Segmentasi pasar menjadi sebuah strategi penting yang perlu dipahami jika kamu menginginkan bisnis yang dijalankan semakin berkembang dan maju. Dengan mengetahuI segmentas pasar dengan tepat, maka, target pasar yang dibuat akan semakin tepat sasaran. Selain itu, perusahaan akan mampu membuat produk sesuai dengan kebutuhan dan kelompok konsumen yang telah ditentukan.
Lalu, apa segmen pasar itu? Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam, yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.
Segmentasi Pasar Adalah…
Segmentasi pasar atau market segmentation adalah sebuah strategi yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mengetahui target konsumen secara spesifik dan lebih baik. Untuk melakukan market segmentation, sebuah perusahaan akan mengidentifikasi target pelanggan yang ingin dicapai berdasarkan karakteristik, demografi, kebutuhan, hingga minat pelanggan. Sehingga bisnis yang sudah dijalankan bisa terus berkembang membawa hasil yang lebih optimal.
Contoh yang sangat sederhana dari sebuah market segmentation adalah perusahaan minyak wangi akan mengeluarkan minyak wangi untuk laki-laki dan perempuan yang berbeda. Karena laki-laki dan perempuan memiliki keinginan dan karakter yang berbeda-beda. Sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dengan tepat dan optimal.
Tujuannya yang Wajib Diketahui untuk Kemajuan Bisnis
Berikut ini adalah beberapa tujuan segmentasi pasar yang wajib kamu ketahui.
- Mengetahui Kompetitor Bisnis
Dengan melakukan market segmentation, maka, kamu akan mengetahui siapa saja kompetitor dari bisnismu. Sehingga perusahaan dapat melakukan strategi yang paling cocok untuk kembangkan bisnis. Perusahaan juga bisa mempelajari strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor.
- Tingkatkan Kualitas
Perusahaan juga akan lebih mengetahui beragam kebutuhan konsumen yang lebih terperinci. Sehingga bisa menjadi bahan evaluasi untuk tingkatkan kualitas dan pelayanan menjadi lebih baik lagi.
- Perencanaan Bisnis
Dengan melakukan market segmentation, maka, perusahaan akan lebih mudah melakukan pemetaan konsumen menjadi beberapa kelompok yang spesifik. Sehingga hal tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi yang tepat untuk perencanaan bisnis.
- Strategi Pemasaran Semakin Meningkat
Perusahaan juga akan lebih mudah mengarahkan strategi pemasaran yang dianggap paling tepat. Hal ini karena perusahaan sudah mampu mengelompokkan permasalahan secara lebih spesifik. Dampak baiknya, perusahaan semakin maju dari waktu ke waktu.
- Mudah Mengikuti Perubahan Pasar
Situasi pasar sangatlah tidak bisa diprediksi. Dalam hal ini bersifat dinamis atau dapat berubah-ubah. Sehingga, bisnis yang sedang kamu jalankan wajib memiliki kemampuan dalam mengikuti beragam perubahan yang terjadi. Sehingga ke depannya usaha yang sudah kamu bangun tetap dapat bertahan dan berkembang di segala situasi dan kondisi.
Manfaat Segmentasi Pasar bagi Kemajuan Bisnis
Market segementation mempunyai peranan yang sangat nyata dalam memajukan sebuah bisnis menjadi lebih baik lagi. Sehingga beragam target yang diinginkan dapat tercapai dengan maksimal. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang wajib diketahui dalam berbisnis.
- Menjadi media dan strategi pemasaran untuk bisnis yang lebih kuat dan tepat.
- Perusahaan dapat memperoleh pelanggan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.
- Perusahaan dapat memperoleh beragam keuntungan materi hingga branding bisnis yang terus meningkat.
- Perusahaan dapat meningkatkan dan mengembangkan produk hingga layanan yang lebih baik lagi.
- Perusahaan dapat mengatur produk yang ingin dijual sesuai dengan permintaan pasar.
- Perusahaan akan lebih mudah dalam mengatur dana keuangan yang masuk dan keluar.
- Dapat membantu meningkatkan daya tarik di depan para konsumen.
- Membantu meningkatkan daya saing dengan para kompetitor yang ada.
- Perusahaan dapat lebih fokus untuk mengembangkan beragam peluang bisnis yang sedang terjadi.
Contoh Segmentasi Pasar yang Wajib Diketahui
Setiap produk yang ditawarkan di pasaran tentunya memiliki market segmentation-nya masing-masing. Agar kamu bisa memahaminya lebih dalam lagi, berikut ini adalah contohnya yang wajib kamu ketahui.
- Market Segmentation untuk Produk Susu RTD
Sebagai contoh produk susu ready to drink, bisa kamu lihat dari merek Frisian Flag yang mengeluarkan susu RTD bernama Zuzhu. Secara demografis, produk Zuzu menargetkan calon konsumen anak-anak dengan rentang usia 6-12 tahun, baik anak laki-laki ataupun perempuan. Secara psikografis, susu Zuzu menyasar anak-anak yang aktif dan imajinatif. Sehingga kemasan susu yang dibuat sangat menarik dan edukatif. Mengutip dari frisianflag.com, susu Zuzu juga ingin menyampaikan pesan sehat kepada seluruh anak-anak anak-anak dan orang tua tentang kebaikan yang terkandung dalam susu.
Nah, Getters, jika kamu saat ini memiliki atau akan membangun bisnis dan ingin mengembangkan segmentasi pasar menjadi lebih besar, yuk, ikuti kelas “Mengenal Konsumen Dengan Segmentasi” hanya di GeTI Incubator sekarang juga.