Konten di Era Digital: Raup Cuan dan Maksimalkan Keuntungannya!

Ilustrasi Konten di Era Digital

Ilustrasi Konten di Era Digital

Di tengah pertumbuhan teknologi dan internet yang cepat, era digital menawarkan peluang baru bagi siapa saja yang ingin menghasilkan uang dengan membuat konten. Pasalnya, konten di era digital memang nyata adanya bisa memberikan kita penghasilan tambahan.

Untuk diketahui, hingga kini ada beberapa cara atau metode yang bisa kita lakukan untuk meraih kesuksesan dalam monetisasi konten.

Berkaitan dengan itu, Getters, artikel ini akan menyampaikan tips yang bisa membuat kamu menghasilkan uang dari berkreasi di dunia digital.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita eksplor artikel ini!

Konten di Era Digital

Getters, sebelum kita membahas cara menghasilkan uang dari konten, ada baiknya kita cari tahu dulu hal-hal yang terkait dengan konten. Nah, jika merujuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konten diartikan sebagai suatu informasi yang tersedia di media atau produk elektronik.

Hal lain yang perlu kamu tahu adalah konten dapat berperan juga dalam pemasaran digital. Hal tersebut karena konten yang menarik dan relevan bisa mendorong audiens untuk melakukan aksi dalam konteks membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Informasi lainnya, Getters, adalah perkiraan pendapatan seorang content creator. Terkait ini, dilansir dari ganknow.com, gaji content creator pemula mulai dari Rp100 ribu sampai Rp1,5 juta.

Adapun pendapatan berbeda-beda karena semua tergantung dari jenis sumber penghasilan, kualitas konten, dan produktivitas.

Namun, pendapatan lebih dari nominal tersebut sangat bisa kamu dapatkan. Pasalnya, ini tergantung pada skill dan pengalaman.

Oleh karena itu, semakin kamu punya keterampilan dan pengalaman, maka potensi penghasilan kamu lebih tinggi lebih terbuka lebar.

Jenis Konten

Nah, setelah mengetahui hal-hal yang terkait dengan konten, sekarang kita cari tahu, yuk, empat jenis konten yang bisa memberikan keuntungan bagi kamu.

Infografis

Infografis adalah konten yang isinya terdiri dari kumpulan informasi. Dalam penerapannya, infografis kerap disajikan dalam satu halaman dengan ciri khas, seperti kalimat singkat dan memaksimalkan visual.

Berbicara pada fungsi atau tujuan, konten infografis dibuat dengan maksud memberikan edukasi atau data kepada audiens, tapi disajikan secara padat. Maka itu, agar lebih menarik konten infografis kerap memaksimalkan visual dengan menambahkan gambar, simbol, diagram, tabel, dan sejenisnya.

Foto

Konten foto juga menarik dan potensial untuk mendatangkan keuntungan. Dalam beberapa kasus, foto bahkan bisa dijual, sehingga pendapatan yang bisa Getters raih bukan hanya dari konten, tapi juga hasil penjualan foto.

Namun, kamu juga perlu belajar teknik fotografi. Hal ini diperlukan agar kualitas foto kamu lebih bagus lagi.

Artikel

Getters, artikel adalah jenis konten berikutnya yang bisa memberikan keuntungan pada kamu. Dengan menulis, kamu berpeluang mendapatkan penghasilan, baik dari monetisasi maupun bekerja sebagai content writer.

Di era saat ini, artikel juga makin dibutuhkan karena bisa digunakan sebagai media promosi, baik produk maupun jasa.

Video

Konten video masih sangat populer saat ini. Dalam pembuatannya, ada tiga komponen sekaligus, yaitu: audio, visual, dan teks. Hal itulah yang bisa membuat konten video kamu semakin menarik dan tentu saja dapat meningkatkan brand awareness dan konversi penjualan.

Sementara itu, ketika mau publikasi, kamu dapat mengandalkan berbagai platform, seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Strategi Hasilkan Uang dari Konten di Era Digital

Getters, setelah kita tahu apa itu konten dan jenis-jenisnya, sekarang saatnya kita belajar tentang strategi yang tepat untuk monetisasi konten. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak biar makin cuan di era digital!

Pilih Platform yang Tepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah pilih platform yang sesuai dengan minat dan keterampilan kamu. Saat ini, ada banyak pilihan yang tersedia, seperti blog pribadi, YouTube, Instagram, TikTok, podcast, dan lainnya.

