Getters, pasti kamu sudah sangat familiar dengan beragam contoh iklan, kan? Iklan berseliweran enggak hanya di TV dan media cetak, tapi juga di internet. Yang mungkin menjadi hal yang biasa bagi kita, sejatinya iklan adalah cara sebuah brand untuk mempromosikan produknya agar lebih dikenal.
Nah, buat kamu yang ingin mengetahui tentang seluk-beluk iklan untuk beragam kebutuhan bisnis, berikut ini akan dibahas secara lengkap. Simak, ya, Getters, terutama buat kamu yang ingin atau sudah memiliki bisnis sendiri, iklan adalah hal yang penting!
Iklan Adalah…
Iklan merupakan salah satu jenis pesan yang ingin disampaikan kepada publik dengan tujuan utama untuk mempengaruhi keputusan publik, seperti membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu.
Sedangkan menurut KBBI, iklan merupakan sebuah berita yang dipesan untuk membujuk, memberikan informasi, dan mendorong orang-orang agar tertarik terhadap barang atau jasa yang ditawarkan.
Bukan Sekadar Promosi, Iklan Juga Bisa Mempengaruhi!
Berikut ini beberapa manfaat dari hadirnya sebuah iklan yang akan membuka wawasanmu tentang pentingnya iklan.
- Meningkatkan Awareness
Dengan iklan, masyarakat akan jauh lebih mengenali produk atau jasa yang dikeluarkan oleh sebuah brand.
- Sumber Informasi
Dengan iklan, brand akan sangat terbantu dalam menginformasikan beragam fitur dan kelebihan produk atau jasanya kepada konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan.
- Bahan Perbandingan
Konsumen dapat mengambil keputusan ketika sudah melakukan beragam perbandingan dari sejumlah produk atau jasa yang sejenis, dan memberikan penilaian tentang kelayakan produk.
- Sumber Hiburan
Iklan yang lucu dan unik akan jauh lebih diingat masyarakat sehingga akan membantu membuat brand menjadi top of mind.
- Menjamin Kualitas
Iklan akan sangat membantu konsumen untuk lebih mempercayai kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan.
Contoh Iklan Berdasarkan Tujuannya
Pada dasarnya, jenis iklan hanya dibedakan menjadi dua jenis, Getters:
- Iklan Komersial
Jenis ini memiliki tujuan utama untuk memperoleh beragam keuntungan bagi perusahaan, seperti meningkatkan penjualan. Jenis komersial terbagi menjadi dua yaitu, iklan konsumen dengan target utamanya adalah konsumen secara langsung, biasanya berisi iklan yang menarik. Lalu ada iklan bisnis, yang bertujuan untuk mencari mitra atau relasi.
- Iklan Non-Komersial
Pembuatan iklan jenis ini memiliki tujuan untuk menyampaikan beragam informasi hingga sosialisasi kepada masyarakat luas tanpa tujuan komersil apa pun. Umumnya, jenis iklan ini memiliki pesan emosional yang ingin disampaikan kepada masyarakat.
4 Tips Membuat Iklan Keren biar Brand Kamu Bisa Ngetren!
Walaupun beriklan merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan penjualan, tapi pada dasarnya bisnis ini memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat.
Nah, agar iklanmu dapat bersaing dengan iklan-iklan lainnya, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar iklan yang kamu buat lebih efektif dan bagus.
- Fokus terhadap Target Audience
Dengan fokus terhadap target audience, maka tujuan beriklan akan jauh lebih tepat sasaran sesuai prospek yang diinginkan.
- Tonjolkan Kelebihan Produk
Selalu soroti kelebihan dari produk atau jasa sehingga calon konsumen akan lebih memahami product/service knowledge sehingga kepercayaan pun akan terbangun.
- Buat Brand Menonjol
Dengan menonjolkan brand, citra dan awareness akan terbangun di benak pelanggan. Tentu saja ini menjadi keunggulan dari kompetitor.
- Strategi yang Tepat
Pastikan pilih media yang tepat sesuai dengan target utama yang ingin dituju agar tidak terlalu banyak budget yang dikeluarkan.
Contoh Iklan yang Sukses dan Berdampak Positif, Ide untuk Kamu, Getters!
Berikut ini beberapa contoh iklan yang bukan hanya meningkatkan penjualan, tapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat banyak.
- Pantene
Brand ini melakukan gebrakan dengan menggandeng Keanu AGL sebagai brand ambassador dan membuat contoh untuk mendobrak standar kecantikan yang selama ini ada di masyarakat. Hasilnya sangat luar biasa, Getters! Penjualan meningkat berkali-kali lipat dan awareness juga meningkat, terutama dari laki-laki.
- Ramayana
Iklan ini juga sangat viral, dan mampu meningkatkan penjualan dari departement store tersebut. Iklan dengan tema “Kerja Lembur Bagai Kuda” berhasil menjadi trending dan meme karena menghibur dan inspiratif. Kalau kamu ingin membuat iklan nyeleneh yang impactful untuk membuat audiens tertarik membeli produk, ini salah satu contohnya.
- Indo Eskrim
Brand ini berhasil meningkatkan penjualan produk terbarunya dengan membuat iklan bertema kerajaan yang sangat viral baik di dalam maupun di luar negeri. Contoh iklan produk makanan ini bisa kamu tiru, Getters!
Bagi kamu yang ingin mendalami tentang cara membuat konten untuk mengembangkan bisnismu, ikuti kelas “Mengelola Konten Kreatif & Komersial Optimalisasi Media Sosial Bagi Pedagang Melalui Internet” bersama GeTI Incubator!