Mayoritas masyarakat Indonesia masih tinggal di pedesaan. Tentunya peluang bisnis dengan memaksimalkan potensi desa menjadikan masyarakatnya akan semakin sejahtera. Pedesaan sejatinya tidak kalah potensial ketimbang perkotaan. Terdapat banyak aktivitas ekonomi yang perputaran uangnya tidak sedikit dibanding dengan perkotaan. Beberapa desa telah mampu mengangkat taraf ekonomi masyarakatnya dengan berbagai kegiatan ekonomi. Namun masih banyak pedesaan yang belum bisa meningkatkan taraf ekonominya. Hal ini perlu peran serta banyak pihak termasuk masyarakat desanya itu sendiri.
Potensi bisnis di pedesaan sebenarnya cukup banyak. Mulai dari hasil bumi, kuliner khas, pariwisata, kerajinan tangan, dan yang lainnya. Peluang ini kini dapat didukung dengan perkembangan era digital yang semakin pesat. Banyak orang perkotaan yang mencari suasana desa sebagai pelarian riuhnya suasana kota. Baik dari segi wisata, kuliner khas, menjadi daya tarik tersendiri yang dirindukan oleh masyarakat perkotaan. Hal ini dapat ditangkap sebagai peluang. Tinggal bagaimana memaksimalkan potensi di pedesaan tersebut.
Berikut beberapa tips dan trik memaksimalkan potensi desa di era digital:
1. Digital Marketing
Potensi produk di desa maupun pariwisata di desa dapat dipasarkan melalui digital marketing. Sehingga jangkauan serta cakupan pasar akan semakin luas. Dengan digital marketing, kita dapat menentukan target pasar sesuai dengan produk yang ditawarkan. Seperti misalkan jasa paket wisata alam, dapat ditawarkan kepada masyarakat perkantoran yang merasa penat dengan kesehariannya bekerja di perkotaan.
2. Content Creator
Masyarakat desa tidak perlu berkecil hati karena tinggal di pedesaan. Nyatanya banyak orang di perkotaan mendambakan suatu saat ingin tinggal di desa. Begitu juga dengan produk di pedesaan yang sangat dirindukan oleh masyarakat kota karena di perkotaan sulit dijumpai. Hal ini bisa ditangkap sebagai peluang dan potensi bisnis yang menjanjikan. Masyarakat desa bisa menjadi content creator dengan tema mengeksporasi setiap potensi desanya. Konten-konten yang dibuat bisa mengangkat tentang potensi pariwisata, hasil bumi, kuliner khas, sampai kerajinan tangan di desanya. Selain menarik jumlah penonton, nantinya creator dapat juga memasarkan langsung produk maupun jasa pada penontonnya. Hal ini tentu akan mengangkat kesejahteraan content creator itu sendiri, dan bahkan masyarakat desa lainnya.
3. Jualan Online
Era digital lagi-lagi membuka banyak peluang bisnis. Potensi desa berupa berbagai macam produknya telah bisa dipasarkan tidak hanya untuk kebutuhan desanya saja, kini produk-produknya telah bisa dipasarkan ke mana saja baik dalam negeri bahkan luar negeri. Masyarakat setempat cukup memasarkan produknya melalui marketplace lokal Indonesia atau bahkan marketplace global. Dengan begitu akan semakin banyak pasar dan permintaan dari produk yang dijual.
Berbagai peluang bisnis memaksimalkan potensi desa memang semakin banyak terbuka lebar. Hal ini juga menjadikannya semakin banyak persaingan. Kita perlu lebih mampu bersaing dengan tips dan trik yang tepat. Maksimalkan berbagai peluang bisnis potensi desa dengan mempelajari tips dan triknya secara tepat di Kelas Prakerja bersama GeTI Incubator. Kamu dapat memilih sendiri kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Buat peluang cuan kamu di bisnis memaksimalkan potensi desa terbuka lebar. Gabung kelas sekarang!
Baca juga: Mendapat Banyak Sanksi Ekonomi, Berikut Potensi Ekspor ke Rusia