Campaign adalah salah satu cara untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih maju lagi. Karena sejatinya, strategi pemasaran satu ini menjadi strategi andalan untuk meningkatkan konversi bisnis menjadi lebih baik lagi. Harapannya, calon pelanggan akan lebih mengenal brand atau produk baru yang telah diciptakan.
Bagi kamu yang ingin mengetahui campaign dan cara membuat campaign yang efektif untuk bisnismu, berikut ini akan dibahas secara lengkap dalam artikel di bawah ini.
Pengertian Campaign Adalah…
Campaign artinya sebuah usaha untuk mempromosikan sebuah produk kepada para konsumen dengan menggunakan berbagai macam media. Media yang digunakan misalnya media internet, TV, media massa, billboard, dan media lainnya.
Dari segi bisnis, kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas yang berfokus pada proses dari hulu ke hilir untuk merencanakan dan melaksanakan sebuah pemasaran produk secara terperinci. Tentunya dengan hasil akhir bisnis kian maju.
5 Manfaatnya bagi Para Pelaku Bisnis
Berikut ini adalah beberapa manfaatnya bagi seorang pebisnis agar produk atau jasa yang dipasarkan bisa semakin maju.
- Meningkatkan Penjualan
Aktivitas marketing satu ini secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan penjualan secara signifikan dengan cara meningkatkan brand awareness. Sehingga secara berkesinambungan dapat membantu meningkatkan bisnis secara lebih maksimal.
- Meningkatkan Brand Image
Adanya aktivitas satu ini, brand image sebuah perusahaan dapat meningkat secara drastis. Masyarakat dapat lebih cepat mengenal brand tersebut secara positif. Sehingga dampaknya makin banyak konsumen yang ingin membeli produk tersebut.
- Meningkatkan Leads
Ketika sebuah campaign berhasil, maka masyarakat akan mencari tahu lebih dalam tentang produkmu, baik secara langsung atau melalui internet. Sehingga leads dari produkmu akan semakin meningkat. Hal ini juga menjadi pengingat untukmu dalam membuat materi campaign yang menarik juga eye catching.
- Mendatangkan Konversi
Konversi merek bisnismu akan semakin meningkat dengan adanya kampanye digital. Karena banyak konsumen yang merasa tertarik akan kelebihan yang ditawarkan oleh brand-mu. Sehingga pada akhirnya konsumen akan lebih yakin akan kualitas dari produkmu.
- Tingkatkan Loyalitas
Adanya usaha kampanye membuat loyalitas para konsumen terhadap produkmu akan terus terjalin. Karena konsumen sudah sangat yakin akan kualitas yang ditawarkan.
5 Tips Efektif dan Sukses Membuat Campaign
Setelah kamu mengetahui apa itu manfaat dari sebuah campaign, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika ingin melakukan aktivitas marketing ini.
- Buat Tujuan
Kamu wajib memiliki tujuan yang jelas dari kegiatan marketing satu ini. Tujuannya agar tidak salah langkah yang berakibat buruk bagi bisnismu. Selain itu, kamu wajib membuat rincian target utama yang ingin dituju. Sehingga bisnis yang sudah kamu buat tidak akan sia-sia begitu saja.
- Riset Pasar
Selalu lakukan riset pasar agar kamu tidak salah mengambil keputusan. Dengan menentukan target pasar yang terperinci, maka produk yang kamu tawarkan akan tepat sasaran seperti yang kamu rencanakan.
- Konsistensi
Supaya menemukan formula yang paling efektif, kamu wajib melakukannya secara berkala dan konsisten. Maka diperlukan konsistensi yang berkesinambungan. Ketika kamu sudah menemukan formula yang paling manjur, kamu bisa menggunakan formula tersebut secara berkala.
- Evaluasi
Evaluasi merupakan kunci utama agar campaign yang sudah dilakukan dapat terus diperbaiki. Melalui evaluasi, kamu bisa mengetahui beberapa kekurangan dari kegiatan marketing yang sudah dilakukan. Sehingga kamu bisa terus memperbaikinya secara berkala.
Getters, itulah pembahasan lengkap tentang campaign yang sangat besar manfaatnya bagi sebuah bisnis. Namun pastikan kamu tidak melakukan black campaign untuk meningkatkan bisnismu, karena akan memuncukan hal negatif dibanding positifnya. Jika kamu ingin sukses berkampanye di media sosial untuk meningkatkan bisnismu, yuk, ikuti pelatihan “Membuat Strategi Promosi Di Media Sosial untuk Menarik Konsumen bagi Pemilik Toko UMKM” hanya di GeTI Incubator!