Getters, apakah kamu saat ini masih sering berbelanja di toko kelontong? Bagi anak 90-an, belanja di toko satu ini merupakan hal yang sangat lumrah. Terlebih keberadaannya yang mudah ditemukan karena berada di tengah permukiman masyarakat.
Kamu mau tahu lebih dalam mengenai toko kelontong? Kalau mau, yuk, simak penjelasannya di dalam artikel ini.
Toko Kelontong Adalah…
Toko kelontong adalah sebuah toko yang menjual berbagi macam kebutuhan sehari-hari dengan lengkap dan terjangkau. Umumnya, produk yang dijual dalam usaha toko kelontong adalah produk kebutuhan rumah tangga, seperti produk kebutuhan pokok, bumbu dapur, peralatan mandi dan mencuci, alat pembersih rumah, dan beragam macam kebutuhan lainnya.
Karena masih dalam skala yang kecil, jenis toko ini termasuk dalam salah satu kategori UMKM yang perkembangannya sangat cepat dibanding jenis lainnya. Dalam sejarah Indonesia, tahun 1989, toko kelontong pernah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia yang kala itu sedang dilanda krisis ekonomi berkepanjangan. Dan saat ini, ketika pandemi Covid-19 melanda, toko kelontong menjadi salah satu penggerak roda ekonomi Indonesia.
Arti Kata Kelontong yang Perlu Diketahui
Menurut KBBI, kata kelontong memiliki dua arti, yaitu alat kelentingan atau alat yang bisa dibunyikan oleh para pedagang di zaman dahulu. Alat ini berguna untuk menarik perhatian banyak pembeli agar membeli barang dagangan yang ditawarkan. Sedangkan arti yang kedua adalah barang-barang yang digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti alat mandi, alat makan, dan lain sebagainya.
Menurut sejarah, para pedagang kelontong sudah ada di nusantara sejak 19 abad yang lalu. Mereka juga menjual beragam kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat. Hanya saja di kala itu kebanyakan para penjual menjajakannya dengan cara keliling dari desa ke desa. Dan saat itu mayoritas pedagangnya adalah para pedagang dari Tiongkok.
Jenis-Jenisnya yang Umum Ada di Indonesia
Jika dilihat dari jumlah barang yang dijual, jenis toko ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu:
- Toko Kelontong Grosir
Jenis toko ini menjual barang-barang dalam jumlah yang lebih besar. Target utama dari toko ini ialah toko-toko yang lebih kecil hingga para pengecer. Jika kamu ingin membuka jenis toko ini, diperlukan modal yang cukup besar karena barang yang dijual berada dalam skala grosir.
- Toko Kelontong Eceran
Jenis toko ini menjual barang-barang kebutuhan dalam jumlah satuan. Untuk targetnya, toko jenis ini akan menyasar para masyarakat umum. Jika kamu ingin membuka jenis toko ini, kamu tak harus memiliki modal yang besar. Namun, diperlukan strategi khusus karena tingkat persaingannya yang sangat tinggi.
Tips Membangun Toko Kelontong yang Sukses bagi Pemula
Jika kamu ingin mendirikan toko kelontongan dan sejenisnya, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar usahamu bisa maju. Tips ini sangat berguna karena tingkat persaingan jenis usaha toko atau warung kelontong sangat tinggi.
- Ketahui Kebutuhan Masyarakat
Kamu bisa menjual beragam kebutuhan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat sekitar lingkunganmu. Hal ini akan sangat membantumu untuk melakukan pemetaan sehingga tokomu akan lebih mudah ditemui dan laris manis tanjung kimpul.
- Lakukan Survei Calon Supplier
Carilah toko-toko grosir yang mematok harga miring. Jika kamu sudah menemukannya, kamu bisa menjadikannya sebagai supplier untuk kebutuhan tokomu. Dengan melakukan survei, kamu bisa memilih beragam supplier agar keuntungan bisa lebih besar.
- Jangan Memberi Utang
Sebaiknya kamu jangan memberi kesempatan orang untuk berutang di tokomu demi menghindari kebangkrutan. Sebab, jika terlalu banyak yang berutang dan mereka tidak membayar dengan tepat waktu, maka kamu akan lebih banyak merugi.
- Sesuaikan Budget
Jika modal yang kamu miliki tidak terlalu besar, kamu bisa menjual kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan masyarakat. Sehingga perputaran uangmu akan lebih cepat.
- Perhatikan Tata Letak Barang
Dengan tata letak yang rapi, maka kamu akan lebih mudah menemukan barang yang diinginkan oleh konsumen.
Nah, Getters, itulah pembahasan lengkap tentang serba-serbi toko kelontong. Dari waktu ke waktu, toko ini terbukti banyak menyelamatkan perekonomian Indonesia dari keterpurukan. Jika kamu berencana untuk membuka toko kelontong atau telah memiliki toko kelontong, kini saatnya kamu membuat tokomu semakin laris dengan memanfaatkan platform digital.
Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam strateginya, yuk, ikuti kelas pelatihan “Membuat Strategi promosi di Media Sosial Untuk Menarik Konsumen Bagi Pemilik Toko” bersama GeTI Incubator sekarang juga!