Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang disediakan oleh Google supaya kamu bisa beriklan di platform tersebut. Dengan beriklan disini kamu bisa menyesuaikan biaya iklan sesuai dengan kemauan dan budget yang kamu punya, selain itu kamu juga bisa mengatur target audiensnya.. Jadi iklan yang kamu jalankan akan lebih efektif, hal ini yang membedakan Google Ads dengan iklan konvensional.
Banyak pebisnis yang lebih memilih beriklan di Google Ads dibandingkan dengan iklan konvensional karena dianggap lebih menguntungkan. Lalu apa saja keuntungan menggunakan Google Ads untuk bisnis?
5 keuntungan menggunakan Google ads untuk bisnis:
1. Website berada di halaman pertama
Membuat website berada di search engine result page (SERP) pertama di google bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan bisa sampai berbulan-bulan untuk bisa di posisi tersebut. Nah menggunakan Google Ads bisa membantu website bisnis kamu berada di SERP pertama Google secara instant. Jika website bisnis kamu berada di posisi teratas di Google, otomatis pengunjung website akan meningkat secara drastis.
2. Google memiliki jangkauan yang luas
Setiap harinya Google memiliki jumlah pengunjung lebih dari 3.5 Miliar. Beriklan di platform ini akan memberikan kamu akses kepada pengunjung dari seluruh dunia. Selain itu juga kamu bisa beriklan di properti Google lainnya seperti Gmail, Youtube dan jaringan lainnya yang terhubung langsung dengan Google.
3. Kamu bisa menargetkan iklan untuk relevansi.
Tentunya tidak semua pengguna Google sesuai dengan kriteria target audiens dari bisnis kamu. Nah keuntungan menggunakan Google Ads, kamu bisa memilih siapa yang akan menjadi target audiens bisnis kamu. Google Ads menyediakan dua jenis penargetan yaitu:
- Keyword Targeting: Dalam membuat iklan di Google Ads, kamu harus memilih kata kunci yang tepat dan relevan dengan bisnis kamu. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan iklan kamu muncul di target audiens yang tepat.
- Demoghrapic Targeting: Jenis penargetan yang kedua yaitu demoghrapic targeting. Di Google Ads kamu bisa memilih target audiens sesuai dengan usia, kelamin dan minat mereka. Hal ini tentunya akan membantu iklan kamu muncul di target audiens yang relevan.
4. Mudah untuk mengontrol anggaran kamu
Setiap pebisnis tentunya mempunyai anggaran yang berbeda-beda untuk menjalankan sebuah iklan. Dengan menggunakan Google Ads, kamu bisa menggunakan biaya yang sesuai dengan anggaran kamu.
Tidak ada batasan minimum untuk bisa menjalankan sebuah iklan di Google Ads, sehingga bisnis kecil sekalipun bisa beriklan disini. Namun hasil dari iklan yang kamu jalankan akan sesuai dengan anggaran yang kamu keluarkan. Selain itu kamu juga bisa mengatur anggaran maksimum harian.
5. Remarketing
Semua orang yang pernah mengunjungi website kamu akan terdata oleh Google. Data ini bisa kamu gunakan pada saat menjalankan sebuah iklan. Jadi iklan dari bisnis kamu akan muncul di orang-orang yang relevan dengan bisnis kamu.
Nah itu keuntungan menggunakan Google Ads untuk bisnis kamu. Supaya lebih yakin lagi untuk menggunakan Google Ads, yuk ikuti kelas pelatihan dari GeTI Incubator. GeTI Incubator menyediakan berbagai kelas peningkatan kemampuan diri yang menarik dan bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu. Yuk beli kelasnya disini sekarang!