Customer service atau disingkat CS adalah salah satu bagian penting dalam perusahaan. Customer service pada dasarnya adalah gerbang terdepan sebuah perusahaan, sehingga baik atau buruknya perusahaan bisa kita tinjau dari kepuasan pelanggan atau klien. Alat untuk komunikasi customer service adalah melalui telepon, WhatsApp, e-mail, atau platform media sosial lainnya.
Seberapa besar tugas customer service berpengaruh bagi kemajuan perusahaan? Apa tugas dan tanggung jawabnya? Apa yang harus dilakukan agar menjadi customer service yang baik? Bagaimana prospek kariernya? Mari kita simak serba-serbi mengenai customer service di bawah ini, yuk, Getters!
Tugas dan Tanggung Jawab Customer Service
Tugas dan tanggung jawab seorang customer service pada umumnya sebagai berikut:
- Menjaga komunikasi dengan pelanggan perihal pengalaman mereka menggunakan produk atau jasa dari perusahaan.
- Menyampaikan saran dalam pembelian produk atau jasa.
- Merespons pertanyaan dari pelanggan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
- Melakukan pemesanan produk atau jasa yang diinginkan pelanggan.
- Mendengarkan keluhan pelanggan dalam menangani masalah.
5 Skill Seorang Customer Service
Kamu ingin masuk ke dunia layanan pelanggan? Simak kemampuan yang dibutuhkan seorang customer service di bawah ini terlebih dahulu:
1. Komunikasi
Memiliki skill komunikasi yang baik merupakan modal utama sebelum terjun menjadi tim layanan pelanggan sehingga akan terhindar dari miskomunikasi yang menyebabkan pelanggan kecewa dan frustrasi terhadap pelayanan yang diberikan.
2. Product Knowledge
Kamu bakal kesulitan membantu pelanggan jika tidak mengetahui secara mendalam mengenai produk atau jasa perusahaan dengan baik.
3. Manajemen Waktu
Memiliki kemampuan manajemen waktu dapat membantu pelanggan dalam memecahkan masalah sehingga tercipta kepuasan pelanggan.
4. Persuasif
Kemampuan ini diperlukan untuk dapat meyakinkan pelanggan bahwa produk atau jasa perusahaan layak didapatkan.
5. Empati
Hal ini dibutuhkan agar bisa memahami perasaan dan kebutuhan pelanggan dengan tepat sehingga bisa menyusun tanggapan sesuai permasalahan yang dihadapi pelanggan.
Elemen Penting dalam Customer Service
Menurut berbagai sumber, ada lima elemen penting dalam customer service, yakni:
1. Respek
Getters, buatlah para pelanggan menjadi seseorang yang sangat penting dan layani pelanggan dengan sabar. Contoh respek dapat dikaitkan dengan penggunaan kata: maaf, tolong, dan terima kasih.
2. Pengertian
Segera identifikasi dan penuhi kebutuhannya. Seorang CS yang dapat cepat menyelesaikan masalah akan dihargai pelanggan.
3. Mendengar
Seorang CS harus siap dan berkonsentrasi dengan segala pertanyaan, keluhan, dan saran yang diucapkan pelanggan.
4. Responsif
Berikanlah jawaban responsif, solutif, serta tidak tampak seperti jawaban template. Misalnya, memberikan informasi tentang cara kerja produk.
5. Melayani
Melayani bisa didefinisikan dengan menepati janji. Kabarkan pelanggan dengan tepat waktu apabila menjanjikan sesuatu.
Apa Manfaat Memiliki Tim CS?
Penting untuk perusahaan memiliki tim CS yang mumpuni yang salah satunya sebagai penjaga kepercayaan. Inilah manfaat lainnya bagi perusahaan untuk mengedepankan tim CS, di antaranya:
- CS merepresentasikan wajah perusahaan.
- Bantu menganalisis kebutuhan pelanggan.
- Menciptakan pelanggan yang puas dan bahagia.
- Menjadikan pelanggan loyal kepada perusahaan.
- Mengatur pesanan dan pengiriman.
Tips Jadi CS Andal
- Tanggap pada pesan dan telepon yang masuk.
- Pemecahan masalah.
- Gunakan bahasa sopan.
- Hindari mengumbar janji.
- Punya pemahaman produk yang baik.
- Menjawab pertanyaan dan mendengar masalah dari pelanggan dengan terbuka.
- Berikan solusi sewajarnya.
- Pahami kebutuhan pelanggan.
- Empati terhadap pelanggan.
- Tindaklanjuti ke pelanggan jika masalah selesai.
- Kemauan untuk berkembang.
- Konsisten dan persisten memberikan pengalaman terbaik.
Bagaimana Jenjang Kariernya?
Jenjang karier customer service adalah sebagai berikut:
– Tahap Junior (pengalaman 1-3 tahun): Customer Service Representative
– Tahap Menengah (pengalaman 4-8 tahun pengalaman): Customer Service Specialist
– Tahap Senior (pengalaman 8 tahun atau lebih): Customer Service Manager/Director
Berapa Gaji yang Diperoleh Seorang CS?
Gaji yang diperoleh seorang CS akan ditentukan dari pengalaman, jam terbang, hingga lokasi kerja. Mengutip dari JobStreet, rata-rata gaji yang diterima per bulan di awal kariernya antara Rp4,5 hingga Rp5 juta.
Getters, kamu berminat meningkatkan skill dan barkarier sebagai customer service? Ikuti kelas Meningkatkan Keahlian Customer Service (Tenaga Tata Usaha Penerangan) hanya di GeTI Incubator untuk bersiap menjadi customer service yang sukses, andal, dan profesional! Kami bimbing sampai andal. Sampai jumpa di kelas, ya, Getters!