Customer Service atau yang biasa disingkat dengan CS adalah sebuah pelayanan yang memberikan kepuasan kepada pelanggan atau konsumen untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang penting bagi perusahaan.
Tujuan utamanya adalah menciptakan pengalaman pelanggan yang positif, membangun hubungan yang erat, dan menjamin kepuasan pelanggan. Hal ini merupakan interaksi antara perusahaan dan pelanggan, baik secara langsung maupun melalui berbagai saluran komunikasi seperti telepon, email, media sosial dan sejenisnya.
Tugas Customer Service
Pada dasarnya, customer service adalah jembatan antara pelanggan dan perusahaan. Customer service membentuk citra bagi perusahaan tempat kamu bekerja, maka ini merupakan tanggung jawab kamu untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki reputasi yang baik. Berikut tugas seorang customer service, disimak ya Getters.
- Membangun hubungan baik dengan pelanggan
Customer service wajib memberikan pelayanan seramah mungkin. Melalui pelayanan ini, kamu dapat memberikan pengaruh yang positif untuk citra perusahaan. Jika kamu mendapatkan pelanggan yang mengeluh tentang produk ataupun layanan suatu perusahaan, maka pihak tersebut harus memberikan solusi.
- Media Penjualan
Ketika terdapat pelanggan yang bertanya tentang suatu produk, CS dapat memanfaatkan momen ini agar bisa menarik perhatian dan membeli produk tersebut.
- Mengurus Bagian Administrasi
CS tidak hanya berhadapan dengan pelanggan, tetapi juga harus menangani tugas-tugas administrasi. Etika dalam menanggapi pertanyaan atau keluhan dari pelanggan CS akan mencatatnya. Mereka juga berkontribusi dalam mengisi berbagai data yang dibutuhkan seperti formulir atau dokumen lain yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Getters, selain tugas dari CS kamu juga perlu tahu loh skill apa saja yang harus diterapkan untuk menjadi seorang profesional.
Apa Saja Skill Wajib Customer Service?
- Berkomunikasi Dengan Baik
Skill yang wajib kamu kuasai yaitu komunikasi, setiap hari kamu akan dihadapkan oleh banyak orang dengan pertanyaan hingga keluhan dari pelanggan. Di saat seperti ini kamu perlu mengendalikan emosi dan terus mengutamakan komunikasi yang baik dengan pelanggan. Kamu perlu dengarkan keluh kesah atau pertanyaan, lalu temukan titik masalah, dan mencari solusinya.
- Problem Solving
Kemampuan menyelesaikan masalah adalah salah satu elemen terpenting. Sebagai seorang pelayanan pelanggan, kamu harus mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan pada saat menyampaikan keluhan. Pelanggan yang merasa terbantu akan merasa puas dan seringkali kembali untuk membeli atau memakai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
- Ketekunan dan Ketelitian
Skill ini sangat dibutuhkan karena ketika melakukan input data pelanggan dan keluhannya, seorang CS membutuhkan ketekunan dan ketelitian pada saat memasukkan data pelanggan dan harus melakukan pemeriksaan ulang.
- Ketenangan dan Kesabaran
Mengatasi permasalahan pelanggan merupakan hal yang sulit dan tidak semua orang mampu dalam menghadapi hal ini. Karena, setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, jangan sampai kamu terbawa perasaan kesal dan ikut merasa marah atas pelanggan yang mengeluh.
Setiap interaksi dengan pelanggan adalah kesempatan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan dan menciptakan pengalaman positif. Dunia customer service terus berubah dengan perkembangan teknologi dan tren. Perlu kamu tahu bahwa posisi ini banyak dicari oleh calon kandidat, maka kamu harus berusaha keras supaya benar-benar bisa menjadi customer service yang baik.
Hal ini bisa kamu pelajari dengan mengikuti kelas “Rahasia Menjadi Petugas Layanan Kostumer (Customer Service) Sukses” hanya di GeTi Incubator, Sampai jumpa di kelas ya.