Bagaimana cara membuat iklan yang efektif untuk digital marketing? Memang seberapa penting bisa membuat iklan efektif dalam praktik digital marketing?
Digital marketing disadari atau tidak sudah melekat dengan kita. Bagi para pengguna aktif sosial media dan situs mesin pencarian pasti sering disuguhkan konten marketing. Digital marketing juga kini sudah tidak hanya dilakukan oleh brand atau perusahaan besar. Masyarakat umum seperti pelaku usaha dan penyedia jasa skala UMKM sudah dapat melakukannya.
Apa saja keuntungan dan kelebihan melakukan digital marketing dibandingkan dengan beriklan di media cetak?
Berikut beberapa keuntungan dan kelebihan melakukan digital marketing:
- Biayanya relatif terjangkau dibandingkan dengan beriklan di media cetak.
- Menjangkau konsumen lebih luas
- Terlihat lebih modern dalam branding
- Hasilnya dapat terukur
Karena keuntungan tersebut dan mudahnya melakukan digital marketing menarik perhatian para UMKM dan penyedia jasa skala kecil dan menengah untuk berkecimpung di sana. Kini iklan berbasis digital menjadi pembahasan warung kopi dan banyak kalangan mempelajarinya.
Berbicara digital marketing, kita tidak bisa lepas dari Facebook Ads. Fitur iklan digital yang dibuat oleh Meta, perusahaan transormasi dari Facebook ini benar-benar berkontribusi besar terhadap dunia marketing. Berbagai ilmu terapan dan bahasan mengenainya mulai bertebaran di mana-mana.
Banyak orang berbondong-bondong terjun ke Facebook Ads untuk mengiklankan produk atau layanan yang mereka berikan. Melihat itu, banyak orang awam ingin terjun namun bingung memulainya. Baik memulai mengoprasikan, sampai memulai produksi konten iklannya. Banyak tutorial yang mengedukasi bagaimana memaksimalkan Facebook Ads agar iklan yang kita jalankan sampai ke target pasarnya.
Baca juga: 6 PROFESI BARU ERA METAVERSE! APA SAJA ITU?
Banyaknya tutorial memaksimalkan Facebook Ads membuat banyak orang mulai mahir menggunakannya. Namun kendala berikutnya muncul. Ketika semua orang bisa, lalu siapa yang akan dipilih oleh audience? Konten yang paling meng-influence tentu akan menjadi salah satu kunci penting performa iklanmu akan efektif.
Konten iklan akan menjadi medium yang powerful untuk menyentuh audience supaya mereka mau membeli produk kita. Sekarang konten seperti apa yang akan engaging? Tentunya kita tidak ingin kalah dari competitor dalam menjangkau calon konsumen kita.
Facebook sebagai salah satu platform digital terdepan, sebenarnya telah membuat fitur yang membantu kita untuk mencari inspirasi konten seperti apa yang akan efektif untuk produk dan jasa kita. Facebook Ads Library adalah fitur powerful yang mampu mengintip iklan-iklan yang sedang berjalan.
Apa sih kegunakaan Facebook Ads Library?
Fitur ini bisa kita gunakan untuk mengetahui atau bisa dikatakan “mengintip” iklan-iklan competitor kita. Dari sana, kita dapat mempelajari angle iklan serta style dari konten iklan yang dipakai competitor. Kita bisa menjadikannya inspirasi dan pertimbangan, konten untuk iklan seperti apa yang akan kita buat. Hal ini bisa membuat iklan menjadi efektif untuk digital marketing.
Strategi ini biasa disebut ATM. Jika kita belum memiliki ide fresh membuat konten iklan yang baik, lakukan ATM. Apa itu ATM? Amati, Tiru, Modifikasi. Dalam hal ini, meniru bukanlah secara mutlak meniru konten iklan yang ada, namun menjadikannya inspirasi untuk membuat atau memodifikasi konten versi kita sendiri.
Cara ATM ini juga bisa digunakan untuk menciptakan sebuah iklan efektif untuk digital marketing. Kenapa demikian? Metrode ATM bisa memudahkan iklan kamu diminati oleh audiens yang pernah terpapar iklan serupa sebelumnya.
Membahas tentang Facebook Ads dan digital marketing tentu akan sangat luas. Banyak hal yang dapat dipelajari. Sebagian orang masih banyak perlu mempelajarinya lebih dalam mengenai bidang ini. Kamu sebagai digital marketer, tentunya perlu haus akan pengetahuan seputar dunia digital marketing.
Jadi, sudah tahu bagaimana membuat iklan efektif untuk digital marketing?
GeTI Incubator sebagai Lembaga Pendidikan resmi yang juga berbasis digital dapat menjadi mitra yang tepat untuk kamu belajar dunia digital marketing lebih dalam. Banyak kelas-kelas yang materinya sudah disusun sesuai dengan kebutuhan para calon digital marketer handal dan cuan tentunya. Mari belajar kelas seputar Digital Marketing bersama GeTI Incubator sekarang!