Getters, tahukah kamu, bahwa bisnis ritel adalah salah satu bisnis yang paling dibutuhkan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Toko ritel sangat diperlukan oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang potensinya sangat luas karena berhubungan erat dengan konsumen.
Kamu mau tahu lebih dalam mengenai bisnis ini? Yuk, baca info selengkapnya di bawah ini.
Ritel Adalah…
Ritel atau retail merupakan sebuah kegiatan pemasaran sebuah barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen yang akan dipakai oleh pembelinya tanpa menjualnya kembali. Retail merupakan bagian akhir dari sebuah rantai suplai produk, maka ia memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah kegiatan perekonomian, terutama dalam kebutuhan konsumsi masyarakat. Keberadaan retail sangat membantu banyak konsumen akhir untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan secara eceran. Adapun orang-orang yang menjual kembali barang-barang eceran disebut retailer.
Apa itu Retailer…?
Retailer merupakan pihak yang akan menjual beragam produk secara eceran dari tangan produsen utama hingga sampai ke tangan konsumen akhir. Retailer juga biasa disebut sebagai pengecer atau penjual eceran yang menjual barang dalam jumlah besar. Dalam bisnis ini, seorang retailer akan memperoleh beragam keuntungan dari penjualan produk dengan cara menjual produk dengan harga lebih tinggi dari harga pedagang grosir. Sebab dari situ, ia akan memperoleh keuntungan.
Peranannya bagi Kemajuan Perekonomian Negeri
Selain sebagai perantara penyedia berbagai kebutuhan konsumen, retail juga memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian bangsa. Berikut ini penjabaran lengkapnya.
- Tingkatkan Economic Sales
Bisnis retail menjadi salah satu cara bagi para produsen agar dapat membuat beragam produk eceran secara massal. Hal ini akan sangat membantu memperkecil biaya produksi dari sebuah produk. Sehingga konsumen senang dan produsen untung besar.
- Meningkatkan Pemasaran Produk
Bisnis ini akan sangat membantu sebuah produk yang masih baru agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Bisnis retail juga terbukti dapat meningkatkan penjualan karena dapat menarik konsumen untuk membelinya.
- One-Stop Solution Business
Bisnis ini akan sangat membantu memenuhi beragam kebutuhan konsumen secara eceran. Konsumen juga tak perlu bersusah payah memperoleh barang yang mereka inginkan.
- Analisis Pasar
Karena bisnis ini berinteraksi langsung dengan konsumen, maka bisa menjadi media untuk memperoleh beragam informasi pasar agar produsen dapat beroperasi dengan lebih baik.
Jenis-jenis Ritel beserta Contohnya
Secara terperinci, bisnis ritel terbagi ke dalam beberapa kategori yang akan dijelaskan berdasarkan faktor-faktornya sebagaimana informasi di bawah ini.
- Berdasarkan Produk yang Dijual Belikan
Secara umum, pembagian kategori ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
Product Retailing
Adalah sebuah bisnis retail yang melakukan penjualan eceran terhadap berbagai jenis barang yang telah diproduksi oleh produsen. Umumnya, jenis retail ini berbentuk department store hingga speciality store, yaitu jenis retail yang memasarkan produk kebutuhan rumah tangga.
Service Retailing
Jenis bisnis ini menawarkan beragam barang dan jasa yang terbagi ke dalam tiga golongan, yaitu owned goods service, non goods servicem dan rented goods service.
- Berdasarkan Kepemilikan
Berdasarkan kepemilikannya, bisnis ini terbagi menjadi tiga kategori yang meliputi:
Skema Kepemilikan Waralaba
Dalam jenis ini, sebuah brand ritel akan memberikan wewenang kepada pihak lain untuk membuka bisnis dengan lisensi yang sama dengan bisnis induk dari retail tersebut. Skema ini biasa disebut dengan franchise.
Skema Kelompok Usaha
Jenis ini umumnya dibangun oleh sebuah korporasi yang terdiri dari beberapa lini produk mereka. Sehingga, ritel yang dibangun terdiri dari beberapa gabungan lini bisnis.
Skema Independent Retail Firm
Jenis ini dibangun dan dikembangkan oleh pelaku usaha yang bersifat individu maupun kelompok. Umumnya pemilik bisnis tidak memiliki keterkaitan dengan pihak-pihak manapun.
- Berdasarkan Lokasi
Karena zaman semakin berkembang, kini banyak bisnis retail yang tumbuh dan maju di platform digital. Selain itu, ada juga shopping center yang terdiri dari berbagai jenis retail.
Kondisi Bisnis Ritel di Indonesia Tahun 2022
Menurut Menteri Perdagangan, di tahun 2022, situasi bisnis ritel semakin menuju ke arah positif. Hal ini diperkuat dengan pelonggaran mobilitas karena melandainya kasus Covid-19. Di kuartal II tahun 2022, penjualan retail kini tumbuh sebesar 15,42% secara year on year (yoy). Pertumbuhan tersebut menjadi isyarat bahwa terjadi peningkatan daya beli masyarakat yang kembali normal dan pulih setelah terhantam gelombang pandemi.
Angka tersebut juga menjadi harapan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah ancaman resesi global dan ketidakpastian ekonomi global. Dengan meningkatnya nilai penjual retail, bisa menjadi leading indikator dari sistem ekonomi untuk terus berjalan.
Nah, itulah pembahasan lengkap tentang ritel yang menjadi rantai pasokan bagi kebutuhan masyarakat. Nah, kalau kamu berencana membuka bisnis online berkonsep retail, yuk, ikuti pelatihan “Memulai dan Menentukan Model Bisnis Ritel Daring bagi Pemilik Toko UMKM” bersama GeTI Incubator sekarang juga!