Gaji Customer Service saat ini sangat beragam di setiap perusahaan. Tergantung juga dari wilayah lokasi perusahaan, industri perusahaan, dan lain sebagainnya. Di berbagai perusahaan, peran Customer Service bisa dikatakan sangat penting karena menjadi garda terdepan dalam menghadapi pelanggan. Oleh karena itu, pekerjaan Customer Service akan selalu dibutuhkan dan dicari hingga hari ini.
Mengenal Customer Service dan Tugasnya
Customer Service adalah sebuah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab untuk melayani pelanggan pada saat sebelum, selama, atau setelah produk atau jasa tersebut digunakan oleh pelanggan. Customer Service perlu untuk mengetahui secara rinci tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Pemberian layanan yang terbaik akan berpengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan, ini akan menjadi keuntungan bagi perusahaan. Selain itu, berikut ada beberapa tugas dari Customer Service yang perlu kamu ketahui:
Komunikasi dengan Pelanggan
Sebagai seorang Customer Service perlu memahami bagaimana melakukan komunikasi dengan baik dan jelas. Kamu harus memahami apa yang ditanyakan oleh pelanggan, karena kamu harus memberikan pelanggan jawaban yang jelas untuk setiap pertanyaan atau keluhan yang mereka sampaikan kepadamu.
Problem Solving
Menjadi seorang Customer Service tentu tak akan lepas dari komplain atau pertanyaan dari pelanggan, kamu mungkin akan menghadapi banyak pertanyaan dan komplain dari pelanggan. Nah, untuk menghadapi semua permasalahan pelanggan, kamu akan bertugas untuk mengatasi masalah mereka. Jadi, itu sebabnya problem solving adalah salah satu tugas utama untuk menjadi seorang Customer Service.
Menjaga Citra Baik Perusahaan
Sebagai seseorang yang berada di area terdepan dalam memberikan service kepada pelanggan, Customer Service bertugas juga untuk menjaga citra dan nama baik sebuah perusahaan. Kamu pasti akan senang jika seorang Customer Service melayani dengan sepenuh hati, kamu sebagai pelanggan pasti berpikir bahwa perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik.
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Customer Service juga memiliki tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan service terbaik. Contohnya, kamu bisa menggunakan bahasa yang sopan serta gestur yang baik. Kamu juga harus sabar menghadapi setiap keluhan yang ada dan tetap tersenyum ramah kepada mereka.
Meyakinkan Pelanggan Membeli Produk
Customer Service bukan hanya menjawab dan memberikan solusi kepada pelanggan, kamu juga harus menawarkan mereka produk yang ada untuk meningkatkan penjualan. Saat kamu berhasil meyakinkan mereka, saat itulah mereka tidak akan ragu untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan.
Berapa Gaji Customer Service di Indonesia?
Berdasarkan beberapa sumber, gaji Customer Service memiliki range yang beragam. Di Indonesia sendiri range gaji Customer Service menurut sumber Jobstreet berkisar di angka Rp4.500.000 hingga Rp5.000.000. Gaji tersebut biasanya tergantung dari pengalaman, industri perusahaan, dan lokasi wilayah perusahaan. Maka itu, gaji Customer Service tidak semua bisa disamaratakan begitu saja.
Hal umum yang mempengaruhi gaji seorang Customer Service adalah keterampilan dalam mendokumentasikan interaksi dengan pelanggan, penggunaan alat komunikasi yang kamu kuasai, pengetahuan terhadap product yang baik, hingga pengalamanmu dalam bidang Customer Service. Jika kamu ingin karier dan gajimu meningkat tajam, kamu harus memperkaya keahlian dan kemampuan dalam bidang Customer Service.
Jenjang Karier Customer Service
Banyak yang masih awam dengan jenjang karier sebagai Customer Service, tapi ternyata Customer Service juga punya jenjang kariernya tersendiri. Jenjang karier yang dimiliki Customer Service ini bergantung pada industri atau sektor perusahaan. Contohnya aja nih, kamu merupakan seorang Customer Service di industri perbankan, kamu juga bisa berpotensi ditarik oleh pihak perusahaan menjadi seorang Marketing Staff, Credit Analyst, hingga bisa membuat kamu naik menjadi kepala cabang. Keren, kan?
Terus kalau kamu merupakan Customer Service di bagian frontliner, kamu berkesempatan untuk menjadi Head of Customer Service. Kamu akan memimpin Customer Service lainnya, jadi kamu memiliki tanggung jawab lebih dibandingkan dengan rekan kerjamu yang lain. Posisi Head bisa kamu peroleh selama kamu memiliki reputasi dan kinerja yang baik. Selain itu, biasanya Customer Service sangat berkaitan erat dengan jabatan-jabatan yang ada di divisi marketing atau sales (pemasaran).
Siapa pun bisa berpotensi untuk menjadi seorang Customer Service, tidak ada persyaratan khusus terkait latar belakang pendidikan, semua orang yang punya minat terhadap pelayanan atau memberikan service terhadap pelanggan bisa menjadi seorang Customer Service. Terlebih lagi, dari penjabaran yang ada di atas, Customer Service memiliki demand yang tinggi. Hampir semua industri perusahaan memerlukan Customer Service.
Nah, buat kamu yang tertarik dengan pekerjaan yang menuntut kamu untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dan berkomunikasi dengan banyak orang, mungkin pekerjaan ini sangat cocok untukmu. Getters gak perlu khawatir. Jika bingung bagaimana cara memulai karier menjadi seorang Customer Service, kamu bisa join kelas Meningkatkan Keahlian Customer Service, bareng GeTI Incubator, sekarang juga!