Getters, tahukah kamu bahwa engagement adalah sebuah istilah yang kini sangat populer di dunia digital? Terutama orang-orang yang mendapatkan penghasilan dari media sosial seperti selebritas, influencer, hingga pebisnis.
Yuk, ketahui lebih dalam tentang engagement dengan menyimak artikel di bawah ini sampai habis!
Engagement Adalah…
Secara sederhana, engagement merupakan sebuah bentuk interaksi dari orang-orang terhadap konten yang kamu buat di beragam platform media sosial. Secara tidak langsung, metrik ini menjadi penentu apakah konten yang kamu buat menarik atau tidak di mata audiens. Semakin tinggi interaksi yang ada dalam kontenmu, maka semakin tinggi pula tingkat popularitas yang akan kamu peroleh.
Jenis-Jenis Engagement Adalah…
Secara algoritma media sosial, engagement terbagi ke dalam tiga indikator yang menjadi pertanda bahwa kamu sukses membuat konten:
- Percakapan
Banyaknya komentar dari orang-orang dalam konten yang kamu buat menandakan kamu sukses menciptakan engagement bagi audiensmu.
- Amplifikasi
Membagikan ulang atau menyebarkan kontenmu termasuk dalam kategori amplifikasi yang membuat kontenmu semakin dikenal oleh banyak orang.
- Reaksi
Reaksi yang diberikan oleh audiensmu bisa berupa like atau beragam emoji yang mereka rasakan tentang kontenmu.
Cara Mengukur Engagement Rate yang Efektif
Gimana, ya, cara mengukur engagement? Agar kamu semakin paham tentang jenis-jenis algoritma, berikut ini akan dijelaskan secara lebih lengkap dengan rumusan yang lebih terperinci.
- Engagement Rate by Reach (ERR)
ERR merupakan formula yang umum digunakan untuk menghitung metrik ini. Caranya adalah menghitung jumlah audiens yang berinteraksi berdasarkan jumlah total reach dari setiap konten yang dibuat.
Adapun rumus yang digunakan adalah:
Nilai rata-rata ERR = total ERR / total posting-an.
- Engagement Rate by Post (ERP)
ERP biasa digunakan untuk mengukur total interaksi pengikut dalam setiap posting-an. Cara ini menggunakan parameter per posting-an untuk mengukur total keseluruhan interaksi.
Adapun rumus yang digunakan adalah:
Nilai rata-rata ERP = total ER / total posting-an.
- Engagement Rate by View (ERV)
Rumus ini sangat cocok untuk mengukur engagement dalam postingan yang berupa video.
Adapun rumus yang digunakan adalah:
Nilai rata-rata ERV = total view / total postingan.
- Daily Engagement Rate (DER)
Rumus ini digunakan untuk mengetahui waktu-waktu yang paling tinggi bagi para followers melakukan interaksi di setiap postingan yang dibuat.
Adapun rumus yang digunakan adalah
Nilai rata-rata DER = total interaksi / hari x pengikut x 100
4 Cara Meningkatkan Engagement, Ayo, Terapkan!
Bagi kamu yang ingin meningkatkan interaksi dengan orang-orang di media sosialmu, berikut ini cara-cara mudah yang bisa kamu lakukan. Ini juga cocok bagi kamu yang memiliki toko online di media sosial!
- Kenali Audiensmu
Kamu bisa memanfaatkan fitur insight di media sosialmu untuk mengetahui total kunjungan audiens di akunmu dan waktu aktif mereka agar kamu bisa tepat sasaran ketika mem-posting setiap konten.
- Buat Konten yang Menarik
Konsisten dan teratur dalam membuat konten yang menarik adalah kunci meningkatkan interaksi di media sosialmu. Namun, jangan terlalu sering agar kontenmu tidak dianggap sebagai spam.
- Posting Konten di Jam Sibuk
Kamu bisa memanfaatkan busy hour untuk mem-posting konten agar interaksi followers-mu semakin meningkat.
- Selalu Ikuti Tren
Membuat konten yang sesuai dengan tren yang sedang terjadi terbukti ampuh meningkatkan interaksi audiens. Apalagi jika konten tersebut diolah dengan kreativitas yang tinggi, pasti akan meningkatkan interaksi.
Seberapa Penting Engagement bagi Perkembangan Bisnis Online?
Di tengah kemajuan teknologi, kini media sosial menjadi lahan yang sangat subur untuk membantu meningkatkan perkembangan sebuah bisnis. Salah satu cara agar bisnis semakin berkembang adalah dengan meningkatkan engagement yang sudah terbukti membantu bisnis lebih dikenal oleh masyarakat.
Adapun manfaat lain sebuah engagement untuk bisnis adalah dapat membantu meningkatkan brand awareness, mempermudah promosi sebuah bisnis karena tingginya interaksi, meningkatkan posisi bisnis berada di posisi teratas mesin pencarian, hingga menjangkau pasar yang luas karena banyaknya audiens yang membagikan konten bisnis yang kamu buat.
Nah, itulah pembahasan lengkap tentang engagement dan manfaatnya bagi keberlangsungan bisnis online agar semakin berkembang. Jika kamu seorang pebisnis dan tertarik untuk lebih mengoptimalisasi media sosial sebagai kanal bisnis, yuk, ikuti kelas “Mengelola Konten Kreatif & Komersial Optimalisasi Media Sosial Bagi Pedagang Melalui Internet” bersama GeTI Incubator sekarang juga!