Apa itu networking? Networking adalah suatu jaringan yang terbentuk dari adanya pertukaran ide, atau informasi di antara rekan yang memiliki minat khusus ataupun seprofesi. Networking menjadi point penting untuk kesuksesan kamu dalam berkarir.
Kenapa? Karena hal ini bisa membantu kamu untuk menambah wawasan dan bahkan bisa menambah peluang baru dalam dunia karir ataupun bisnis. Oleh karena itu, networking semakin luas maka akan semakin memberikan banyak manfaat untuk kamu. Lalu bagaimana tips mudah membangun networking?
5 tips mudah membangun networking:
1. Bergabung dengan komunitas atau organisasi
Bergabung dengan komunitas atau organisasi bisa mempermudah kamu untuk membangun networking. Di dalam komunitas atau organisasi kamu akan dengan mudah menemukan orang-orang yang menyukai hal yang sama dengan kamu.
Kamu bisa mengikuti komunitas atau organisasi yang sesuai dengan jenjang karirmu, seperti blogger, photographer, digital marketing dan lain-lain. Komunitas atau organisasi tersebut menjadi tempat untuk para anggotanya sharing pengetahuan, informasi bahkan sampai peluang karir.
2. Beranikan diri untuk berkenalan dengan orang baru
Memang, bagi sebagian orang memberanikan diri untuk berkenalan dengan orang baru tidaklah mudah. Cobalah tantang diri kamu untuk berani melakukan hal ini. Ingat, bahwa networking itu penting untuk perkembangan karir kamu!
Ketika bertemu dengan orang baru atau lingkungan baru, jangan sungkan untuk memperkenalkan diri kamu terlebih dahulu. Selain itu jangan malu untuk terlibat dalam pembicaraan. Tapi pastikan kamu terlibat di waktu yang tepat dan topik pembicaraannya adalah suatu hal yang kamu ketahui, sehingga kamu dapat memberikan pendapatmu pada saat bergabung dengan pembicaraan yang mereka lakukan.
3. Mendekatkan diri dengan rekan kerja
Memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja merupakan langkah yang tepat dalam membangun networking. Rekan kerja akan memberikan dampak positif bagi perkembangan karirmu. Mereka akan membantu kamu memberikan informasi, dukungan dan juga pembinaan.
4. Optimalkan kualitas pembicaraan
Saat berbicara dengan orang lain, pastikan kamu fokus memperhatikan lawan bicara dan tidak teralihkan dengan hal lainnya. Jadilah pendengar yang baik supaya lawan bicaramu merasa dihargai, selain itu juga kamu bisa dengan jelas menerima informasi yang disampaikan oleh lawan bicaramu.
5. Menjaga hubungan baik
Terkadang kita tidak bisa selalu berkomunikasi secara intens dengan teman kita. Padahal menjaga hubungan dengan networking itu adalah yang yang penting untuk dilakukan agar tidak putus hubungan. Oleh karena itu kamu bisa melakukannya dengan cara sesekali menanyakan kabar ataupun menelepon di hari-hari tertentu seperti ulang tahun, hari raya, dan tahun baru. Kamu juga bisa selalu keep in touch dengan berinteraksi di akun media social networking kamu.
Nah itu dia tips mudah membangun networking di dunia kerja. Selain networking, peningkatan skill juga bisa membantu kamu di dunia kerja loh! Yuk terus tingkatkan skill kamu supaya kamu bisa terus menambah value diri dan berkembang di dunia kerja.
Kamu bisa mengikuti kelas pelatihan dari GeTI Incubator! GeTI Incubator sebagai partner resmi Program Kartu Prakerja menyediakan berbagai kelas peningkatan kemampuan diri yang menarik dan bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu. Yuk beli kelasnya disini sekarang!