Penggunaan kata logistik adalah sebuah istilah yang digunakan personel untuk merujuk pada cara mereka memperoleh, menyimpan dan memindahkan peratalan atau perbekalan. Manajemen logistik tentang memiliki sumber daya pada waktu yang tepat agar barang dapat dikirim ke lokasi yang tepat dalam kondisi yang benar.
Di masa lalu, ekonomi cenderung memberikan dampak buru pada logistik, namun pada saat yang sama perlu menyadari bahwa industri telat memperoleh banyak manfaat dari tren-tren utama dalam setengah abad terakhir-globalisasi.
Memanfaatkan teknologi digital terbaik juga sudah meningkatkan ekspetasi pelanggan terhadap apa yang diberikan sehingga rata-rata konsumen mengharapkan tingkat transparasi transaksi dan kemampuan pengiriman yang jarang terjadi. Jadi, tanggung jawab ada di penyedia logistik untuk memberikan layanan ke e-tailer yang sesuai dengan permintaan pelanggan.
Pemain logistik skala besar juga mempunyai kemampuan untuk mendisrupsi sektor dari dalam dengan mengakuisisi pemain kecil yang lebih kecil sehingga memungkinkan mereka dalam mencapai skala dan berinovasi di bidang-bidang yang sebelumnya tidak penting atau berpotensi menguntungkan. Inovasi yang dihasilkan melalui akuisisi yang lebih kecil kemudian digunakan untuk meningkatkan keahlian operasional seluruh perusahaan.
Secara sederhana, bisnis memerlukan penyedia logistik untuk membantu memberikan keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan lain dalam bidang logistik inbound, outbound dan reverse. Efisiensi logistik adalah kunci kesuksesan bisnis saat ini karena berbagai alasan yang sangat penting. Di era modern yang penuh dengan persaingan yang sengit, perubahan teknologi yang cepat, dan harapan pelanggan yang semakin tinggi, logistik yang efisien dapat memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan.
Keunggulan Efisiensi Logistik
1. Biaya Operasional yang Lebih Rendah
Ini termasuk pengurangan biaya pengiriman, manajemen persediaan yang lebih baik, dan penggunaan sumber daya yang lebih efisien. Bisnis yang dapat mengendalikan biaya operasionalnya memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
2. Peningkatan Layanan Pelanggan
Membantu dalam pengiriman yang lebih cepat dan andal kepada pelanggan. Ini meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas pelanggan yang kuat. Layanan pelanggan yang baik adalah faktor penting dalam kesuksesan bisnis saat ini.
3. Ketersediaan Produk yang Lebih Baik
Manajemen persediaan yang efisien berarti produk selalu tersedia ketika pelanggan membutuhkannya. Ini mengurangi risiko kehilangan pelanggan karena ketidaktersediaan barang atau keterlambatan pengiriman.
4. Reputasi dan Merek yang Baik
Bisnis yang dapat memberikan pengiriman yang tepat waktu dan produk yang berkualitas memiliki reputasi yang lebih baik di mata pelanggan. Ini dapat memperkuat citra merek dan meningkatkan daya tarik pelanggan potensial.
5. Kompetitivitas Global
Dalam era globalisasi, bisnis seringkali bersaing di pasar global, memungkinkan bisnis untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia dengan lebih mudah dan dengan biaya yang terjangkau.
6. Respons Terhadap Perubahan
Ini memungkinkan bisnis untuk merespons perubahan pasar dan perubahan kebijakan dengan lebih cepat dan fleksibel. Ini penting dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah seperti saat ini.
7. Keberlanjutan dan Lingkungan
Berkaitan dengan keberlanjutan lingkungan. Bisnis yang mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan dalam rantai pasokan mereka dapat memenuhi harapan konsumen yang semakin meningkat terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab.
Nah, Getters, bisnis kamu stuck di situ-situ saja? jawabannya, kamu hanya memerlukan efisien logistik di era modern ini. Logistik ekspor pun memerlukan sertifikat, bagaimana sih caranya untuk mendapatkan sertifikat logistik ekspor? Yuk! ikuti kelas “Sertifikasi Logistik Ekspor” hanya di GeTI Incubator.