Facebook Ads adalah salah satu platform media untuk beriklan yang ditujukan kepada para pengguna Facebook sebagai target audiensnya. Kenapa Facebook Ads? Mengutip dari berbagai sumber, Facebook adalah plaftorm media yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan persentase 81,3 persen dari total populasi di negeri ini.
Bagi Getters yang memiliki bisnis, apakah kamu berminat mempromosikan bisnis menggunakan Facebook? Memang apa, sih, keunggulan dari platform ini? Caranya bagaimana? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini!
5 Keunggulan Facebook Ads
Platform beriklan ini bisa menampilkan iklan kepada audiens berdasarkan demografinya. Demografi yang dimaksud yakni terkait pasar yang ingin dijangkau seperti latar belakang pendidikan, usia, pekerjaan, jenis kelamin, domisili, dan lain sebagainya. Ini menentukan target audiens dengan lebih mudah dan tepat sasaran.
Inilah 5 keunggulannya:
– Pengguna banyak dan aktif.
– Meningkatkan brand awareness.
– Biayanya sangat terjangkau.
– Dapat dibuat gambar ataupun video.
– Tersedia fitur yang memungkinkan untuk membangun jejaring.
7 Cara Mudah Menjalankan Iklan di Facebook Ads
Berikut adalah cara menjalankan iklan di platform beriklan ini:
1. Masuk ke Menu Business Suite
Business Suite adalah tempat untuk mengelola ads. Mulai dari pengaturan iklan sampai ke berbagai aplikasi yang terhubung dengan Facebook.
2. Akses Facebook Ads Manager
Setelah masuk ke Business Suite, Kamu bisa mengakses Facebook Ads Manager dengan cara mengeklik Ads kemudian Ads Manager.
3. Mengenal Dasbor Facebook Ads Manager
Kenali dasbor Facebook Ads Manager, antara lain: Ads, Ad Sets, dan Campaign.
4. Mengenal Tujuan Campaign
Campaign merupakan fokus dari tujuan iklan kamu seperti awareness, consideration, hingga conversion. Silakan pilih menu Campaign lalu Create pada dasbor.
5. Buat Campaign
Kreasikan campaign yang ingin dijalankan secara detail.
6. Buat Ad Sets
Jika campaign sudah rapi dan detail, silakan atur cara kerja iklannya dengan mengeklik menu Ad Sets dan kemudian Create.
Kalau sudah, klik Use Existing Campaign. Pilih campaign yang sudah dibuat pada tahap sebelumnya. Kemudian, tuliskan judul yang diinginkan pada kolom Ad Sets -> Continue.
7. Buat Ads
Pilih menu Ads -> Create -> pilih campaign objective ataupun klik Use Existing Campaign untuk memilih kampanye yang pernah dikreasikan.
Berikutnya lengkapi informasi iklan yakni Ad Name, Identity, Ad Setup, Ad Creative, Languages, dan Tracking.
Cara Mengukur Performa
Bagaimana cara mengukur performa di platform beriklan ini? Inilah metrik yang penting dalam mengevaluasi performa sebuah iklan di Facebook Ads.
– Relevance Score
– Return on Ads Spend (ROAS)
– Frequency
– Cost per Click (CPC) dan Click through Rate (CTR)
– Conversion Rate
Nah, inilah pemaparan umum mengenai platform beriklan ini yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualanmu. Kamu bisa mendapatkan penjelasan lebih mendalam dan mempraktikkannya langsung dengan mengikuti kelas digital marketing di GeTI Incubator. Klik di sini.
Baca juga: Anti Boncos!Berikut Cara Membuat Iklan Efektif di Marketplace