Dalam dunia bisnis dan digital marketing, Google Ads merupakan pilihan utama para pebisnis online yang ingin membuat kampanye iklan, agar produknya menjadi yang nomor satu di internet. Dengan kecanggihan algoritmanya, Google Ads dapat membantu sebuah campaign berada di urutan teratas di mesin pencarian, bahkan hingga di Blog, YouTube, sampai Google Display Network.
Nah, Getters, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang platform satu ini, berikut ini akan dibahas secara lengkap. Mari simak sampai selesai!
Google Ads Adalah…
Secara sederhana, Google Ads merupakan media atau platform periklanan berbayar yang disediakan oleh Google. Di awal kemunculannya, yaitu tahun 2018, platform ini bernama Google AdWords, dengan layanan iklan yang diberikan tetap sama, yaitu per klik, per tayangan, atau impresi.
Manfaat Beriklan di Google Ads
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika kamu memanfaatkan platform ini dalam mengembangkan bisnis, meskipun kamu tidak memiliki akun Google.
- Meningkatkan Konsumen
Fitur canggihnya dapat membantu iklan tepat sasaran kepada orang yang menyukai atau membutuhkan produk yang ditawarkan.
- Hasil yang Cepat
Kamu akan memperoleh hasil yang instan dan maksimal dengan beriklan di platform ini. Tentunya laporan yang diberikan juga sangat transparan.
- Traffic Tinggi dan Berkualitas
Google merupakan platform dengan traffic tertinggi di dunia sehingga akan membantu iklan produkmu lebih dikenal.
- Target Pasar Lebih Dikenali
Platform ini akan membantu mengidentifikasi target pasar dari produk yang kamu promosikan sehingga kamu akan mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa diambil agar produkmu menjadi nomor satu.
Beragam Jenis Campaign yang Tersedia di Google Ads
Jika kamu ingin beriklan di platform ini, kamu bisa menyesuaikan keperluan dan tujuan yang ingin diperoleh. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut.
- Search Network Campaign
SNC merupakan iklan yang akan muncul di halaman mesin pencarian seperti Google Search, YouTube, Google Maps, hingga Google Shopping. Jenis iklan ini memiliki ciri penanda tulisan “Ad” berwarna hitam.
- Shopping Campaign
Jenis iklan ini bukan hanya berada di halaman pencarian, tetapi sudah menyertakan beragam informasi produk secara mendetail hingga pencapaian rating-nya di mesin Google Shopping.
- Display Network Campaign
Jenis iklan ini menggunakan kekuatan visual dengan beragam bentuk, seperti GIF, teks, dan video. Iklan ini akan muncul di berbagai website hingga YouTube. Iklan ini dibayar per klik pada tiap campaign-nya.
- Video Campaign
Seperti namanya, iklan ini berbentuk video yang akan ditayangkan sebelum atau setelah video YouTube di tonton.
Cara Kerjanya yang Wajib Diketahui
Setelah kamu mengetahui jenis-jenisnya, simak cara kerjanya yang sangat bermanfaat bagi usahamu agar menjadi nomor satu.
- Jenis Iklan Menentukan Tujuan
Kamu harus mengetahui tujuan utamamu dalam beriklan, apakah untuk meningkatkan pengunjung di toko online, meningkatkan trafic website, atau sekadar mengarahkan ke landing page di website.
- Jenis Iklan Menentukan Jenis Bid
Platform ini juga memberikan beragam opsi pembayaran sesuai dengan jenis iklan yang akan ditampilkan, seperti:
Cost per Click (CPC)
Pengiklan akan membayar dari sejumlah orang yang mengeklik iklan tersebut atau biasa disebut pay per click.
Cost per Mile (CPM)
Pengiklan akan membayar sejumlah per 1.000 impresi dari tiap-tiap 1.000 kali iklan tersebut dilihat.
Cost per Engagement (CPE)
Pengiklan akan membayar dari total pengguna yang melakukan aksi yang ingin dicapai, misalnya mendaftar akun dan sebagainya.
5 Tips Menggunakan Google Ads
Jika kamu sudah mengetahui cara kerjanya, maka kamu juga harus mengetahui cara menggunakannya agar iklan yang dihasilkan lebih optimal.
- Buat Tujuan Iklan dengan Jelas
Setiap iklan memiliki tujuannya masing-masing sehingga strategi iklan juga ikut menyesuaikan, yang tentu akan berpengaruh pada desain, jenis iklan, hingga copywriting-nya.
- Gunakan Kata Kunci Tepat
Kamu bisa menggunakan platform kata kunci untuk melakukan riset kata kunci yang digunakan oleh kompetitor. Dengan melakukan riset, peluang iklan untuk dilihat target audiens semakin tinggi.
- Buat Teks Iklan yang Menarik
Gunakan copywriting yang menarik agar calon konsumen lebih tertarik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
- Buat Iklan Lebih Mobile Friendly
Lebih dari 60% persen pengguna internet menggunakan smartphone untuk mengakses beragam informasi. Jadi, buatlah, desain yang pas sesuai dengan desktop maupun smartphone.
- Optimalkan Landing Page
Ciptakan user experience yang sempurna agar pengunjung merasa nyaman berselancar di website-mu.
Berapa Biaya Menjalankannya?
Apakah kamu sering bertanya-tanya, berapakah biaya yang wajib dikeluarkan untuk beriklan di platform terbesar di dunia ini? Pada dasarnya, biaya yang harus dikeluarkan sangat tergantung dari kata kunci yang digunakan.
Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi, mulai dari Rp1.000,- hingga Rp5.000,-. Semua tergantung dari kepopuleran kata kunci.
Nah, itulah pembahasan lengkap tentang Google Ads yang bisa kamu coba untuk meningkatkan dan memajukan bisnismu secara instan, tetapi laporan yang diberikan sangat transparan.
Jika kamu ingin lebih memahami strategi promosi di Google Ads untuk meningkatkan bisnismu, yuk, ikuti kelas pelatihan “Merancang Strategi Promosi dan Pemasaran Bisnis Melalui Google Ads untuk Spesialis Pemasaran” bersama GeTI Incubator!