Influencer adalah sebutan yang saat ini tidak asing di telinga masyarakat khususnya dalam dunia media sosial. Seseorang dapat dikatakan profesi ini dilihat dari jumlah followers yang banyak dan memiliki pengaruh besar kepada audiens. Kehadiran profesi ini juga memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis perusahaan.
Peran Influencer
Seiring masifnya perkembangan media sosial, membuat peran profesi ini amat krusial. Biasanya, audiens lebih sering mempercayai rekomendasi dari pihak ketiga (influencer) daripada merek itu sendiri.
Sebagai orang yang dianggap berpengaruh, figur yang memiliki pengaruh di publik ini menggunakan pengaruh itu untuk memandu keputusan pembelian atau melakukan sebuah tindakan ke pengikut mereka.
Biasanya, figur yang memiliki pengaruh di publik ini melakukan kampanye melalui gambar, video, podcast, twit, atau status di setiap akun media sosial yang mereka punya.
Profesi ini dapat berupa seorang publik figur seperti selebritis, selebgram, selebtok, selebtwit, youtuber, blogger, penulis, dan lain sebagainya.
Bayarannyapun beragam tergantung dari banyaknya pengikut. Biasanya, figur yang memiliki pengaruh di publik ini menetapkan rate card yang akan diberikan kepada calon klien.
3 Jenis Influencer
Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa jenisnya:
1. Influencer Mikro
Jenis ini termasuk kategori yang baru merintis karier menyebarkan konten-konten di media sosial. Jumlah followers-nya masih belasan ribu sampai puluhan ribu. Kendati demikian, pengaruh mereka terbilang berdampak besar.
2. Influencer Makro
Adalah mereka yang telah memiliki pengikut lebih dari 100 ribu. Secara umum, jenis makro adalah sosok yang dikenal luas meskipun belum sepopuler selebritas.
3. Influencer Premium
Jenis premium biasanya datang dari kalangan selebritas yang telah memiliki jutaan followers di Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, dan sebagainya.
7 Tips Memilih Influencer
– Cek & ricek riwayat
– Pertimbangkan orisinalitas konten yang dihasilkan.
– Pastikan memiliki reputasi yang baik.
– Memiliki engagement tinggi.
– Sesuaikan dengan bujet.
– Cocokkan dengan target pasar bisnismu.
– Siapkan perjanjian kerja sama dengan tepat.
5 Manfaat Influencer Marketing bagi Pebisnis
Ini adalah lima manfaat profesi ini bagi pebisnis:
– Membuat produk atau jasamu menjadi pusat perhatian di media sosial.
– Meningkatkan penjualan.
– Menjangkau lebih banyak konsumen.
– Membangun loyalitas dengan konsumen.
– Menciptakan kepercayaan konsumen terhadap produkmu.
Getters, ingin menjadi influencer? Yuk, pelajari kiat-kiat dan cara menumbuhkan followers media sosial dari sekarang bersama GeTI Incubator. Klik di sini.