Getters, tahukah kamu, clickbait adalah salah satu strategi yang bertujuan untuk memancing audiens untuk membaca sebuah konten. Meskipun sering dipandang negatif, nyatanya clickbait tetap memiliki daya tarik sendiri bagi orang-orang yang penasaran akan sebuah konten atau berita terbaru. Nah, apakah kamu tahu apa itu clickbait?
Jika kamu belum banyak mengetahui mengenai sisi positif maupun negatif dari clickbait, yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Pengertian Clickbait Adalah…
Clickbait adalah tema atau judul pada sebuah konten yang dibuat dengan sangat menarik dan sensasional untuk memancing orang melakukan “klik” pada konten tersebut. Karena tujuannya untuk klik dan memancing pembaca, maka biasanya konten tersebut menggunakan gambar dan judul yang sangat berlebihan atau provokatif.
Kelebihan Clickbait Untuk Sebuah Konten
Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapat kontenmu jika kamu memanfaatkan kekuatan clickbait untuk membuat konten yang menarik.
- Meningkatkan CTR atau Click Through Rate
Karena judul bersifat bombastis, maka emosi pembaca dilibatkan untuk mengeklik konten tersebut. Semakin banyak yang klik, maka angka CTR akan semakin tinggi. Yang berarti, konten tersebut sangat relevan dengan kebutuhan banyak audiens.
- Page View Meningkat
Semakin banyak yang mengeklik juga bisa meningkatkan page view atau halaman yang dilihat oleh audiens. Semakin tinggi page view, maka konten tersebut akan direkomendasikan oleh Google sebagai konten yang bermanfaat.
- Meningkatkan Brand Awareness
Karena tingginya angka klik dalam kontenmu, maka secara otomatis awareness dari kontenmu juga ikut meningkat.
Kekurangan Clickbait yang Wajib Diketahui
Walaupun kontenmu semakin terkenal dengan menggunakan kekuatan clickbait, tetapi kamu juga wajib waspada dengan kekurangannya, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.
- Kontenmu Dianggap Buruk
Penggunaan umpan klik yang terlalu berlebihan, serta isinya yang tak sesuai dengan judul akan membuat pembaca merasa tertipu. Dampak buruknya, orang-orang akan malas mengunjungi konten atau website tersebut. Pada akhirnya, image kontenmu dianggap buruk dan dianggap penyebar hoax.
- Bounce Rate Meningkat
Karena isi konten tak sesuai dengan judul, maka bounce rate juga ikut meningkat. Bounce rate adalah persentase total halaman yang dilihat pengunjung yang langsung meninggalkan sebuah website setelah mereka membuka hanya satu halaman. Jika persentasenya semakin tinggi, maka website atau konten tersebut akan semakin buruk dalam SEO.
- Pembaca Merasa Dirugikan
Akibat judul yang tidak sesuai dengan isi konten, maka pembaca merasa dirugikan dan merasa dikelabui. Jika hal tersebut terus dilakukan, maka reputasi website atau kontenmu bisa semakin terpinggirkan bahkan bisa dilaporkan untuk diblokir.
5 Tips Membuat Judul Clickbait yang Bertanggung Jawab
Sebenarnya kamu masih bisa membuat judul konten yang clickbait, tetapi tetap bertanggung jawab agar audiens tidak merasa tertipu, dan kontenmu semakin banyak disukai. Berikut ini tips-tipsnya yang bisa kamu lakukan.
- Pastikan Penggunaan Judul Sesuai dengan Isi Konten
Jika judul dan isi konten sesuai, maka audiens tidak merasa tertipu. Sehingga dampak positifnya adalah mereka akan menjadi pengikut setia kontenmu, dan dengan suka rela mempromosikan kepada orang lain.
- Libatkan Emosi dengan Benar
Judul yang melibatkan emosi memang banyak peminatnya. Namun, pastikan kamu tidak berlebihan dalam membuat judul yang melibatkan emosi sehingga audiens tidak merasa disesatkan oleh kontenmu.
- Selalu Tambahkan Angka dalam Judul
Dengan menambahkan angka akan menarik perhatian banyak pembaca. Judul dengan menggunakan angka juga dapat menyajikan sesuatu secara spesifik kepada pembacanya sehingga kontemu akan semakin menarik perhatian banyak audiens.
- Jangan Gunakan Kalimat yang Aneh-Aneh
Menggunakan kalimat yang hiperbola memang bisa menarik perhatian banyak audiens. Namun, selalu pastikan kalimat yang digunakan tidak terlalu berlebihan hingga menjadi aneh atau tidak masuk akal.
- Perhatikan Etika
Walaupun bersifat clickbait, selalu pastikan kamu memiliki etika dalam penulisan. Agar audiens tidak merasa tertipu. Dengan etika, konten yang dibuat tidak menyesatkan banyak orang.
Berikut ini contoh judul clickbait yang baik dan menarik, tetapi tetap bertanggung jawab terhadap isi kontennya:
Cara Menghindari Judul yang Kemungkinan Clickbait Adalah…
Jika kamu sudah bosan dengan judul-judul konten yang terlalu berlebihan, tetapi isinya tidak relevan. Berikut ini cara-cara untuk menghindarinya.
- Perhatikan Judul Konten
Sebaiknya jangan mengeklik judul yang terlalu aneh, berlebihan, hingga tidak masuk akal. Karena kemungkinan itu hanya trik agar judul tersebut diklik.
- Perhatikan Kredibilitas Sumber
Agar lebih aman, sebaiknya mengikuti website atau content creator yang sudah dipercaya oleh banyak orang. Dengan begitu, kamu tidak akan menemukan konten-konten yang tidak jelas.
- Perhatikan Isi Konten
Langkah terakhir adalah kamu mengunjungi website tersebut. Bacalah konten tersebut. Jika tidak sesuai dengan judul yang mereka berikan, maka kamu tidak perlu lagi mendatangi website tersebut.
Dari pembahasan lengkap tentang clickbait, sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam membuat judul konten yang sensasional. Kuncinya, selalu pastikan bahwa judul dan isi konten sama-sama sesuai sehingga kamu tidak dianggap penipu oleh banyak audiens.
Jika kamu memiliki hobi menulis dan ingin menjadi penulis konten promosi yang profesional yang saat ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan, yuk, ikuti kelas pelatihan “Membuat Konten Promosi untuk Profesi Penulis di Era Digital (Bauran)” bersama GeTI Incubator sekarang juga!