Workshop e-Smart IKM (Industri Kecil Menengah) mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesadaran para pelaku usaha untuk bisa masuk pasar digital. Terlebih lagi banyak konsumen yang lebih memilih membeli barang atau produk secara online.
GeTI Incubator dan Kemenperin Hadirkan Workshop e-Smart IKM di Semarang
GeTI Incubator terus menunjukan komitmennya dalam mencerdaskan masyarakat. Semua itu dilakukan untuk memberikan kesadaran pentingnya literasi digital dan digital marketing. Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian (Ditjen IKMA Kemenperin) bersama GeTI Incubator menggelar workshop e-Smart IKM pada Selasa (21/3) di Kota Semarang, Jawa Tengah. Acara ini mengusung judul “Optimalisasi Akun Sosial Media dan Marketplace dalam Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan IKM”.
Berikut materi yang disampaikan oleh GeTI Incubator pada acara ini:
- Optimalisasi Fitur Akun Online Shop
- Maksimalkan Cuan melalui Strategi Efektif Pemasaran Toko Online
GeTI Incubator berharap bahwa acara ini bisa membuat para pegiat IKM Jawa Tengah semakin menumbuhkan usahanya di bidang digital. Banyaknya fitur penting yang terdapat di online shop bisa sangat bermanfaat. Karena itu GeTI Incubator juga membawakan topik ini pada workshop tersebut.
Manfaat dan Tujuan Workshop e-Smart IKM
Salah satu program yang menjadi prioritas Kemenperin adalah e-Smart IKM. Bahkan Ditjen IKMA punya target 3.000 IKM untuk bisa turut serta dalam pembinaan. Rangkaian awal kegiatan e-Smart ini dimulai dari bimbingan literasi digital IKM, penguatan branding, manajemen bisnis, serta program IKM Go Digital Go Global.
Berikut ini adalah tujuan dari program e-Smart:
- Pengembangan pemasaran.
- Meningkatkan produktivitas IKM dengan IoT (Internet of Things 4.0).
- Pembangunan industri prioritas.
- IKM memanfaatkan teknologi digital.
Tercatat hingga 13 Desember 2021, program ini telah membawa manfaat untuk membina 4.600 pelaku IKM melalui workshop, pendampingan, dan pembinaan lainnya. Program tersebut merupakan bagian dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Tak hanya itu, sebanyak 3.256 IKM masuk ke tahapan sustainability program yang di antaranya meliputi kegiatan workshop e-Smart IKM, webinar, dan juga pendampingan digital marketing. Manfaat-manfaat tersebut diharapkan bisa menjadi pendongkrak pelaku IKM untuk semakin maju.
Getters, itu tadi penjelasan mengenai berita terbaru dari GeTI Incubator yang bekerja sama dengan Kemenperin untuk menggelar workshop e-Smart di Semarang, Jawa Tengah. Diharapkan para IKM Jawa Tengah bisa memanfaatkan ilmu untuk mengembangkan online shop dan digital marketing. Bagi kamu yang tertarik untuk meningkatkan penjualan di online shop, yuk, ikutan kelas Mengoptimalkan Kinerja Facebook Ads dan Instagram Bisnis untuk Mempromosikan Toko Online bagi Spesialis Pemasaran sekarang!