“Memberikan Kemudahan adalah kunci di mana mereka (Generasi Milenial & Generasi Z) akan merasa nyaman.”
Sebagai dua generasi yang sedang mendominasi, Generasi Milenial dan Generasi Z tentu tengah menjadi target konsumer dari para brand atau perusahaan. Istilahnya, semua brand ingin PDKT sama dua generasi ini! Dengan sejumlah karakter baru yang hadir dalam kehidupan dua generasi super itu, brand harus tahu cara PDKT terhadap dua generasi ini untuk membangun sebuah kerja sama.
Untuk diketahui, istilah PDKT atau Pendekatan adalah sebuah tahap awalan ketika sebelum memulai suatu hubungan dengan seseorang. Dan istilah PDKT biasa digunakan untuk orang-orang yang sedang ingin mendapatkan pasangan. Tentunya, dalam masa PDKT ini nantinya akan menentukan hubungan seseorang akan berhasil mendapatkan pujaan hati yang ia inginkan atau tidak.
Tidak sedikit orang yang benar-benar bingung atau kurang paham bagaimana caranya untuk memulai proses PDKT tersebut. Bahkan kebingungan saat mencari bahan obrolan, baik secara langsung atau tidak langsung. Banyak juga yang gagal dalam proses pendekatan itu. PDKT juga bertujuan untuk membuat rasa penasaran dan tertarik satu sama lain.
Dalam artikel ini, kita tidak membahas PDKT mendapatkan pasangan, ya. Tapi lebih dari itu, seperti kalimat pembuka pada artikel ini, tentang bagaimana sebuah brand melakukan PDKT kepada dua generasi terbaru ini.
Nah, Getters, ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan oleh brand untuk menjaga hubungan dengan Milenial dan Gen Z. Baik untuk brand yang sudah lama maupun baru, adaptasi pendekatan ini sangat perlu dilakukan. Sebab dengan kedekatan, untuk memulai bisnis menjadi mudah ke depannya.
Di bawah ini, beberapa pola pendekatan yang bisa dilakukan brand untuk meraih perhatian dari generasi Milenial dan Generasi Z:
MEMAKAI MEDIA SOSIAL!
Kini zaman sudah modern, dan sosial media adalah perangkat utamanya. Media sosial adalah salah satu platform paling digemari oleh Generasi Milenial maupun Generasi Z. Jadi, penggunaan media sosial bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendekati mereka dalam menjalankan bisnis.
Gunakanlah seluruh media sosial yang ada, terutama Instagram, Twitter, dan YouTube. Tiga platform tersebut merupakan jajaran media sosial yang sedang digemari oleh Generasi Milenial dan Generasi Z.
Mulai gunakan media sosial untuk konten marketingmu! Penting bagi brand untuk berbagi konten marketing pada Generasi Milenial dan Gen Z agar kamu mudah dikenal.
JANGAN HANYA MAIN HARGA!
Harga bukanlah masalah besar bagi Generasi Milenial dan Gen Z. Mereka menginginkan nilai atau produk yang memiliki manfaat lebih. Bukan lagi masalah harga murah belaka, tapi sudah menyoal perkara fungsi serta nilai produk di mata mereka itu jauh lebih penting untuk memulai usaha.
Salah satu nilai yang paling diminati adalah di mana ketika sebuah brand bisa membawa ‘good thing’. Nilai-nilai kemanusiaan akan sangat dihargai. Misalnya, produk yang ramah lingkungan atau pengalokasian dana produk untuk hal-hal baik di kalangan masyarakat (bantuan, perbaikan alam, dan lain-lain).
BERIKAN PENGALAMAN/USER EXPERIENCE
Berikan user experience yang baik pada generasi muda ini! Jangan bawa mereka pada proses jual-beli yang ribet dan bertele-tele. Brand harus bisa membuat proses transaksi sesederhana mungkin.
Apabila bisnis online-mu memiliki website, maka jadikan website tersebut user friendly. Berikan banyak kemudahan secara rutin dalam mengakses produk serta katalog produk. Kemudahan adalah kunci di mana mereka akan merasa nyaman.
Itulah beberapa pendekatan yang bisa brand kamu lakukan untuk mendapat perhatian dan menjalankan rencana bisnis bersama Generasi Milenial dan Generasi Z. Tinggalkan pola pendekatan lawas kalau kamu ingin mendapatkan atensi besar dari dua generasi super ini. Dengan pola-pola di atas, akan membuat hubungan kian langgeng serta visi dan misi perusahaan jadi tercapai. Selamat mencoba!