Sebagai seorang karyawan kamu mungkin pernah mempunyai keinginan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara membuka usaha sendiri. Namun, karena masih berstatus sebagai karyawan, tentunya keinginan ini memiliki tantangan tersendiri.
Bagi kamu yang belum memiliki time management yang baik mungkin akan merasa kesulitan untuk membagi waktu antara pekerjaan dan memulai usaha. Nah kali ini kita akan bahas tips menjalankan usaha sebagai seorang karyawan. Simak yuk!
Berani Mengambil Kesempatan
Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Namun, tidak semua orang memiliki keberanian yang cukup untuk mengambil kesempatan yang ada. Padahal kesempatan tersebut belum tentu akan hadir untuk kadua kalinya.
Banyak pertimbangan dan ketakutan yang muncul menjadi alasan utama kenapa memutuskan untuk tidak mengambil kesempatan tersebut. Padahal dengan memanfaatkan skill yang dimiliki, kamu akan bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses. Cobalah untuk percaya pada kemampuan diri sendiri agar semakin yakin untuk bisa menjalankan keduanya.
Ubah Perspektifmu
Sampai saat ini, masih banyak yang beranggapan bahwa mempunyai usaha dengan status sebagai karyawan merupakan hal yang sulit. Padahal dengan kondisi seperti ini kamu juga memiliki sisi yang menguntungkan loh.
Kamu akan mampu untuk membiayai usaha sampingan ini. Jadi pertahankan posisimu sebagai seorang karyawan sampai usaha yang kamu jalankan stabil. Jika itu terjadi, kamu bisa memutuskan apakah akan tetap menjalankan keduanya atau tidak.
Bisa Mengatur Waktu
Untuk bisa menjalankan keduanya, kamu akan perlu untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Disinilah pentingnya untuk memiliki skill time management yang baik. Kamu harus bisa membagi waktu supaya keduanya tetap berjalan dengan baik.
Belajar Mengelola Keuangan
Mempunyai sebuah bisnis tentunya menuntut kamu untuk bisa mengatur keuangan dengan baik. Pisahkan antara uang pribadi dan uang hasil dari usahamu supaya kamu tetap bisa menggunakan uang tersebut untuk keperluan usahamu tanpa menggunakan uang pribadi.
Jangan Berhenti Beradaptasi
Ketika sudah memutuskan untuk menjalankan bisnis sambil bekerja, tentunya kamu akan menemukan hal baru yang mungkin belum pernah kamu lakukan. Jangan berhenti untuk terus beradaptasi sampai akhirnhya kamu akan terbiasa dengan hal tersebut.
Itu adalah tips menjalankan usaha sebagai seorang karyawan. Bagi seorang pemula, bisnis online bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai langkah awal untuk terjun kedunia bisnis. Yuk pelajari cara sukses berjualan di marketplace dengan mengikuti kelas disini!