Sebelum kita bahas ke 5 soft skill yang harus dimiliki, kita bahas dulu yuk apa itu soft skill. Menurut The Balance Careers, soft skill adalah kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja. Soft skill ini sulit untuk diukur.
Lalu apa sih bedanya dengan hard skill? Hard skill adalah kemampuan yang dapat diajarkan atau seperangkat keterampilan yang mudah diukur. Biasanya, Anda akan mempelajari hard skill di kelas, melalui buku atau materi pelatihan lainnya, atau di tempat kerja.
Nah, keduanya ini memiliki peran yang sama-sama penting untuk kehidupan kamu dimasa depan. Jadi jangan hanya melatih hard skill kamu aja ya, yuk mulai latih soft skill kamu.
Berikut ini 5 soft skill yang harus dimiliki demi masa depan kamu:
1. Komunikasi
Walaupun skill ini terdengar mudah tapi ternyata masih banyak orang yang merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang baru dan berkomunikasi didepan banyak orang.
Di dunia kerja tentunya kamu akan berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai divisi, atau mungkin juga kamu diharuskan untuk melakukan presentasi didepan banyak orang. Nah karena hal ini tentunya skill komunikasi menjadi sangat penting untuk kamu miliki.
Jangan khawatir, untuk kamu yang merasa skill komunikasinya masih kurang baik, kamu bisa mulai melatih skill komunikasi kamu dengan cara mulai memberanikan diri untuk berbicara didepan banyak orang, mendengarkan lawan bicara sehingga kamu bisa memahami apa yang mereka sampaikan, dan kamu bisa coba untuk melatih berbicara didepan cermin sehingga kamu bisa melihat kekurangan dari cara bicara mu dan memperbaikinya.
2. Teamwork
Dalam kehidupan sehari-hari ataupun dunia kerja, akan ada saat dimana kamu harus mengerjakan sesuatu secara berkelompok. Kamu harus melatih dirimu untuk bisa menerima pendapat orang lain, berdiskusi dalam mengambil suatu keputusan dan menghargai perbedaaan pendapat.
3. Manajemen Waktu
Jika kamu masih suka terlambat datang dan mengerjakan tugas lebih dari deadline yang diberikan, artinya kamu masih belum punya manajemen waktu yang baik. Kamu bisa membuat list hal-hal apa yang akan dikerjakan pada hari itu dan perkirakan juga waktu yang akan dibutuhkan untuk setiap kegiatannya. Mulai biasakan diri untuk lebih bisa memanfaat waktu dengan baik.
4. Adaptasi
Masuk ke lingkungan baru tentunya mengharuskan kamu untuk bisa beradaptasi. Skill ini penting untuk dimiliki terumata jika kamu fresh graduate yang baru pertama kali masuk ke dunia kerja. Kamu akan dihadapi dengan orang baru, pekerjaan baru dan lingkungan baru. Dengan mempunyai skill adaptasi yang tinggi, akan membuat kamu lebih cepat merasa nyaman dalam situasi apapun.
5. Berpikir Kritis
Soft skill lain yang harus dimiliki adalah berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis digunakan untuk melihat segala sesuatunya lebih jernih dan rasional. Kemampuan berpikir kritis bisa menuntun mu untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi sebuah informasi, dan mendeteksi kebenaran dari informasi tersebut. Jadi kamu tidak mudah percaya dan terhindar dari percobaan penipuan.
Nah itu dia 5 soft skill yang harus dimiliki. Jangan lupa untuk terus melatih soft skill kamu ya!
Baca juga: Cari Pekerjaan Jadi Mudah Lewat Fitur Job Search Prakerja!