Di era yang serba digital ini tak mengherankan jika generasi milenial dan gen Z menekuni passion mereka untuk pengembangan diri. Tidak memungkiri juga kalau dua generasi tersebut giat mencari peluang dan kesempatan baru untuk mengembangkan diri mereka. Kalau tidak giat, peluang untuk tertinggal juga berpotensi besar. Tapi tenang, selalu ada jalan untuk bisa mengembangkan diri dan menjadikan itu sebuah passion agar dirimu tidak lekang oleh zaman.
Apakah kamu sebagai bagian dari generasi milenial atau gen Z? Buat kamu yang masih bingung mau mengembangkan potensi apa yang cocok dengan passion-mu, cek empat potensi ini yang bisa kamu kembangkan di era digital. Yuk, simak di bawah ini!
- Keterampilan Berbisnis
Memiliki bisnis kian digandrungi oleh generasi milenial maupun gen Z saat ini. Mulai dari bisnis produk sampai tawaran bisnis produk berbasis jasa. Media promosi pun kian beragam, dari layanan offline sampai online.
Memiliki keterampilan berbisnis akan cocok dengan passion para generasi milenial maupun gen Z. Selain karena bisa meraup cuan, cara-cara kerja berbisnis kerap disukai antara kedua generasi ini.
- Keterampilan Menulis
Era digital tidak lepas dari banjirnya informasi melalui sentuhan jari. Informasi biasanya disiarkan melalui tulisan. Kalau kamu punya keterampilan menulis, kamu bisa menjadi kontributor media online atau pun offline. Kamu juga bisa mendapatkan uang dari penyedia tertentu sebagai wadah tulisan tersebut saat tulisanmu berhasil dimuat di dalamnya.
Kamu juga bisa bekerja sebagai content writer atau pun copywriter untuk sebuah perusahaan. Pasalnya, hampir di setiap perusahaan pasti membutuhkan dua jenis profesi penulis yang disebutkan tadi.
- Program Digital
Salah satu keterampilan yang sedang tren di kalangan generasi milenial maupun gen Z yakni keterampilan program digital. Kemampuan dalam bidang teknologi dan informasi memang menjadi bagian utama dalam perkembangan dunia digital. Salah satu keterampilan program digital yang sedang dibutuhkan banyak perusahaan yakni digital marketing.
Digital marketer menjadi pemain kunci perusahaan untuk bersaing di dunia digital agar bisa meningkatkan transaksi penjualan. Selain itu, para ahli digital marketing dibutuhkan untuk mengoptimalkan search engine optimization (SEO) dan search engine marketing (SEM), analisis data, serta membaca strategi konten.
- Editing
Poin selanjutnya yang menjadi bagian dari potensi yang bisa dikembangkan para milenial maupun Gen Z untuk pengembangan diri yakni memiliki keterampilan di bidang editing. Saat ini pekerjaan sebagai editor banyak dibutuhkan oleh para perusahaan, mulai dari editor tulisan, foto, hingga video.
Demikian empat potensi yang bisa dikembangkan para generasi milenial dan gen Z sepertimu di era digital sekarang ini. Lalu, tunggu apalagi? Yuk, segera kenali passion yang kamu miliki dan kembangkan dengan baik. Kamu bisa mulai mengembangkan potensi diri di GeTI Incubator.