif dalam membeli barang di e-commerce dan menjadi indikator untuk melihat popularitas suatu produk.

Komponen tersebut gak bisa kamu abaikan loh sebagai penjual. Justru bisa menjadi alat untuk kamu yang baru mau merintis sebagai seller digital atau bahkan sudah lama berjualan di e-commerce.

TESTIMONI BISA MENJADI ALAT PEMASARAN

Testimoni bisa jadi alat ampuh untuk menjangkau pelanggan lainnya karena kamu tidak perlu menjelaskan lagi tentang kepuasan pelanggan terhadap barang yang kamu jual. Pemasaran langsung terjadi begitu saja, tapi hal itu tentu harus diiringi dengan kualitas dan pelayanan yang baik agar konsumen bisa memberikan komentar positif terkait barang dagangan kamu.

RATING BERPERAN UNTUK MELIHAT SKALA KEPUASAN PELANGGAN

Setelah testimoni, selanjutnya adalah rating. Rating sih termasuk ke dalam review, tetapi bedanya yaitu menggunakan simbol bintang sebagai skala dalam menyampaikan kepuasan mereka terhadap barang yang dipesan. Contohnya e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak menggunakan skala kepuasan dengan simbol bintang dari satu sampai lima. Semakin tinggi angka yang dipilih semakin tinggu pula kepuasan buyer terhadap produk yang dijual.

POSISIKAN DIRI KAMU SEBAGAI PEMBELI!

Sebagai seller kamu harus memposisikan diri sebagai pembeli! Loh gimana? Kan saya yang jualan kenapa harus seolah-olah jadi pembeli? Gini loh, coba deh kamu memposisikan diri kamu ketika membeli sebuah produk. Pastinya kamu mau produk yang kamu peroleh sesuai dengan kriteria kamu, nah makanya sebagai seller kamu pun harus menjual barang sesuai dengan deskripsi dan foto yang kamu unggah di e-commerce.

BERIKAN PELAYANAN TERBAIK!

Perlakukan pelanggan dengan baik! Customer memegang peranan penting dalam keberlangsungan usaha kamu ya Getters. Kamu harus ramah terhadap pembeli, terkadang calon pembeli bertanya mengenai kondisi barang yang jelas sudah ada di deskripsi barang entah seputar ukuran, berat, warna, atau apa pun itu, jangan dibalas dengan singkat dan jutek ya.

Mereka bertanya untuk meyakinkan diri berbelanja di toko kalian loh. Ingat, dalam e-commerce kamu bersaing dengan toko lain. Pastikan kamu menjawab pertanyaan calon buyer dengan jelas dan ramah.

TANAMKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB

Mungkin secara gak sadar kamu menjual barang dengan kondisi yang kurang bagus. Nah, kamu harus bertanggung jawab dengan mengikuti arahan dari e-commerce tempat kamu berjualan, tentunya dengan tetap memerhatikan secara detail keluhan konsumen. Memperlakukan pelanggan dengan baik merupakan sebuah kewajiban sebagai seller agar mereka mau membeli lagi atau bahkan merekomendasikan toko kalian ke orang lain. Pastinya, toko kamu akan mendapat penilaian positif dari mereka.    

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga

Terkait

MAU JADI CUSTOMER SERVICE HANDAL? INI CARANYA!

Setiap hari perkembangan usaha di era digital kian sengit. Setiap perusahaan berusaha memberikan layanan terbaik serta berkualitas kepada pelanggannya. Untuk meningkatkan pelayanan, perusahaan pun membutuhkan

SELF GROOMING ITU PENTING! INI ALASANNYA!

Penampilan diri (Self Grooming) itu penting banget buat jadi sarana untuk acuan gaya hidup sekaligus memengaruhi kepercayaan diri. Merawat diri merupakan salah satu investasi penting

Butuh bantuan? Kami siap bantu