Tetap Konsisten dengan Konten

Getters, rahasia untuk menghasilkan uang dari konten di era digital adalah konsistensi. Oleh karena itu, buat jadwal posting yang teratur, ya!

Jadwal yang dimaksud tidak hanya untuk upload konten semata. Akan tetapi, kamu juga bisa buat jadwal terkait mencari ide, eksekusi, sampai pengecekan akhir setelah produksi.

Ketahui Target Audiens Target

Sangat penting untuk kamu mengetahui siapa target audiensnya. Sebab, hal ini akan memengaruhi bagaimana kamu berkreasi di era digital. Misal, jika target penonton kamu adalah remaja, maka konten yang kamu buat bisa seputar kehidupan remaja.

Nah, kalau kamu ingin lebih spesifik, setelah menentukan target audiens, kamu bisa melakukan riset terkait pola perilaku, masalah yang sering dihadapi, sampai kebutuhan target audiens kamu.

Dengan begitu, konten yang kamu hasilkan nanti bisa lebih relate dengan audiens kamu. Andai begini, maka peluang kamu dapat cuan dari konten bisa makin terbuka lebar.

Promosikan Konten di Banyak Saluran

Getters, salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang dari konten adalah dengan aktif mempromosikannya di berbagai saluran. Tapi, gimana sih caranya? Nah, buat kamu yang bingung, yuk lanjutin bacanya!

Pertama, kalau kamu mau mengandalkan Instagram dan TikTok, maka kamu bisa memaksimalkan peran hashtag dari setiap konten yang kamu posting. Untuk Getters yang belum tahu, hashtag ini berfungsi agar konten kamu bisa lebih banyak dilihat orang pengguna platform.

Adapun dalam penggunaan hashtag, kamu bisa mencari tahu trend yang sedang berlangsung. Dengan begini, potensi konten kamu dilihat banyak orang jadi makin besar.

Kedua, jika kamu mau buat konten kampanye di Facebook, maka bisa menggunakan Facebook Ads Manager. Kalau kamu mau tahu kinerja konten, maka bisa memanfaatkan fitur Facebook Insights.

Memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization)

Dalam membuat konten, Getters juga perlu memaksimalkan teknik SEO. Soalnya, ini bisa membantu konten kamu untuk dibaca mesin pencarian, seperti Google. Sederhananya, semakin SEO konten kamu baik, maka peluang dilihat audiens makin besar. Apabila begini, peluang kamu dapat cuan juga tinggi.

Kenapa bisa begitu? Sebab menerapkan strategi SEO bisa membuat traffic konten kamu semakin baik. Maka itu, potensi pendapat bisa meninggi.

Berkolaborasi dan Jaringan                

Strategi terakhir, Getters jangan ragu untuk berkolaborasi dengan komunitas atau influencer. Bekerja sama dapat membantu dan memungkinkan konten kamu tumbuh lebih jauh. 

Nah, Getters, itulah penjelasan ringkas yang bisa kamu ketahui tentang konten di era digital dan bagaimana strategi agar dapat cuan-nya. Dengan apa yang sudah disampaikan, semoga kamu bisa meraih keuntungan yang signifikan dari konten di era digital ini. Tapi, kalau kamu butuh referensi lain, bisa banget klik di sini!

4 Informasi Penting tentang Bisnis Digital

Ilustrasi Bisnis Digital

Ilustrasi Bisnis Digital

Di era saat ini, bisnis digital menjadi bagian penting yang sangat memengaruhi ekonomi global. Adapun dalam praktiknya, bisnis digital seringkali memanfaatkan data untuk mengoptimalkan operasi dan strategi pemasarannya. 

Lalu, apa itu bisnis digital?

Bisnis Digital 

Adalah bisnis yang dalam penerapannya menggunakan teknologi atau segala bentuk digitalisasi dalam menjalankan operasinya. Hal tersebut tentunya sangat menarik dan cocok digunakan oleh kita di era ini karena kebermanfaatan dan fleksibilitasnya.

Di sisi lain, jangkauannya juga luas. Misalnya, mencangkup penjualan produk atau layanan secara online, seperti toko online, aplikasi mobile atau lebih akrab disebut platform e-commerce

Selain itu, bisnis digital juga berperan dalam pemasaran, seperti perusahaan yang menggunakan media sosial, situs, dan beragam iklan online. Dalam konteks pemasaran, ada pula affiliate marketing yang berguna untuk mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan kepada masyarakat.

