Bagi seorang pengusaha, strategi promosi merupakan sebuah strategi penting dalam menjalankan bisnis. Strategi ini dapat membantu sebuah usaha memperoleh beragam keuntungan sesuai dengan target dan tujuan yang ingin diperoleh.
Nah, jika kamu saat ini baru memulai sebuah usaha dan masih bingung dengan strategi promosi yang tepat untuk bisnismu, berikut ini akan di bahas secara lengkap dalam artikel di bawah. Simak, ya, Getters!
Strategi Promosi Adalah…
Strategi promosi merupakan sebuah metode dan strategi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan bisnisnya dengan cara mengiklankan, memberikan informasi, melakukan promosi penjualan, memberikan diskon, hingga menjual barang.
Tujuan Strategi Promosi Adalah…
Para pengusaha banyak yang melakukan strategi ini untuk beberapa tujuan dalam bisnisnya, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.
- Menarik Perhatian Konsumen
Promosi produk menjadi strategi untuk menarik calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang kamu jual. Mereka akan sangat tertarik akan beragam kelebihan yang ditawarkan.
- Sebagai Media Branding
Strategi promosi yang bisa dilakukan adalah dengan branding untuk membentuk citra yang baik di benak calon konsumen. Tujuannya, calon konsumen beralih membeli produk atau jasa yang kamu promosikan.
- Mampu Memenangkan Persaingan
Cara ini juga dapat membantu sebuah brand memenangkan persaingan dengan para kompetitornya dengan cara menggali beragam kekurangan dari promosi kompetitor.
- Menyebarkan Informasi
Aktivitas ini dapat membantu calon konsumen untuk memperoleh beragam keuntungan dan informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan.
- Meningkatkan Keuntungan
Dengan promosi yang tepat sesuai dengan target pasar, maka keuntungan bisnis akan semakin meningkat.
Komponen dalam Strategi Komunikasi
Agar strategi ini semakin mantap dan terencana sesuai dengan target perusahaan, ada beberapa komponen yang wajib diketahui dan dipelajari lebih dalam, terutama untuk memasarkan produk.
- Tujuan Apa yang Ingin Diperoleh?
Seorang pengusaha wajib mengetahui tujuan komunikasi dari aktivitas ini, seperti jenis konsumen yang ingin dijangkau, cara penyampaian, hingga jenis media yang akan digunakan.
- Siapakah Target Konsumennya?
Jenis target konsumen yang ingin dijangkau akan mempengaruhi cara berkomunikasi. Jadi, ketahuilah dengan benar jenis target audiens agar konsumen bisa melakukan tindakan atas usaha yang kamu lakukan.
- Pesan Apa yang Ingin Disampaikan?
Pastikan buat perencanaan secara spesifik tentang jenis pesan yang ingin disampaikan, apakah hanya melalui tulisan, video, aktivitas secara langsung, atau kolaborasi dengan tokoh ternama.
- Siapa Komunikanya?
Selalu buat rincian tentang orang-orang yang akan menyampaikan pesan utama dalam strategi ini sehingga informasi yang akan disampaikan akan sesuai dengan target yang diinginkan.
- Efek Apa yang Ingin Diperoleh?
Pastikan kamu mampu membuat strategi dan pesan yang ingin disampaikan, apakah untuk awareness, meningkatkan penjualan, atau sekedar maintenance agar tetap menjadi top of mind di benak konsumen.
Strategi Promosi yang Bisa Digunakan Pebisnis
Berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dan memajukan bisnis yang sedang kamu jalani.
- Ketahui Target Pasar
Sebagai pengusaha, kamu wajib mengetahui seberapa besar minat konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan agar dapat melakukan strategi selanjutnya untuk bersaing dengan kompetitor.
- Memetakan Konsep Pemasaran
Kamu wajib membuat peta konsep pemasaran yang berisi rencana terstruktur dari aktivitas ini sehingga kamu dapat membuat rencana kedua jika rencana pertama mengalami kegagalan.
- Manfaatkan Media Sosial
Media sosial dapat membuat sebuah bisnis lebih dikenal secara lebih luas. Aktif berpromosi di media sosial dengan segala kreativitas akan membuat banyak calon konsumen tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
- Bergabung dengan Komunitas Bisnis
Bergabung dengan komunitas ini akan membantu mengembangkan bisnis lebih maju karena relasi dan ilmu yang diperoleh akan semakin luas.
- Manfaatkan Marketplace
Zaman semakin canggih dan marketplace dapat membantu menjangkau seluruh konsumen dari berbagai kota dan negara.
Jenis-Jenisnya yang Wajib Dicoba dalam Berbisnis
Ada banyak jenis strategi promosi yang tepat yang bisa kamu coba untuk memenangkan persaingan pasar, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.
- Cara Tradisional
Salah satu strategi promosi ini dapat membantu meningkatkan penjualan karena menjangkau audiens yang lebih besar. Adapun contohnya adalah TV, radio, baliho, dan iklan cetak.
- Digital Marketing
Promosi melalui kekuatan digital bertujuan untuk menjadi nomor satu dengan cara memperoleh feedback langsung sekaligus mempertahankan hubungan dengan konsumen setia. Kamu bisa berpromosi di semua platform digital yang sedang digandrungi saat ini, seperti media sosial.
- Public Relation
Promosi ini dilakukan guna menciptakan hubungan yang positif antar pelanggan dan perusahaan dengan cara menumbuhkan citra yang positif, memberikan beragam informasi yang berguna, hingga menangani beragam keluhan konsumen.
Nah, Getters, itulah pembahasan lengkap tentang strategi promosi yang sangat berguna bagi keberlangsungan dan kemajuan sebuah bisnis. Apakah kamu sudah melakukan salah satu langkahnya seperti yang dipaparkan di atas?
Bagi kamu yang saat ini memiliki toko online dan ingin meningkatkan strategi penjualan menjadi lebih laris dan maju, yuk, ikuti kelas pelatihan “Meningkatkan Kinerja Toko Online dan Layanan Pelanggan di Marketplace Bagi Spesialis Pemasaran” bersama GeTI Incubator!