Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, branding adalah salah satu hal yang sangat penting perannnya untuk meningkatkan kemajuan sebuah bisnis. Dengan strategi yang tepat, masyarakat akan mengenal sebuah produk bukan hanya melalui kelebihannya, tetapi juga melalui karakteristiknya sehingga mudah diingat.
Jika kamu saat ini sedang membuka sebuah bisnis dan ingin menerapkan strategi branding yang tepat bagi bisnismu, mari simak dalam artikel di bawah ini, Getters!
Branding Adalah…
Secara sederhana, branding berasal dari kata brand, yang berarti merek. Jadi, istilah ini digunakan untuk menyebutkan strategi yang sangat mengedepankan karakteristik dan keunikan dari sebuah merek agar citra produk dapat melekat di benak masyarakat secara kuat.
Perbedaan Marketing dan Branding Adalah…
Di dalam dunia bisnis, branding dan marketing memiliki keterkaitan yang sangat erat satu sama lain. Meskipun demikian, kedua istilah tersebut merupakan hal yang saling berbeda, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.
- Branding adalah strategi dengan memanfaatkan keunikan merek, sedangkan marketing merupakan strategi pendorong merek.
- Branding bersifat jangka panjang, sedangkan marketing bersifat jangka pendek.
- Branding dapat menciptakan loyalitas konsumen, sedangkan marketing ciptakan respon konsumen.
- Branding sifatnya sangat strategis, sedangkan marketing merupakan taktik untuk sebuah merek.
- Pengaruhi emosi konsumen dengan kekuatan branding, dan pengaruhi alasan konsumen dengan kekuatan marketing.
Fungsi Utamanya bagi Kemajuan Sebuah Bisnis
Berikut ini akan dijelaskan beragam fungsinya bagi kemajuan perusahaan untuk semakin maju.
- Menjadi Pembeda
Dengan citra yang kuat, produkmu akan lebih mudah diingat oleh banyak konsumen serta menjadi penanda yang khas bagi produkmu.
- Media Promosi
Dengan citra yang kuat, sebuah produk akan lebih mudah dipromosikan kepada masyarakat luas sehingga bisnis perusahaan semakin maju.
- Membangun Citra Perusahaan
Jika perusahaan memiliki citra yang baik, produk akan lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas. Salah satunya adalah kualitas produk yang sudah tidak diragukan lagi.
- Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Ketika sebuah merek memiliki citra yang baik dan kuat, konsumen akan lebih percaya untuk memilih produk yang kamu jual. Berbeda dengan produk yang tidak jelas, maka konsumen akan memandang sebelah mata.
Jenis-Jenisnya untuk Memajukan Bisnis
Agar kamu lebih mudah memetakan strategi yang akan digunakan dalam berbisnis, berikut ini jenis-jenisnya yang berguna untuk produk atau jasa yang ditawarkan.
- Product Branding
Jenis ini digunakan di berbagai produk yang beredar di pasaran. Semakin kuat citranya, semakin diingat oleh masyarakat. Contohnya, orang lebih sering menggunakan kata odol dibanding pasta gigi. Padahal, odol adalah sebuah merek.
- Personal Branding
Jenis ini digunakan untuk individu, biasanya digunakan oleh orang-orang ternama. Yang tujuan utamanya adalah membangun citra positif serta meningkatkan kepercayaan masyarakat.
- Corporate Branding
Jenis ini berfokus pada sebuah perusahaan. Tujuan utamanya adalah agar perusahaan tersebut memperoleh citra positif sebagai perusahaan yang menjanjikan.
- Service Branding
Jenis ini lebih menekankan kepada kepuasan dan pengalaman konsumen terhadap sebuah merek sehingga konsumen merasakan pengalaman ekstra yang tidak ia perolah dari merek lain.
5 Elemen Penting yang Wajib Ada dalam Branding
Agar nama brand-mu mudah untuk diingat konsumen, kamu wajib memasukkan elemen-elemen ini dalam brand yang sedang kamu buat.
- Logo
Logo adalah bagian dari identitas sebuah merek yang dikemas dalam sebuah gambar atau tulisan yang mudah dikenali. Jadi, buatlah logo yang merangkum value dalam merek bisnismu.
- Slogan
Slogan merupakan cara yang digunakan sebuah merek untuk mengomunikasikan nilai-nilai yang dianut oleh merek tersebut.
- Warna
Warna merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan identitas dan nyawa pada sebuah merek. Warna juga dapat menjelaskan nilai-nilai hingga kepribadian sebuah merek.
- Font
Gunakan font secara cermat agar nilai-nilai positif dari merek yang kamu bangun dapat tersampaikan kepada konsumen luas.
- Positioning
Positioning merupakan penempatan sebuah produk di sektor pasar. Dari hal tersebut, kamu akan mengetahui posisi produkmu, apakah lebih rendah atau tinggi dari semua kompetitor.
Tipsnya yang Ampuh Memajukan Bisnis
Untuk membangun bisnismu agar semakin maju dan terdepan, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.
- Tunjukkan Keunikan Produkmu
Tanpa adanya keunikan yang ditonjolkan, produkmu sama saja dengan yang lainnya sehingga, masyarakat tidak akan tertarik membeli produk yang kamu tawarkan.
- Tunjukkan Nilai Positif
Buatlah promosi-promosi yang positif agar produkmu tidak dicap sebagai produk yang tidak berkualitas.
- Buatlah Website
dengan adanya website, perusahaanmu terlihat semakin profesional dan konsumen akan semakin percaya menggunakan produkmu.
- Buatlah Konsep yang Konsisten
Jangan pernah berganti-ganti konsep karena akan menyebabkan konsumen tidak mengenal merekmu dengan baik.
Demikianlah penjelasan lengkap tentang branding yang sangat penting bagi kemajuan sebuah bisnis, yang saat ini tingkat persaingannya semakin ketat. Jika kamu ingin semakin ahli membuat strategi dan tujuan branding bagi bisnismu, yuk ikut kelas pelatihan “Mahir Komunikasi Brand Anda” bersama GeTI Incubator sekarang juga!