Content creator menjadi salah satu pekerjaan yang sangat diminati di Indonesia saat ini. Apalagi, menurut data dari Katadata.id, pengguna aktif media sosial di Indonesia pada tahun 2022 telah mencapai 170 juta pengguna. Melihat angka yang sangat besar ini, tak heran banyak orang yang kemudian berkeinginan menjadi seorang content creator. Terlebih profesi ini tak memerlukan persyaratan latar belakang pendidikan tinggi seperti pekerjaan pada umumnya. Sehingga semua kalangan masyarakat dapat menekuni profesi ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.
Nah, bagi kamu yang penasaran tentang serba-serbi content creator, yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.
Content Creator Adalah…
Content creator atau kreator konten adalah orang yang membuat konten atau menciptakan konten yang bersifat edukatif hingga menghibur untuk para audiensnya. Jenis konten yang dibuat juga bisa sangat bermacam-macam, seperti video, foto, podcast, tulisan, dan lain sebagainya. Hasil konten tersebut biasa dibagikan di berbagai media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya.
Jika kamu orang yang sangat kreatif, kamu bisa membuat berbagai konten di media sosialmu atau bekerja di perusahaan untuk membuat konten yang orientasinya untuk bisnis. Kamu bisa tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kapasitasmu. Namun, terlepas dari itu semua, pembuatan sebuah konten juga memerlukan kecermatan dan logika agar konten yang dibuat mudah dipahami audiens targetmu.
6 Skill yang Wajib Dimiliki untuk Menjadi Kreator Konten Sukses
Berikut ini adalah beberapa skill yang wajib kamu miliki dan pelajari agar konten yang dihasilkan disukai banyak orang.
- Kemampuan Riset
Ketika kamu akan membuat sebuah konten, diperlukan berbagai riset yang valid untuk mengumpulkan berbagai informasi pendukung yang akan memperkaya konten buatanmu. Adanya riset juga akan membantu seorang pembuat konten untuk memahami kondisi pasar, tren yang sedang terjadi, hingga berbagai kebutuhan audiens.
- Time Management
Diperlukan kemampuan manajemen waktu yang baik agar konten yang dibuat dapat tayang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Maka, pastikan perencanaan konten yang matang karena membuat sebuah konten memerlukan waktu yang tidak sebentar.
- Pengetahuan dan Keterampilan SEO
Selain membuat konten yang bagus, seorang kreator juga wajib memiliki pengetahuan akan search engine optimization (SEO). Tujuannya, agar konten yang dibuat mudah ditemukan di mesin pencarian dan menjadi nomor satu.
- Kemampuan Copywriting dan Content Writing
Kemampuan membuat script, caption, dan berbagai tulisan lainnya sangat dibutuhkan kreator konten untuk membuat konten yang menarik dan berpotensi viral. Karena itu, diperlukan kemampuan copywriting dan content writing agar konten yang dibuat semakin disukai banyak orang.
- Kemampuan Menggunakan Kamera
Jika konten yang kamu buat berupa foto atau video, maka diperlukan keterampilan fotografi dan videografi. Sehingga konten yang dihasilkan bisa bagus dan banyak disukai audiens.
- Kemampuan Editing
Tugas content creator ialah memiliki kemampuan editing untuk memastikan konten yang dihasilkan berkualitas. Dengan editing, kamu bisa menghilangkan berbagai kekurangan yang ada di konten tersebut.
Kisaran Gajinya yang Wajib Diketahui
Jika kamu ingin menjadi seorang konten kreator terkhusus untuk diri sendiri sebenarnya tidak diperlukan latar belakang pendidikan khusus. Hanya saja, untuk berkarier di perusahaan diperlukan latar belakang pendidikan yang mendukung.
Saat ini, gaji seorang content creator sangat menjanjikan. Gaji yang diperoleh bekisar antara Rp4 juta hingga Rp8 juta. Namun angka ini bisa berbeda sesuai dengan kebijakan perusahaan. Akan tetapi, kalau kamu bekerja untuk diri sendiri karena menjadi seorang influencer, maka penghasilan yang diperoleh bisa sampai puluhan juta.
Untuk menjadi seorang content creator yang baik wajib memahami target audiens dengan tepat untuk membuat konten yang up-to-date agar menarik perhatian banyak audiens.
Nah, Getters, saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi content creator andal, profesional, dan mendapatkan banyak cuan. Kamu mau? Yuk, ikuti pelatihan “Sukses Jadi Influencer di Era Digital” di GeTI Incubator yang dibimbing langsung oleh para ahli bersertifikasi.