Model Bisnis Digital

Nah, Getters, setelah kita mengetahui pengetahuan dasar tentang bisnis digital, sekarang kita kenalan yuk sama model-modelnya. 

Di kesempatan ini, kita bakal mengetahui 7 model bisnis digital. Lantas, apa saja sih modelnya? Simak penjelasan di bawah ini!

  1. E-commerce

Menjual produk atau layanan secara online melalui platform, seperti Amazon, Tokopedia, TikTok Shop, atau Shopee. 

  1. Freemium

Menawarkan layanan dasar secara gratis, tetapi mengenakan biaya untuk fitur tambahan atau premium, seperti yang dilakukan oleh Spotify.

  1. Subscription

Menghasilkan pendapatan melalui langganan berulang, seperti Netflix atau Adobe Creative Cloud.

  1. Marketplace

Menghubungkan penjual dan pembeli di platform yang sama, seperti eBay atau Airbnb.

  1. Advertising

Menyediakan konten gratis kepada pengguna dan menghasilkan pendapatan dari iklan, seperti Google dan Facebook.

  1. Affiliate Marketing

Mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan, seperti yang dilakukan oleh banyak blogger dan influencer.

  1. On-Demand Services

Menyediakan layanan sesuai permintaan, seperti Grab atau Gojek.

Strategi Pemasaran Digital

Dalam dunia bisnis, kita juga mengetahui ada yang namanya strategi pemasaran. Berbeda dengan pemasaran konvensional, strategi di bisnis digital lebih spesifik. Antara lain:

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs website di hasil pencarian mesin telusur, seperti Google.

  1. Pemasaran Media Sosial

Fungsinya untuk membangun branding merek dan berinteraksi dengan audiens melalui platform media sosial.

  1. Iklan Berbayar

Berfungsi agar lalu lintas situs periklanan meningkat dan jangkauannya meluas, sehingga membuka semakin banyak audiens yang bisa dijangkau.

  1. Pemasaran Konten

Tujuannya untuk menarik dan mempertahankan audiens dengan menyediakan konten yang bermanfaat dan relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Email Marketing

Dibutuhkan agar komunikasi dengan pelanggan bisa terjaga, sehingga dapat mendongkrak kualitas pengalaman pelanggan.

  1. Influencer Marketing

Tujuan memanfaatkan pengaruh individu populer di media sosial adalah supaya mempromosikan produk atau layanan yang Getters tawarkan. Dengan begini, potensi produk atau layanan yang terjual lebih banyak.

  1. Affiliate Marketing

Fungsi strategi ini tidak lain untuk meningkatkan penjualan atau konversi melalui mitra afiliasi yang mempromosikan produk atau layanan yang kita jual.

  1. Pemasaran Melalui Video

Menggunakan video untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan merek.

Teknologi dan Inovasi Bisnis Digital

Hal lain yang perlu Getters ketahui dari bisnis digital adalah teknologi dan inovasi yang bisa kita manfaatkan. Nah, teknologi dan informasi yang dimaksud:

  1. Kecerdasan Buatan (AI)

AI adalah perangkat yang bisa melakukan beberapa tugas untuk membantu kita sebagai manusia. Tugas yang dimaksud termasuk dalam bidang bisnis, seperti meminta bantuan membuat caption untuk pemasaran atau mencarikan ide konten pemasaran. 

Lebih spesifik, dalam bisnis digital AI berperan dalam:

  • Personalisasi

AI dapat membantu dalam konteks menyarankan produk atau konten yang relevan berdasarkan perilaku pengguna.

  • Automasi

Mengotomatiskan tugas-tugas rutin yang biasa Getters lakukan, seperti layanan pelanggan dengan chatbots atau asisten virtual.

  • Analisis

Membantu kita dalam menganalisis data untuk mendapatkan wawasan yang bisa meningkatkan strategi bisnis dan operasional.

  1. Pembelajaran Mesin (Machine Learning)

Machine learning adalah cabang dari AI yang melibatkan pengembangan algoritma dan model yang memungkinkan sistem belajar dari data dan memperbaiki kinerjanya seiring waktu tanpa diprogram secara eksplisit.

