Pada era digital saat ini banyak sekali terjadi perubahan yang baru, perubahan yang membuka peluanf bagi para pengguna untuk mencoba hal-hal baru dan terbuka untuk dunia luar. Masyarakat banyak yang mulai membuka diri dan menyesuaikan dengan berkembangnya teknologi yang sekarang. Era digital memberikan kemudahan dan fasilitas untuk melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
Pasti kamu pernah melihat seseorang membuat video untuk akun social media nya kan? Nah, itu yang disebut “Content Creator”.
Apa itu Content Creator?
Content Creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi di media, terutama media digital yang memiliki target audiens tertentu. Bahkan, mereka orang yang membuat materi dengan menambahkan nilai hiburan dan edukasi untuk audiens nya. Secara sederhana, content creator adalah orang yang membuat konten. Konten yang mereka buat akan disebar ke berbagai platform social media yang mereka punya seperti, YouTube, Instagram, Facebook dan Tiktok. Sebenarnya mereka bukan hanya sekadar pencipta konten semata, mereka memiliki fungsi yang terbilang besar didalam dunia marketing sekarang.
Content creator mulai beradaptasi di era digital dengan menghasilkan konten yang menarik dan dapat menarik perhatian audiens, dengan cara menuangkan ide-ide di media digital untuk mendapatkan peluang dalam digital marketing dan memiliki konten yang positif. Keberadaan mereka bisa menjadikan sebuah informasi yang lebih menarik dan informatif, mereka tidak hanya sebatas membuat konten saja tetapi juga sebagai orang yang memiliki ide kreatif atau gagasan yang memiliki konsep menarik. Mereka memiliki tanggung jawab atas informasi dan konten yang mereka sebarkan pada media yang menjadi wadahnya. Untuk menjangkau banyak audiens, kebanyakan mereka saat ini tidak hanya membuat satu platform saja sebagai wadah publikasi.
Pengaruh Content Creator
1. Membentuk opini publik, dapat memengaruhi pandangan dan opini publik melalui konten mereka, baik tentang isu-isu sosial, politik, atau budaya.
2. Pemasaran dan promosi, mereka menjadi alat promosi yang kuat untuk merek dan produk. Kolaborasi bisa memberikan eksposur besar kepada produk atau layanan.
3. Pendekatan yang lebih personal, memiliki kemampuan untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens mereka, menciptakan hubungan yang lebih dekat dan personal dengan pengikut mereka.
4. Pendidikan dan hiburan, mereka dapat berperan sebagai sumber pengetahuan dan hiburan bagi audiens mereka.
5. Penggunaan platform sosial, mereka mendorong pertumbuhan platform sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube dengan menciptakan konten yang menarik.
Pengaruh content creator di era digital terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen. Mereka memiliki potensi untuk membentuk budaya, masyarakat, dan bisnis secara signifikan dalam dunia digital saat ini.
Bagaimana sih menjadi content creator yang sukses? Yuk, Getters bisa mengikuti kelas pelatihan reguler di “Menjadi Tiktok Content Creator Viral di Era Digital”.