Getters, tahukah kamu, dalam sebuah perusahaan, peran manajemen sumber daya manusia (SDM) itu sangat penting. Sebab, tugas manajemen SDM tak sekadar mengelola karyawan saja, namun lebih dari itu. Apa saja, sih, tugas manajemen SDM di sebuah perusahaan? Seberapa pengaruh peran mereka bagi keberlangsungan perusahaan? Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang seluk-beluk manajemen SDM, yuk, simak pembahasan secara lengkapnya di bawah ini.
Manajemen Sumber Daya Manusia Adalah…
Manajemen sumber daya manusia adalah sebuah usaha dan upaya yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Tujuan utama dari usaha ini ialah mencapai target dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Seperti membantu meningkatkan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi, sekaligus untuk meningkatkan kinerja karyawan agar mencapai tujuan perusahaan yang ditargetkan.
Selain itu, manajemen SDM juga berfungsi untuk mengembangkan skill yang dimiliki oleh tiap-tiap karyawan. Sehingga perusahaan semakin maju dari waktu ke waktu dengan aset yang dimilikinya.
Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia bagi Perusahaan
Manajemen SDM juga bisa dijadikan acuan untuk memajukan sebuah perusahaan. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut.
- Perencanaan
Fungsi ini bermanfaat untuk menelaah, mengkaji, hingga mengamati beragam kebutuhan SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga analisis jabatan, pemilihan calon karyawan, hingga pembagian kerja dapat berjalan baik.
- Rekrutmen Hingga Pemberhentian
Dengan perencanaan yang baik, proses rekrutmen hingga pemberhentian kerja sama dapat berjalan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.
- Pengupahan
Beragam fungsi pengupahan dapat dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.
- Penilaian Kinerja
Fungsi ini juga bermanfaat untuk membuat penilaian atas kinerja yang dilakukan para karyawan. Selain itu juga berguna untuk membantu karyawan dalam mengembangkan karier menjadi lebih baik.
- Keselamatan Kerja
Manajemen SDM juga berfokus pada keselamatan kerja karyawan dan perencanaan iklim kerja yang profesional.
Beragam Tujuannya yang Wajib Diketahui Banyak Orang
Tujuan dibuatnya manajemen SDM dalam sebuah perusahaan adalah sebagai berikut ini.
- Tujuan Sosial
Dengan adanya manajemen SDM, maka tanggung jawab sosial terhadap para karyawan dapat lebih terealisasikan. Salah satunya adalah pemberian kompensasi sehingga beragam efek negatif dapat dikurangi yang bisa mengancam tujuan organisasi.
- Tujuan Organisasi
Adanya manajemen SDM yang disusun secara profesional dapat terbentuk dengan maksimal. Sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan organisasi yang ingin mereka dapatkan.
- Tujuan Fungsional
Dalam tujuan ini, perusahaan akan mempertahankan beragam kontribusi elemen sumber daya pada tiap-tiap bidang atau divisi. Sehingga karyawan dapat memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan.
- Tujuan Individual
Fungsi dalam tujuan individual adalah memberikan arahan dengan tujuan organisasi secara keseluruhan dalam memudahkan pencapaian dari sebuah organisasi. Sehingga motivasi karyawan dapat meningkat dan optimal.
Beragam Manfaat Penerapan Manajemen SDM Secara Profesional
Jika dilakukan dengan cermat dan profesional, penerapan manajemen SDM dapat memberikan beragam manfaat bagi kedua belah pihak yang meliputi:
- Optimalisasi SDM yang dimiliki oleh perusahaan.
- Peningkatan produktivitas yang disertai dengan kepuasan kerja karyawan.
- Memetakan beragam kebutuhan karyawan.
- Memuat data lengkap terkait informasi ketenagakerjaan.
- Digunakan untuk sumber penelitian di masa depan.
- Memetakan beragam keuntungan untuk karyawan dan perusahaan agar dapat berjalan optimal.
Contoh Sumber Daya Manusia dalam Sebuah Organisasi Perusahaan
Dalam dunia ketenagakerjaan, terdapat beberapa jenis spesialisasi SDM sebagaimana yang dipaparkan di bawah ini.
- Spesialis Ketenagakerjaan
Spesialisasi ini biasa disebut dengan spesialis penempatan kerja atau manajemen personalia. Spesialisasi ini memiliki pengetahuan dalam proses perekruttan karyawan, gaji karyawan, hingga beragam tunjangan dan aturan dalam sebuah perusahaan.
- Koordinator SDM
Spesialisasi ini bertugas untuk mengurus serta untuk memastikan beragam fungsi dan program SDM dapat berjalan baik. Spesialisasi ini membantu meningkatkan kebijakan SDM untuk tingkatkan kepuasan tenaga kerja hingga lingkungan kerja yang baik.
- Spesialis SDM
Peran mereka adalah merekrut dan penempatan para karyawan sesuai dengan prosedur yang relevan.
- Generalis SDM
Spesialisasi ini bertugas melakukan beragam tugas administrasi agar departemen SDM dapat berjalan dengan lancar.
- Manajer SDM
Seorang manajer bertugas mengawasi seluruh departemen SDM serta memastikan seluruh anggotanya dapat bekerja dengan optimal.
Oke, Getters, itulah pembahasan lengkap tentang manajemen SDM yang sangat krusial keberadaannya bagi sebuah perusahaan. Diperlukan perencanaan serta evaluasi yang mendalam agar sistem SDM dapat berjalan dengan optimal dan terencana.
Jika kamu saat ini berkarier di ranah sumber daya manusia dan ingin mendapatkan pengetahuan lebih mendalam tentang sistem SDM, yuk, ikuti kelas pelatihan “Belajar Komunikasi Organisasi Bagi Manajer Sumber Daya Manusia” di GeTI Incubator sekarang juga.