Di bisnis digital, Getters, machine learning berperan untuk:

  • Prediksi

Menggunakan algoritma untuk memprediksi tren pasar, perilaku pelanggan, atau hasil bisnis.

  • Segmentasi Pelanggan

Mengidentifikasi kelompok pelanggan yang berbeda untuk strategi pemasaran yang lebih efektif.

  • Peningkatan Produk

Mengadaptasi dan menyempurnakan produk atau layanan berdasarkan umpan balik dan data pengguna.

  1. Keamanan Digital

Keamanan digital melibatkan perlindungan sistem komputer dan data dari ancaman, misalnya peretasan, malware, dan pencurian data. Adapun keamanan digital dalam bisnis berguna untuk:

  • Perlindungan Data

Menerapkan enkripsi, firewall, dan kontrol akses untuk melindungi data sensitif pelanggan dan perusahaan.

  • Pemantauan dan Respons

Menggunakan teknologi untuk memantau ancaman secara real-time dan merespons insiden keamanan secara cepat.

  • Kepatuhan dan Regulasi

Memastikan praktik keamanan mematuhi regulasi yang berlaku untuk menghindari hukuman dan jatuhnya reputasi.

Demikian Getters, penjelasan tentang bisnis digital. Semoga informasi yang ada di artikel ini bisa menambah pengetahuanmu.

Namun, kalau kamu masih tertarik mendalami bisnis digital, bisa banget ikut kelas marketplace. Nah, untuk informasi selengkapnya kamu bisa cek di sini!

Laporan Pajak dan 7 Hal yang Terkait denganya 

Ilustrasi Laporan Pajak

Ilustrasi Laporan Pajak

Pajak bukan hal baru. Dalam peradaban manusia, hal serupa itu pun sudah pernah terjadi, bahkan jauh sebelum organisasi modern yang disebut negara muncul. Laporan pajak juga demikian. Sudah sejak lama digunakan, meski dalam nama yang berbeda-beda.

Di Indonesia, misalnya, pajak sudah ada sejak zaman kerajaan. Kala itu, masyarakat lebih akrab mengenalnya sebagai upeti. 

Bersumber dari Pajak.go.id, upeti merupakan pungutan yang diberikan kepada raja sebagai persembahan. Mereka yang memberikan pajak pun menerima manfaat berupa jaminan dan ketertiban dari raja. 

Memasuki era berikutnya saat Indonesia dijajah, kala itu pun ada pajak. Contoh pembayaran atau laporan pajak yang pernah ada adalah pajak rumah dan pajak usaha.  

Nah, Getters, dari penjelasan ringkas itu, sebetulnya apa sih itu pajak? 

Pengertian Pajak 

Masih bersumber dari Pajak.go.id, dari Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP), kita dapat mengetahui pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh pribadi atau badan. 

Pajak ini, Getters, sifatnya memaksa berdasarkan undang-undang dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat. 

Dari penjelasan tersebut, kita bisa tahu kalau bayar pajak adalah kewajiban. Wajib pajak yang membayarnya pun dikatakan tidak akan merasakan manfaatnya secara langsung. 

Akan tetapi, manfaat pajak dirasakan secara tidak langsung. Hal ini bisa dalam bentuk program-program yang dijalankan pemerintah untuk masyarakat. 

Dalam konteks kenegaraan, Getters, sejatinya pajak memang penting. Dengan membayar pajak, sama saja kita bergotong royong yang tujuannya untuk pembangunan dan kemakmuran kita sebagai warga negara. 

Selain untuk pembangunan, sebetulnya pajak punya banyak fungsi, Antara lain: 

Anggaran 

Pajak sejatinya salah satu pendapatan utama negara. Dengan adanya pajak, negara bisa membiayai kebutuhan-kebutuhannya, seperti pembangunan, belanja pegawai, pemeliharaan, belanja barang, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, Getters, pajak berfungsi sebagai anggaran. Sebab, tanpa adanya anggaran, semua program tersebut akan amat sulit dilakukan dan masyarakat juga yang akhirnya dirugikan. 

Stabilitas 

Stabilitas yang dimaksud dalam hal ini berkaitan dengan kebijakan yang berhubungan dengan harga. Dengan demikian, inflasi bisa terjaga atau terkendali.

Namun, hal tersebut perlu dilakukan dengan berbagai instrumen, salah satunya adalah pemungutan pajak. Maka itu, salah satu fungsi pajak adalah sebagai stabilitas. 

