Customer service menjadi garda terdepan dalam bisnis yang tugasnya berhubungan langsung dengan konsumen. Customer service bertugas untuk menjawab pertanyaan, menampung pertanyaan dan keluhan konsumen. Karena tugas ini berhubungan langsung dengan konsumen, maka customer service harus siap untuk memberikan jawaban dan pelayanan yang terbaik.
Mempunyai customer service yang baik adalah hal yang cukup penting untuk sebuah bisnis.. Kenapa? Karena, sebaik apapun produk yang kamu jual tapi kamu tidak bisa memberikan pelayanan yang baik, maka pasti konsumen akan menilai buruk pada bisnis kamu. Jadi produk yang baik dan customer service yang baik dan andal adalah kombinasi yang paling tepat. Lalu, bagaimana caranya untuk jadi customer service yang andal?
Berikut tips untuk jadi customer service yang andal:
1. Memiliki respon yang cepat
Sebagai customer service kamu harus memiliki respon yang cepat pada semua telepon yang masuk, jangan sampai kamu biarkan telepon dari konsumen berdering terlalu lama. Semua konsumen selalu menginginkan solusi yang cepat atas permasalahan mereka.
2. Memiliki product knowledge
Pelanggan yang bertanya kepada customer service pasti ingin mendapatkan penjelasan lebih mengenai produk yang akan dibeli. Karena itu penting untuk mempunyai product knowledge yang baik untuk customer service.
3. Jangan mengumbar janji
Kesalahan yang sering dilakukan oleh customer service adalah sering memberikan harapan palsu untuk konsumen dengan memberikan penjelasan yang salah. Jangan sampai kamu memberikan sebuah informasi yang tidak benar adanya hanya karena kamu ingin konsumen berhenti untuk mengeluh atau mempermasalahkan suatu hal.
4. Menyelesaikan masalah secara tepat
Jadilah pendengar yang baik untuk konsumen, pahami dengan jelas apa yang menjadi masalah untuk mereka dan carilah solusi yang paling tepat untuk masalah tersebut.
5. Sabar tidak mudah marah
Bermacam-macam kepribadian akan kamu hadapi jika bekerja sebagai customer service, terkadang kamu mendapatkan konsumen yang baik dan terkadang kamu mendapatkan konsumen yang bisa membuat kamu marah, sedih dan lain-lain. Solusinya, kamu sebagai customer service harus sabar dan mampu menghadapi segala macam konsumen dengan sebaik mungkin.
Itulah 5 tips untuk jadi customer service yang andal. Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai customer service? Kamu bisa mengikuti kelas pelatihan gratis dari Kartu Prakerja di GeTI Incubator. GeTI Incubator sebagai mitra resmi pemerintah dalam menjalankan program Kartu Prakerja menyediakan berbagai kelas peningkatan kemampuan diri. Peserta kartu Prakerja dapat memilih materi kelas sesuai minat dan kebutuhan yang diinginkan. Peserta yang ikut Kelas Prakerja di GeTI Incubator akan mendapat pemateri yang ahli di setiap bidangnya dan telah bersertifikasi BNSP. Segera bergabung bersama ratusan ribu peserta lainnya yang telah mendaftar di GeTI Incubator. Dapatkan kelas Prakerja di GeTI Incubator disini!