Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia memiliki kedudukan penting di bidang market ekspor produk halal global. Karena itu Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi produsen ekspor produk halal global. Capaian ini tentu masih perlu ditingkatkan, sekaligus menjadi peluang besar bagi para pelaku UMKM lokal.
Tahun 2021 lalu, Indonesia telah berhasil ekspor produk halal mencapai US$ 34 Milyar atau setara dengan 483 Trilyun. Hal ini berarti Indonesia telah menguasai 17% market ekspor produk halal global yang mencapai US$ 200 Milyar. Hal ini tentu menjadi peluang sekaligus tantangan bagi UMKM lokal untuk terus memenuhi market ekspor produk halal dunia. Tidak tanggung-tanggung, peluang cuan dari ekspor kebutuhan produk halal ini bisa mencapai ratusan juta per bulan.
Pemerintah beserta seluruh stakeholder terus merupaya menggenjot UMKM halal untuk terus produktif. Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin yang juga merupakan Kyai sekaligus tokoh muslim Indonesia menjadi nakhoda dari program pemerintah yang memudahkan sektor produk halal ini. Berbagai program beliau canangkan demi meningkatkan ekspor produk halal UMKM Indonesia.
Dengan pertimbangan potensi ini, Wapres langsung mencanangkan Global Halal Hub (GHH), sebuah ekosistem yang siap menjadi wadah bagi para UMKM Halal untuk mengembangkan usahanya. Nantinya, GHH akan membina para UMKM halal agar produk halal mereka mampu menembus pasar global. Mengingat perkembangan dunia digital yang terus berkembang pesat, tentunya dapat menjadi media yang makin memudahkan produk halal lokal menembus pasar global.
Wapres berpesan, peluang-peluang ini harus dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja ekspor produk UMKM, seperti melalui digitalisasi pengelolaan dan pemasaran produk halal hingga mampu menembus persaingan pasar global. Wapres juga berharap hadirnya ekosistem Global Halal Hub ini menjadi awalan yang baik untuk mensinergikan berbagai pihak dan membawa semakin banyak produk halal maupun UMKM halal Indonesia ke pasar global. Potensi yang dapat diraih oleh UMKM Halal bisa mencapai ratusan juta per bulan.
Peningkatan nilai ekspor produk halal UMKM Indonesia tentu perlu melibatkan banyak hal dan banyak pihak. Selain peningkatan kualitas produk, tentunya Sumber Daya Manusia (SDM) dari pelaku UMKM itu sendiri juga perlu ditingkatkan.
GeTI Incubator yang juga tergabung dalam ekosistem GHH telah berkomitmen untuk berperan aktif dalam meningkatkan SDM UMKM Halal di Indonesia. Komitmen itu diwujudkan dengan dihadirkannya berbagai kelas edukasi dan peningkatan kemampuan dalam berbagai bidang penunjang ekspor produk halal. Kelas seperti penguasaan dalam ekspor, peningkatan kualitas marketing, sampai teknik sukses berjualan di platform online lokal dan global telah hadir demi meningkatkan kualitas SDM UMKM Halal.
Bagi para UMKM lokal yang memiliki produk halal atau bagi yang baru ingin terjun ke dunia ekspor produk halal, dapat belajar mengupas rahasia cuan di bidang tersebut bersama GeTI Incubator. Kamu dapat memilih sendiri kelas serta materi yang sesuai dengan minat atau kebutuhanmu sendiri. Segera tambah kemampuan diri kamu, dan maksimalkan peluang cuan di bidang ekspor produk halal yang bisa mencapai ratusan juta per bulan! Daftar GeTI Incubator sekarang!