Redistribusi Pendapatan 

Kenapa pajak bisa berfungsi sebagai redistribusi pendapatan? Jawabannya karena dengan pajak negara dapat membiayai program-programnya yang bertujuan untuk kepentingan umum. 

Salah satu program yang dimaksud adalah pembangunan yang berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan. Nah, bila begini, Getters, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan warga. Oleh sebab itu, pajak berfungsi sebagai redistribusi pendapatan. 

Mengatur 

Getters, yang dimaksud mengatur dalam hal ini masih terkait dengan pertumbuhan ekonomi. Caranya adalah dengan kebijaksanaan pajak. 

Melalui fungsi tersebut, pajak dapat berguna sebagai alat demi mencapai tujuan. Misalnya, untuk menarik investor, diberikan fasilitas keringanan pajak. 

Contoh lain, pemerintah pun dapat mengatur bea masuk untuk produk dari luar negeri. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan melindungi produksi dalam negeri. 

Sistem Pajak Indonesia

Untuk diketahui, Getters, sistem pajak yang berlaku di Indonesia adalah Self Assessment. Sistem tersebut sejatinya menggantikan cara kolonial yang menerapkan Official Assessment

Dengan sistem yang berlaku, maka wajib pajak diberikan kepercayaan untuk menghitung, memperhitungkan, membayar, dan melaporkan pajaknya sendiri.  

Cara Bikin Laporan Pajak 

Setelah mengetahui sedikit penjelasan tentang pajak, terus gimana sih cara membuat laporan pajak? 

Di Indonesia, laporan pajak sebetulnya bisa dilakukan secara online. Caranya, dengan mengunjungi laman djponline.pajak.go.id. Dalam hal ini, wajib pajak perlu menggunakan fitur e-Filing. 

Sebelum mengakses fitur tersebut, wajib pajak perlu punya akun terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu perlu memiliki Electronic Filing Identification Number (EFIN). 

Bagi Getters yang belum memilikinya, maka bisa membuat EFIN dengan langsung mendatangi kantor pajak. Jika mau mendapatkan secara online, kamu perlu mengirimkan permohonan pembuatan ke email kantor pajak terdekat. 

Apabila sudah bisa mengakses, Getters bisa langsung melaporkan pajaknya. Nantinya, kamu akan diarahkan langsung untuk mengisi yang perlu diisi. 

Jika kamu masih kesulitan atau tidak memahami istilah yang ada dalam form, maka ada baiknya konsultasi langsung dengan petugas pajak di kantor pajak atau menelepon layanan kantor pajak. 

Di sisi lain, apabila kamu memiliki usaha, maka sebelum melaporkan pajaknya, kamu perlu belajar juga bagaimana cara pembuatannya. 

Dalam konteks ini, biasanya kamu perlu belajar tentang ilmu tata kelola keuangan. Selain itu, Getters pun perlu memahami dasar-dasar keuangan serta perpajakan sesuai aturan di Indonesia.  

Belajar membuat jurnal masuk, buku besar, perhitungan pajak sebagai dasar penyusunan laporan, serta buku besar pembantu juga dibutuhkan. Tujuannya, agar laporan pajakmu sesuai dengan ketentuan.  

Nah, demikian Getters informasi tentang pajak dan laporan pajak yang bisa disampaikan. Dengan artikel ringkas ini, diharapkan bisa membantu kamu, khususnya yang sedang mencari informasi tentang perpajakan. 

Kalau kamu merasa butuh ilmu tambahan yang bisa membantumu membuat laporan pajak, yuk ikut kelas “Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan” yang ada di LPK GeTI! 

GeTI Incubator Dukung UMKM Binaan PLN di Kriyanusa 2024 

Peresmian booth PLN pada gelaran Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) oleh Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan-Karyawati (PIKK) PLN, Diny Darmawan Prasodjo (tengah), Wakil Ketua Pendamping PIKK PLN, Bonni Yusuf Didi Setiarto (kiri), dan Wakil Ketua Pendamping PIKK PLN, Sita Evy Haryadi (kanan).

Peresmian booth PLN pada gelaran Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) oleh Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan-Karyawati (PIKK) PLN, Diny Darmawan Prasodjo (tengah), Wakil Ketua Pendamping PIKK PLN, Bonni Yusuf Didi Setiarto (kiri), dan Wakil Ketua Pendamping PIKK PLN, Sita Evy Haryadi (kanan).

