Company profile menjadi salah satu hal yang sangat penting dibuat oleh perusahaan. Sebab, tanpa adanya company profile akan berdampak kepada brand awareness perusahaan yang membuat orang tidak mengetahui secara detail mengenai informasi perusahaan.
Lalu, apakah kamu tahu apa itu company profile? Jika kamu belum tahu, yuk, baca artikel ini sampai tuntas.
Company Profile Adalah…
Menurut informasi yang dilansir dari Hubspot, company profile atau CP adalah sebuah gambaran umum pada sebuah perusahaan. Pada umumnya, CP memiliki tujuan untuk memberi tahu kepada masyarakat atau audiens mengenai produk hingga layanan yang mereka tawarkan. Selain itu, company profile juga umumnya berisi tentang sejarah berdirinya sebuah perusahaan, visi misi, informasi lowongan pekerjaan, dan lain sebagainya yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan perusahaan.
Jadi, CP memiliki tujuan untuk memberi tahu tentang keberadaan sebuah perusahaan dengan beragam informasi yang lengkap dan terperinci. Karena banyaknya informasi yang disajikan, sebuah company profile dapat membantu meningkatkan awareness pelanggan terhadap sebuah perusahaan.
3 Fungsi Utamanya yang Wajib Diketahui
Berikut ini adalah tiga fungsi lainnya dari sebuah CP yang wajib diketahui.
- Menciptakan Company Story
Ketika kamu memiliki sebuah CP, kamu bisa menceritakan tentang sejarah berdirinya perusahaanmu, pencapaian perusahaan, hingga beragam prestasi serta manfaat yang telah diraih. Hal ini sangat penting untuk ditonjolkan karena dapat menambah koneksi dengan banyak klien. Sehingga beragam peluang bisa datang melalui CP yang profesional.
- Media Promosi Brand
Sebuah CP juga bisa kamu gunakan sebagai media dalam mempromosikan sebuah produk hingga layanan perusahaanmu ke banyak konsumen. Karena semakin banyak masyarakat yang kenal dengan produkmu, maka semakin tinggi pula penjualan produk dari perusahaanmu.
- Menonjolkan Keunikan Perusahaan
Ketika kamu membuat sebuah CP, kamu juga wajib menunjukkan keunikan perusahaanmu. Keunikan yang kamu bangun itu bisa menjadi orisinalitas sebuah CP. Sehingga bisa menjadi poin unik dan menarik bagi orang-orang di luar perusahaanmu. Apa dampak baiknya? Kamu bisa menggaet berbagai orang yang memiliki nilai sama dengan perusahaanmu seperti pelanggan, investor, mitra, hingga karyawan baru.
- Memperkuat Branding Perusahaan
Dalam sebuah CP pastinya akan tercantum beragam kelebihan dari perusahaanmu dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Apabila beragam kelebihan tersebut dikemas dengan baik dan menarik, maka hal ini akan menarik calon pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
- Menciptakan Hubungan Harmonis dengan Konsumen
Dengan dibuatnya sebuah CP, maka kamu bisa membangun hubungan yang positif dengan para konsumen terutama yang menjadi target utama. Hal ini karena pelanggan dapat melihat secara rinci terkait beragam informasi yang diberikan oleh perusahaan. Sehingga hubungan pelanggan dan perusahaan dapat terjalin positif dan harmonis.
Contoh Company Profile yang Wajib Diketahui
Getters, kalau kamu masih bingung tentang gambaran sebuah company profile, gambar di bawah ini contoh CP yang bisa memberikan inspirasi jika kamu ingin membangun sebuah perusahaan.
Getters, itulah penjelasan lengkap mengenai company profile dan hal-hal yang wajib tercantum di dalamnya. Dari penjelasan di atas juga menjelaskan bahwa sebuah CP menjadi bagian terpenting dalam perkembangan sebuah perusahaan, apalagi memiliki UI/UX yang bagus. Nah, jika kamu orang yang tertarik di bidang UI/UX untuk branding company profile dalam website yang menarik dan profesional, kamu bisa langsung mendaftarkan diri ke pelatihan “MERANCANG DESAIN UI-UX UNTUK WEBSITE KORPORASI” hanya di GeTI Incubator sekarang juga! (ZM)