Memasuki dunia kerja kamu mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Selain itu kamu juga perlu menyeimbangkan hidup kamu antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi atau yang biasa disebut dengan work life balance. Agar bisa menjalankan work life balance, tentunya kamu harus mempunyai skill manajemen waktu yang baik.
Beberapa orang terkadang kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaannya di kantor yang menyebabkan mereka harus lembur atau bahkan bekerja lagi saat sedang dirumah. Hal ini dikarenakan mereka tidak mempunyai skill manajemen waktu yang baik dan efektif. Mempunyai skill ini akan membantu kamu untuk bisa menggunakan waktu secara efisien. Lalu bagaimana caranya mempunyai skill manajemen waktu yang baik?
Berikut tips manajemen waktu agar hidup lebih produktif:
1. Membuat perencanaan
Membuat perencanaan akan mempermudah kamu menentukan tugas apa yang harus lebih dulu kamu kerjakan. Kamu bisa membuat list pekerjaan dari yang terpenting hingga pekerjaan yang dirasa masih memiliki waktu tenggang yang lebih banyak. Selain itu, dengan membuat perencanaan kamu tidak akan membuang waktu untuk memikirkan tugas apa yang harus kamu kerjakan selanjutnya.
2. Fokus dengan apa yang dikerjakan
Siapkan diri dan berusahalah untuk fokus pada hal yang sedang dikerjakan. Jangan mudah teralihkan ke hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan kamu saat itu. Misalnya seperti bermain gadget atau bermain game.
3. Berani mengambil keputusan
Manajemen waktu tidak akan berkembang jika kamu tidak berani mengambil keputusan untuk diri sendiri. Mulai beranikan diri untuk mengambil keputusan dengan bijak untuk mengambil risiko, karena risiko yang akan kamu dapatkan dari hal ini akan membuat diri kamu semakin berkembang kedepannya.
4. Disiplin waktu
Disiplin waktu penting untuk kamu yang mau memulai menerapkan manajemen waktu. Kamu perlu membiasakan diri untuk tidak menunda-nunda pekerjaan sehingga pekerjaan kamu tidak menumpuk dan tidak membuang-buang waktu.
5. Jagalah kesehatan
Penting untuk kamu bisa menjaga kesehatan agar tidak kelelahan atau bahkan sampai jatuh sakit. Karena jika hal ini sampai terjadi tentunya pekerjaan kamu akan tertunda. Mulai terapkan hidup sehat untuk mendukung kesehatan diri kamu.
Nah itu dia tips manajemen waktu yang efektif. Selain itu, peningkatan skill juga bisa membantu kamu di dunia kerja loh! Yuk terus tingkatkan skill kamu supaya kamu bisa terus menambah value diri dan berkembang di dunia kerja.
Kamu bisa mengikuti kelas pelatihan dari GeTI Incubator! GeTI Incubator sebagai mitra resmi Program Kartu Prakerja, menyediakan berbagai kelas peningkatan kemampuan diri yang menarik dan bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu. Yuk beli kelasnya disini sekarang!