Kota Tangerang, 2 September 2024 –  Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) RI sukses menyelenggarakan Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 28 Agustus-1 September 2024. Di tahun ini, tema yang diangkat ialah “Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya”. 

Pada pameran tersebut, berbagai produk hasil kerajinan para pelaku UMKM Binaan PT PLN (Persero) dari berbagai daerah ikut berpartisipasi. Adapun kehadiran PLN yang didukung oleh GeTI Incubator (bagian dari ExportHub.id) ini, sebagai komitmen dalam mendukung pengembangan UMKM di seluruh Indonesia. 

Ketua Umum Dekranas RI, Wury Ma’ruf Amin, berharap Kriyanusa 2024 menjadi ajang memperluas pasar kriya Indonesia sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Pameran ini diharapkan mendorong perajin muda mengembangkan produk kerajinan yang mendukung kelestarian warisan budaya. 

“Penting bagi kita memastikan setiap edisi pameran ini membawa dampak yang lebih besar bagi para perajin. Mendorong peningkatan kualitas produk dan memperluas pasar, dengan pembinaan yang terus dilakukan oleh Dewan Kerajinan Nasional Pusat dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah dari tahun ke tahun,” kata istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin ini dalam keterangannya.

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Wury Ma’ruf Amin saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Wury Ma’ruf Amin saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Wury mengapresiasi dukungan dan pendampingan kepada para perajin sehingga mereka bisa terus berinovasi dalam menampilkan karya-karyanya di Kriyanusa 2024. 

“Kita telah melihat dampak yang signifikan bagi setiap perajin di seluruh Indonesia, program kerja yang semakin berkualitas telah mendorong inovasi yang membawa dampak yang besar bagi perajin produk sehingga harapannya dapat menjadikan pameran ini sebagai kiblat pameran produk kerajinan,” ucap Wury. 

Sementara itu, PLN membuka booth yang berisikan berbagai produk UMKM binaan dan diresmikan langsung oleh Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan-Karyawati (PIKK) PLN Diny Darmawan Prasodjo.  

Dalam pembukaan booth, Diny mengatakan, sebagai salah satu penopang ekonomi nasional, PLN akan mendukung pengembangan UMKM agar bisa memperkenalkan produknya dan memperluas cakupan pasar hingga ke tingkat global. 

“Kriyanusa 2024 ini dapat menjadi wadah bagi seluruh pelaku UMKM. Karena selain pengunjung di tingkat nasional, banyak juga pengunjung dari mancanegara. Sehingga ini menjadi peluang untuk membawa produk UMKM Binaan PLN go global,” ujar Diny. 

Ketua Bidang Manajemen Usaha (BMU) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga istri dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, Sri Suparni Bahlil (kedua dari kiri) saat mengunjungi booth PLN dalam gelaran Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) didampingi Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan-Karyawati (PIKK) PLN, Diny Darmawan Prasodjo (kedua dari kanan), Wakil Ketua Pendamping PIKK PLN, Bonni Yusuf Didi Setiarto (kanan), dan Wakil Ketua Pendamping PIKK PLN, Sita Evy Haryadi (kiri).

Ketua Bidang Manajemen Usaha (BMU) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga istri dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, Sri Suparni Bahlil (kedua dari kiri) saat mengunjungi booth PLN dalam gelaran Kriyanusa 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) didampingi Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan-Karyawati (PIKK) PLN, Diny Darmawan Prasodjo (kedua dari kanan), Wakil Ketua Pendamping PIKK PLN, Bonni Yusuf Didi Setiarto (kanan), dan Wakil Ketua Pendamping PIKK PLN, Sita Evy Haryadi (kiri).

Di Kriyanusa 2024 ini setidaknya ada 219 jenis produk hasil kerajinan delapan UMKM Binaan PLN dari berbagai daerah yang dipamerkan. Produk-produk tersebut meliputi kerajinan kriya dari Jakarta: OH MY CRAFT! dan Dwi Lim Craft; Bali: Manaya Bali Carving dan Griya Anyar Dewata; Jepara: Karafuru dan Omah Lurik Jepara; serta Kalimantan Selatan: AABS Collection dan Air Santri. 

Diny berharap Kriyanusa 2024 dapat menginspirasi UMKM Binaan PLN lainnya untuk meningkatkan nilai produknya. Adapun saat ini tercatat lebih dari 3.000 UMKM mitra binaan PLN di seluruh Indonesia. 

