Dalam dunia digital marketing, social media marketing adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk membantu sebuah penjualan. Dalam praktiknya, marketing jenis ini memanfaatkan berbagai peranan media sosial untuk berbagai kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai.
Nah, jika kamu saat ini sedang atau akan membuka sebuah bisnis, berikut ini akan dibahas secara lengkap beragam strateginya.
Social Media Marketing Adalah…
Secara gambaran umum, social media marketing ialah sebuah proses pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media sosial yang sedang tren di masa tersebut. Untuk saat ini, biasanya menggunakan Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, TikTok, dan lainnya. Social media marketing merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.
Agar teknik marketing ini bisa berhasil, biasanya akan dibuat berbagai macam konten untuk menarik perhatian banyak audiens atau target pasar sehingga teknik marketing tersebut dapat tepat sasaran sesuai dengan target yang ingin dicapai.
Hal yang Menyebabkan Social Media Marketing Sangat Dibutuhkan dalam Bisnis
Di tahun 2022 ini, penggunaan media sosial di seluruh dunia telah merambah di angka lebih dari 3,2 miliar orang. Jumlah pengguna media sosial secara keseluruhan hampir didominasi oleh anak muda sehingga platform ini menjadi sebuah ladang subur untuk mencari beragam keuntungan. Berikut ini hal-hal yang menyebabkan pentingnya sebuah social media marketing.
- Tingkatkan Brand Awareness
Sebuah produk akan semakin diingat oleh banyak orang ketika produk tersebut terus diunggah di beragam media sosial. Hal tersebut tentu sangat penting agar produk bisa bertahan dan bersaing dengan kompetitor.
- Mengetahui Aktivitas Kompetitor
Dengan social media, kita akan mengetahui hal-hal apa saja yang biasa dilakukan oleh kompetitor dalam membangun bisnisnya sehingga kita mendapat inspirasi dari hal tersebut.
- Memperoleh Feedback
Melalui social media, kita akan mengetahui respon konsumen terhadap produk yang kita keluarkan. Dari hal tersebut, kita bisa mengukur kekurangan dan kelebihan untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan produk.
5 Strateginya yang Bisa Dilakukan dan Terbukti Sukses!
Berikut ini, beberapa strateginya yang bisa kamu lakukan untuk menjangkau banyak audiens, sehingga bisnismu semakin maju. Yuk, simak penjabarannya di bawah ini.
- Ketahui Selera Target Pasar
Kamu wajib mengetahui selera audiens atau target pasarmu sebelum membuat berbagai jenis konten. Karena selera mereka bisa menjadi tolok ukur kecocokan produkmu dengan mereka. Ketika kontenmu sudah sesuai, maka engegement akan semakin besar.
- Tentukan Platform yang Akan Digunakan
Setiap platform media sosial memiliki fiturnya dan target audiensnya masing-masing sehingga konten yang dibuat akan relevan dengan audiens di platform sosial media tersebut. Pastikan juga kamumembuat akun media sosial yang profesional.
- Buatlah Konten yang Menarik
Dengan membuat konten yang menarik, maka engagement dan sharing akan semakin besar sehingga akan membuat banyak orang tergerak membeli produk yang kamu jual. Kamu juga bisa memanfaatkan momentum viral untuk membuat konten.
- Perhatikan Jadwal Posting
Pastikan kamu mem-posting di jam-jam orang banyak yang aktif menggunakan media sosial dan tetap konsisten dalam jam postingan, agar audiensmu tetap terpapar semua konten-kontemu.
- Lakukan Evaluasi
Jika semua strategi sudah dilakukan, maka kamu bisa melakukan evaluasi dengan menggunakan data-data yang diperoleh dari kegiatan marketing tersebut.
4 Pilihan Social Media yang Bisa Dimanfaatkan
Walaupun saat ini jumlah media sosial sangat banyak, kamu bisa memanfaatkan 5 media sosial berikut ini karena paling banyak digemari di Indonesia.
Dengan beragam fitur yang menarik, Instagram sangat digandrungi masyarakat Indonesia, terutama generasi Z dan milenial. Instagram sangat cocok digunakan sebagai katalog foto produk untuk memudahkan calon konsumen melakukan pembelian.
Facebook dapat digunakan sebagai media awareness dan penjualan dengan membuat beragam konten menarik.
- Youtube
Dengan YouTube, kamu bisa membuat konten dengan durasi yang lebih panjang. Seperti membuat mini series dengan menyisipkan produkmu.
- TikTok
Ada 99 juta orang Indonesia yang menggunakan TikTok per tahun 2022, dan didominasi oleh milenial dan generasi Z. Dengan jejaring sosial yang sangat besar, mereka dikenal sebagai pelanggan setia sebuah produk sehingga sangat berpotensi membuat produkmu semakin sukses.
5 Skill yang Wajib Dimiliki untuk Menjadi Seorang Social Media Marketing Specialist
Jika kamu ingin berkarier di bidang ini, berikut lima skill yang wajib kamu miliki agar kamu semakin andal dan profesional.
- Kemampuan Analitis
Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk menganalisis beragam data, kompetitor, hingga metrik konversi dalam membuat sebuah laporan.
- Kreatif
Dengan beragam kreativitas, kamu bisa membuat beragam ide konten yang menarik serta inovatif yang bisa meningkatkan bisnis menjadi lebih maju.
- Kemampuan Copywriting
Dengan kemampuan copywriting yang baik, kamu bisa membuat caption, konten, hingga tone bahasa yang pas untuk bisnismu.
- Kemampuan Mengikuti Tren
Dunia media sosial sangat dinamis dalam pergerakannya sehingga kamu harus mampu mengikuti tren dengan baik agar bisnismu tidak tertinggal.
- Mengetahui SEO
Dengan pengetahuan SEO yang baik, maka kamu bisa merancang strategi terbaik agar semakin banyak audiens yang mengenal konten bisnismu.
Nah, itulah pembahasan lengkap tentang social media marketing yang saat ini sangat berguna bagi kemajuan dan perkembangan sebuah bisnis. Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam strategi untuk memasarkan produkmu melalui media sosial, yuk, ikuti kelas “Sukses Usaha Lewat Sosial Media” bersama GeTI Incubator sekarang juga!