“Terselenggaranya kegiatan ini dapat menaikkan nilai UMKM, yang nantinya akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Diny. 

Diny juga menyampaikan dukungan pendampingan UMKM Binaan PLN dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan demi membangun perekonomian inklusif dan berkelanjutan. Ke depan, UMKM diharapkan dapat membuka lebih banyak lapangan kerja baru. 

“Pendampingan terhadap UMKM yang dilakukan PLN bertujuan menjadikan UMKM Binaan PLN lebih produktif. Terutama untuk enterpreneur muda yang akan menjadi fondasi masa depan Indonesia,” tegas Diny. 

Ketua Bidang Manajemen Usaha (BMU) Dekranas RI yang juga istri dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, Sri Suparni Bahlil, mendukung partisipasi PLN dalam menghadirkan banyak kerajinan yang dipamerkan di Kriyanusa 2024. 

“Harapannya, UMKM binaan PLN selalu tumbuh dengan kerajinan-kerajinan yang semakin berkembang dan semakin bagus. Juga, PLN semakin sukses dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia,” kata Sri saat mengunjungi booth PLN di Kriyanusa 2024. 

Selain melalui kegiatan pameran seperti Kriyanusa 2024 ini, PLN juga telah menyediakan fitur marketplace pada aplikasi PLN Mobile untuk memperluas pemasaran produk dari para UMKM Binaan. 

Dukungan GeTI Incubator 

GeTI Incubator—bagian dari ekosistem ExportHub.id—memberikan dukungan nyata di booth PLN dengan menyelenggarakan workshop hybrid tentang TikTok Affiliate dan flash sale via TikTok. Aktivitas yang diadakan dalam lima sesi selama lima hari ini bertujuan untuk memberikan ilmu kepada audiens sekaligus mendukung pemasaran produk-produk kriya UMKM Binaan PLN. 

Adapun workshop dilangsungkan dengan tujuan dalam jangka panjang lahir para afiliator yang nantinya ikut serta memasarkan produk-produk kriya. Hal tersebut diharapkan dapat berkontribusi dalam memperluas pemasaran produk-produk kriya. 

“Saya lihat (produk kriya UMKM binaan PLN) punya potensi untuk masuk pasar global. Mudah-mudahan produk-produk kriya lain di bawah binaan PLN bisa berjaya tidak hanya di Indonesia, tapi berkembang di pasar dunia,” ucap Direktur Pengembangan Bisnis GeTI Incubator, Divera Wicaksono. 

Menurut Divera, masuknya produk kriya UMKM Binaan PLN ke pasar global karena kualitasnya memang baik. Meskipun masuk pasar internasional ada tantangannya, ia optimistis itu bisa dihadapi karena pembinaan PLN sangat baik. 

“Tentunya bukan jalan yang singkat (menuju pasar global), tapi saya melihat pendampingan UMKM atau produk-produk kriya dari PLN ini sangat terlihat sekali serius untuk membina,” katanya. 

Di kesempatan yang sama, Presiden Direktur ExportHub.id, Amalia S. Prabowo, mengatakan sudah waktunya UMKM Indonesia di industri kriya mengoptimalkan eksistensi produknya di pasar global. Menurutnya, kualitas produk kriya UMKM binaan PLN, dan Indonesia secara umum, sudah layak masuk radar buyer-buyer internasional. 

“Karya-karya kriya ini menjadi salah satu kekuatan Indonesia karena sangat sulit ditiru, sangat detail, sangat mengangkat local wisdom. Jadi ini adalah salah satu kategori yang sangat butuh dukungan dari pemerintah, swasta, dan berbagai pihak untuk kita angkat ke pasar global,” ucap Amalia. 

Amalia turut menyoroti Kriyanusa 2024. Menurutnya, pameran tersebut merupakan upaya yang sangat luar biasa dari pemerintah untuk mengangkat atau memperkenalkan karya-karya kriya tanah air. 

“Sekali lagi, ini adalah kekuatan dari Indonesia karena produk kriya ini betul-betul membawa value, local wisdom, dari masyarakat atau wilayah-wilayah dari Indonesia. Yang harus ditingkatkan adalah eksistensi dari karya-karya kriya ini untuk masuk ke dalam radar pembeli-pembeli atau radar importir-importir,” ucapnya.